TMCBLOG.com – Info unofficial CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola menginginkan Maverick Vinales yang telah berstatus bebas untuk bisa langsung mencoba Aprilia RS-GP secepatnya. Dan seperti yang sobat bisa lihat informasi pada artikel sebelumnya pada tanggal 31 Agustus dan 1 September, sirkuit Marco Simoncelli Misano akan menjadi ajang dua hari private test, di mana selain tetap menghadirkan Dovizioso sebagai test rider, dirumorkan Aprilia juga akan menurunkan Maverick Vinales di atas RS-GP untuk pertama kalinya.

Kesempatan tersebut akan dijadikan oleh Aprilia untuk memberikan kesempatan adaptasi buat Mack yang selama ini hanya memiliki experience menunggangi motor bermesin inline 4 di atas RS-GP yang bermesin V4 dengan sudut 90º sekaligus penilaian pertama untuk menentukan apakah ia siap untuk partisipasi wildcard di seri seri selanjutnya.

Seperti yang sobat bisa baca di artikel TMCblog terdahulu mengenai potensi opsi yang bisa diambil Aprilia untuk menampilkan Maverick Vinales di sisa musim 2021 ini, Mack bisa tampil sebagai pembalap pengganti, pembalap wildcard ataupun sebagai pembalap permanen yang langsung fix menggantikan salah satu pembalap reguler Aprilia selama ini.

Namun sepertinya opsi terakhir tidak akan dipakai oleh Aprilia. Lorenzo Savadori akan tetap terdaftar sebagai pembalap reguler Aprilia bersama Aleix Espargaro sampai akhir musim 2021 ini. So opsi Maverick tinggal dua, pembalap pengganti jika ada pembalap reguler berhalangan ataupun kesempatan Wildcard.

Sebagai pembalap pengganti, Maverick secara logika bisa kapan saja turun balapan dalam beberapa seri mendatang jika dibutuhkan Aprilia. Ekstrimnya misal, di Silverstone salah satu dari dua pembalap reguler Aprilia harus absen dikarenakan sesuatu hal seperti cedera, maka Maverick bisa langsung naik sebagai pembalap pengganti terlepas dari dia sempat atau tidak sempat mencoba Aprilia RS-GP sebelumnya.

Lalu bagaimana opsi wildcard? Oke sebelum kita bicara lebih lanjut, mari kita simak dua potong regulasi wildcard dari regulasi FIM MotoGP berikut :

Dari regulasi di atas secara umum Aprilia sebagai pabrikan full konsesi, maka mereka bisa melakukan wildcard sebanyak 6 kali dan bisa dilakukan secara berturut-turut.

Nah ini dia, dari regulasi kedua yang bisa TMCblog kunyah-kunyah adalah pendaftaran wildcard paling tidak (at least) harus diajukan 90 hari sebelum event wildcard tersebut. Arti dari At least itu minimum.

Maverick mengkonfirmasi tidak akan melanjutkan kontrak dengan Yamaha itu Tanggal 28 Juni 2021, secara umum Aprilia sendiri mengumumkan secara resmi kehadiran Maverick Vinales menjadi pembalap mereka adalah di tanggal 16 Agustus 2021. Namun begitu ketika Aprilia mengumumkan konfirmasi Maverick ke Aprilia, secara logika saat pengumuman itu mereka belum memperoleh lampu hijau bahwa Maverick bebas memakai motor non-Yamaha sampai akhir musim.

[Breaking] Vinales Tinggalkan Yamaha Tengah Musim MotoGP 2021

Tercatat baru Tanggal 20 Agustus 2021 Yamaha mengumumkan bubarnya kontrak Maverick – Yamaha dengan segala sebab akibatnya yang mengkutinya. Dan Maverick terhitung mulai saat itu bebas menggunakan motor selain Yamaha.

Jika Kita mengacu pada tanggal tersebut ( 20 Agustus 2021) Maka 90 hari berikutnya adalah 18 November 2021 . .

Pada daftar kalender MotoGP terupdate yang hadir pasca pengumuman batalnya GP Malaysia 2021, tanggal 14 November adalah gelaran MotoGP Valencia 2021. Sementara tengat waktu 90 hari seperti kita hitung di atas adalah tanggal 18 November. So, selain seri tambahan (seri tbc) yang baru akan dikonfirmasi kemudian oleh Dorna, jika mengacu regulasi, logikanya Maverick tidak bisa hadir di satupun seri dari Silverstone sampai Valencia nanti dengan kapasitas sebagai wildcard.

