TMCBLOG.com – Line-up pembalap WSSP 2021 yang diikuti juga oleh pembalap Indonesia Galang Hendra Pratama terdiri dari 20 pembalap dimana 80% diantaranya atau 16 orang menggunakan Yamaha R6, tiga menggunakan Kawasaki ZX-6R dan satu pembalap menggunakan MV Agusta F3 675. Tidak heran jika melihat balapan WSSP sudah seperti Balapan One Make race Karena memang Yamaha R6 mendominasi line-u. Namun begitu rencananya di 2022 nanti WSSP akan ketambahan pabrikan yang akan ikut serta sob.

Rencananya sih, Ducati dan Triumph merencanakan kembalinya mereka ke Kejuaraan Dunia Supersport untuk tahun 2022. Triumph rencananya akan menggunakan Triumph Street Triple 765 RS, jika dibolehkan oleh regulasi homologasi maka varian ini akan memperoleh custom berupa pengaplikasian fairing dan stang under yoke seperti yang mereka lakukan di BSB dengan menggunakan joki Kyle Smith dan Brandon Paasch.

Dynavolt Team Triumph BSB – Kyle Smith & Brandon Paasch

Sementara Ducati berniat memasuki World Supersport dengan Panigale V2 955 dua silinder. Triumph, Ducati dan MV Agusta telah menerima rancangan peraturan baru untuk kejuaraan ini dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, mesin dengan kapasitas lebih dari 600 cc diperbolehkan untuk platform empat silinder, lebih dari 675 cc untuk mesin tiga silinder dan lebih dari 750 cc akan diizinkan untuk dua silinder, namun dengan regulasi penyeimbang tentunya.

Kepada Speedweek, Marco Zambenedetti dari Ducati Corse mengatakan “Bagi kami, ini tentang bagaimana FIM dan Dorna menangani perbedaan antara motor. Jika kami pikir kami memiliki peluang untuk memperebutkan gelar, maka kami akan berada di sana. Motor kami punya banyak potensi, motor nya memproduksi 155 hp.

Tapi kita juga harus ingat bahwa bobot dan dimensi motor berperan dalam performa. Jika kondisinya pas, kita akan siapkan kit untuk ditawarkan ke tim terkait. . Kami akan bertujuan untuk memiliki lebih banyak motor di grid: untuk mengejar Kawasaki dan Yamaha, kami membutuhkan pembalap sebanyak mungkin.” | tmcblog

45 COMMENTS

  1. Tetap saja lebih superior yg CC gede..
    Lihat WSS300 bagaimana Green400cc mendominasi hampir semua Sirkuit.
    Very Unfair.

    Guest
    • Belum tentu tergantung peruntukan mesinnya sekali lagi,cbr500r 470cc an tetap keok disana karena mesinnya emang buat Salome berbagai platform kayak Rebel dan cb500x bukan murni untuk sport fairing tulen

      Sedangkan r3,ninja400,rc390 palingan yg kembaran mesinnya cuma versi nakednya doang

      Guest
        • Ahmad Jayadi bukan, Hendriansyah bukan, om Tobun bukan, ato H Dyan D Sentul ato jangan2 nih om Akang om Tony Huang, ato Mbah Sattar, wkwkwk…. kabur….. demen gw om sm analisa lu.

          Guest
  2. Kok bukan Ducati supersport 950,kan sesuai nama kejuaraannya,dan menurut ane malah lebih ganteng daripada desain Panigale saat ini

    Guest
  3. Triumph gelaseh,motor streetfighter dipaksa jadi full fairing

    Kenapa gak daytona yg diproduksi terbatas khusus track only kemarin aja dijadiin street legal

    Guest
    • lah kali aja modif ala MOTO2 dia pasang pada Speed Triple nya..
      hahahaaa.. kan seru tuh, Motor Konven, lawan Katup Desmo vs Kloning Moto2..

      kayaknya bakal seru juga sih.. hahahaaa…

      Guest
  4. Kok jadi kelas lawak ini. Kelas 600cc tibatiba lawannya iyasi 2 silinder tapi sampe offside lawannya 900cc lebih. Gamasuk di akal -__-

    Guest
  5. Triumph kok balapannya pakai street triple ya? Kenapa ngga pakai seri Daytona yg udah pakai fairing dari pabrik?

    Guest
    • Seri 765 nya maksud si Om ? mungkin SDM nya masi full ngeladenin di moto2 kali yak. Makanya masi belom sempat ngeriset ulang buat bikin versi masspro nya.

      Guest
  6. Dorna udah pusing supersport makin sepi pabrikan akhirnya jadi balapan gado2 semua motor boleh ikut. Dulu 2 silinder maksimal 750cc, 3 silinder 675cc. Skrg 3 silinder aje malah 765cc, aslinya bukan motor supersport pula, dan motor 1000cc 2 silinder boleh ikut. Mau dikasih ballast segimanapun, jambakan yg 765cc dan 1000cc pasti lebih setan ketimbang 4 silinder 600cc. Sebenernya kalo ga mau supersport jadi OMR Yamaha, jauh lebih fair jadiin supersport balapan 2 silinder 700cc. Malah lebih seru tuh.

    Guest
      • Utk saat ini emg baru 2 itu ditambah Kawasaki dan Paton. Tapi gw rasa pasar 2 silinder kapasitas menengah bakalan gurih, ga lama lagi Suzuki pasti rilis pengganti SV650, H entah mau ikutan ato engga.

        Guest
    • @YZ125 ; Mosok seeh? Emang megang data penjualannya?
      BTW, Kawasaki ZX-6R kenceng juga loh. Bedanya cuma Yamaha aja yang ngotot nerusin jualan R6, walau pada akhirnya taun ini terakhir produksi dan bakalan cuma dijual untuk kebutuhan balap karena Yamaha males racik R6 supaya lolos standar emisi Euro5.
      Kondisi yang sama berlaku juga untuk supersport CBR600RR dari pabrikan yang lu benci itu. Awkwkwkwk

      Editor
      • Ini zx6r yang join wss ini yang mana sih Mas Nug ? dulu keknya ada zx636 ada zx6r di pasar, dan skrg keknya cuma tinggal 1.

        Guest
      • Yg 2012. Mulai 2013 ZX636 di rebranding jadi ZX6R krn yg 600cc discontinue utk pasar umum tapi masih dijual utk pasar balap. Jadi status R6 skrg persis ZX6R yg terakhir dijual 2012, masih dibikin, masih dijual, tapi ha untuk jalan raya. Gw rasa Yamaha sengaja bikin R7 buat ngisi kekosongan pasar R6 tapi ga buat gantiin R6 di sirkuit.

        Tapi utk bsb dan motoamerica, ZX6R baru (636cc) boleh ikutan, dgn ballast tentunya.

        Guest
      • Hooo btw r6 yg discontinue ini kan udah versi terbaru yang elektroniknya udah banyak ya walau basis mesinnya sama

        itu si zx6r ori discontinue (yg cuma dipake balap) ngeliat tahunnya 2012 klo ga salah di kelas itu masi pada raw deh elektroniknya cmiiw. Kalo iya si pantes masi hobi dikentutin ama r6

        Guest
    • nyindir CBR1k mungkin masih kena cuman 2x jurdun sejak keikutsertaan mereka di WSBK & EWC, tapi bawa GSXR1K buat turun di WSS buat lawan R6? motor yg sampean bilang suram udah bawa gelar jurdun lebih banyak dari total keikutsertaan yams pada ajang WSBK & EWC & MotoGP era 4tak klo digabung. HAHAHAHAHAHA

      Guest
  7. Ini semua gara2 R6 yg mendominasi kelas ini sejak bbrp tahun trakhir, jdnya emang hrs ada yg memutus dominasinya, salahsatunya buat ngalahin R6 ya dg cara ini, kalo gak mampu dilawan dg cc yg sama ya dibesarin dikit cc-nya??

    Guest
  8. Menarik ini kedepannya, apakah mungkin nanti kelas supersport gk akan lagi didominasi kelas mesin quartet, dann lebih ke twin atau triple? Mungkin juga kehadiran yamaha R9 nantinya buat melawan dominasi motor motor baru di kelas ini? Cukup sangat menarik

    Guest
  9. CBR 500r sport touring untuk pemula di Eropa yang dibatasi 47hp.Bicara bobot juga paling berat 192 kg.Makanya ngos2an lawan 320cc dan 400cc yang Power Weight Ratio-nya jauh lebih baik.

    Guest
  10. itu triumph suruh bikin all new daytona dulu lah, masa pake naked terus di convert ke supersport. Dari genre aja dah beda ibarat mau balap dakar tapi make motard ato trail ya aneh.

    Ubahannya jg pasti lebih banyak dan jauh dari versi masspronya.

    Guest
  11. Segmen ss600 dipasar semakin lesu pdhal biaya risetny gak jauh beda dgn superbike mkanya semua pabrikan angkat koper dari klas ini dan bikin ss versi pahe sprti er6 series cbr650 series dan skrg r7 yg mna mesinny udah lebih dulu sukses d naked bike lebih murah dari segi harga lebih murah d riset krna bisa untuk beragam segmen dan dimarket pun lebih menjual

    Guest
    • ya namanya biaya riset mesin samasama silinder 4 biji

      tapi harga material kalau mesin 600 sama mesin 1000 tetep lebih murah 600 kan ?

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.