Opsi lain ? Maverick Bisa wild card dengan Menggunakan jatah Yang mungkin sebelumnya sudah didaftarkan Oleh Aprilia untuk Andrea Dovizioso, atau mungkin malah ‘ Slot kosong ‘ . . Nah kalo ini bisa nih  . . 🙂

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

46 COMMENTS

  1. jadi besar kemungkinannya ga bisa ikut wildcard ya, kesempatan nya hanya ada di pembalap pengganti kalo salah satu rider Aprilia musim ini ga bisa ikut balapan,

    Guest
    • Dprediksi mv12 brebet bro wkwk.. kl gk mewek nyalahin motor minta ganti crew chif lagee hehe.. kata ramon forcada n rider koplak ,.jl99 setingan nya bisa pecah telor jurdun ni mewekan mulu dh dgaji gede..😭😅🤣

      Guest
  2. Mumpung konsesi 6 wild card nya belum terpakai ambil aja tuh, sekalian adaptasi sama RS GP biar ga kaget musim 2022 nanti😁

    Guest
    • Dibaca sampai selesai om artikel nya.

      tanggal 14 November adalah Gelaran MotoGP Valencia 2021 . . . sementara tengat waktu 90 hari seperti kita hitung di atas adalah tanggal 18 November. So Selain Seri tambahan (seri tbc) yang baru akan dikonfirmasi kemudian Oleh dorna, Jika mengacu regulasi, Logikanya Maverick Tidak Bisa hadir di Satupun seri dari Silverstone sampai Valencia nanti dengan kapasitas sebagai Wild card

      Guest
        • Daftar wildcard tidak mencantumkan nama ridernya ya? Misal aprilia di awal musim udah daftarin mau wild card di mana aja brti mv12 bisa ikutan kan?

          Guest
        • Margarin, yes itu bisa dipakai Klausulnya, kalau memang hal tersebut diperbolehkan dan ada

          Administrator
  3. Wak apa pengaruhnya kok kayanya kemiringan sokbreker depan Aprilia lebih ekstrim rebah dibanding motor MotoGP lainnya ya?
    Atau hanya kenampakannya saja karena pengaruh bentuk fairing?

    Guest
    • sudut rake berpengaruh . .
      Semakin kecil sudut rake, semakin sedikit usaha yang diperlukan untuk memutar kemudi. . . . motor akan kurang stabil di lintasan lurus. Sebaliknya, sudut rake yang lebih besar membutuhkan lebih banyak upaya untuk berbelok tetapi cenderung membuat sepeda motor lebih stabil pada kecepatan tinggi dan membantu mempertahankan lintasan lurus.

      Administrator
  4. Salah satu kompornya Vina ya bokapnya sendiri itu. Bukannya meredam tensi malah ikut ngipasin.
    Beda bener sama bokapnya markuwes bersaudara / mbah kung. Mereka mendukung tapi nggak ikut campur.

    Guest
  5. “Wild card entries” di rule ini apakah per rider atau per entry? Kalo per rider jelas gak bisa, tapi kalo per entry dalam arti cuma daftar slot aja, ada kemungkinan bisa diakalin. Di rule yg sepotong di atas cuma bilang “wild card entries” aja, dengan catatan wild card rider harus pake lisensi FIM.

    Guest
  6. Yaudah nanti turun aja jadi pembalap pengganti, entah Savadori atau Aleix bikin alasan apa kek libur balap, biar Vinales bisa turun balapan buat nyicip2 di level race day.
    Lumayan bisa nyolong start development buat musim depan yang kemungkinan masih konsensi juga, lebih cepat lebih baik.

    Guest
    • Jika Aprilia melakukan itu, yg buruk nama aprilia jg karena dinilai tidak profesional dengan kontrak rider mereka.. Kecuali salah satu ridernya meninggal atau cedera berat yo bisa lah mv25 geber rs-gp

      Guest
  7. ternyata ada regulasi wildcard min 90 hari ..
    kalau jd pembalap full langsung kurang menghargai slot Lorenzo Sal jadinya statusnya gimana ???

    nah bener wak ji
    kepikiran opsi yg ditempati slot Dovi ternyata udah dijelaskan di akhir kalimat…hehe
    dan Dovi ke SRT silogisme nya ..silahkan dikunyah kunyah

    Guest
  8. Kalau sampai lolos wild card, wa haji langsung
    kirim link artikel ini ke Dorna 🤣

    Hati hati fabio, diseruduk 😭

    BTW, kalau franco morbidelli bisa ga ya gantiin Vinales di pabrikan sampai akhir musim.

    Guest
  9. Seperti halnya dani pedrosa, saya rasa slot entry aja yg didaftarkan. Pembalap bisa siapa saja asal punya fim license, dan kayak yg di utarakan rivola, vinales besar kemungkinan bisa masuk wildcard di salah satu seri antara silverstone-valencia

    Guest
  10. Di dunia balap yg penuh kepentingan apa sih yg gak mungkin ??

    Aero winglet di lengan ayun dilarang, tapi kalau berbunyi sebagai pendingin ban diperbolehkan.

    Pergantian part dengan membokar segel dilarang dan berbunyi wajib diskualifikasi malah poin konstruktor aja yg berkurang.. eh ujung2nya gagal jurdun juga.

    apalagi cuma mendaftarkan pembalap pengganti.. nanti ada pengecualian karna Vinales merupakan pembalap aktif sampai dua minggu lalu dan kompetitif di motogp jadi gak perlu pendaftaran ulang selama 3bulan.

    #SelaluAdaKECUALI

    Guest
  11. Opsi paling rasional Rivola kasih RS-GP ke Vinales buat private test sambil dia kembangin motornya buat musim depan biar sesuai dengan riding stylenya. Kan status konsesi ini, jadi Vinales bisa Private test sepuasnya. Hehe✌✌

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.