TMCBLOG.com – Tak ada Yang lewat dari Pengamatan Jonathan Rea.  Ketika di Parc Ferme Rea memanggil secara khusus dan membisikan sesuatu ke Guim Roda. Dan ternyata Efek dari bisikan tersebut menghasilkan keputusan FIM bahwa Pembalap Yamaha Asal turki, Toprak Razgatlioglu diturunkan satu posisi dalam hasil WorldSBK Tissot Superpole Race setelah melampaui batas lintasan pada lap terakhir. Dan ternyata setipis Gambar ini lah yang terekam Oleh Kamera onboard ZX-10RR Rea ketika diasapi berlap lap Oleh Toprak. Terlihat ban Pirelli Toprak Menyentuh tipis Cat Hijau di T10  :

Dan keputusan FIM ini secara umum mengubah Championship sementara . . Jika awalnya ketika Toprak ditentukan Sebagai Juara SP Race ia memimpin Championship dengan 13 Point di atas Jonathan Rea, Maka Dengan diturunkannya ia di posisi duadi SP Race maka Pasca race Magny Cours Toprak Hanya memimpin 7 point dari Jonathan Rea bersisa 5 Seri Musim 2021 ini atau 15 Balapan dari Catalunya sampai mandalika Nanti.

Kepada WSBK.com, Paul Denning – Manajer Tim di Pata Yamaha with Brixx WorldSBK, memberikan pemikirannya tentang hasilnya, dengan mengatakan: “Tentu saja mengecewakan. Akhir pekan ini kita melihat pertarungan luar biasa antara dua protagonis Championship. Untuk tim kami, pertama kali kami memenangkan ketiga balapan. Bagi Toprak, pertama kali dia memenangkan ketiga balapan.

Sebuah tontonan olahraga yang luar biasa dan rasa respek yang luar biasa antara dua pebalap fantastis ini. Dan kemudian, setelah akhir Race 2 di mana kami berada di pole position karena hasil dari Superpole Race, steward mengambil keputusan setelah hadir protes bahwa ada pelanggaran kecil di lap terakhir dari Toprak menyentuh green di keluar dari [Tikungan] 9 dan 10.

“Ini karena protes dari Kawasaki. Ini mengecewakan karena jujur, sungguh, itu bukan sesuatu yang akan kami lakukan. Ketika seorang pengendara telah mendapatkan keuntungan nol dan Anda sedang berbicara tentang 5mm dari ban belakang hanya menyentuh hijau, sesuatu yang telah dilihat oleh arah balapan, diperiksa dari rekaman langsung, memutuskan sama sekali tidak ada masalah karena tidak ada keuntungan apapun dan tidak jelas dia berada di lapangan ( area hijau). Namun setelah mereka menerima protes, mereka harus menggunakan semua alat yang mereka miliki, termasuk rekaman onboard dari sepeda Jonathan. Mereka dapat melihat bahwa ada sejumlah kecil di [area] hijau. Jika ini adalah cara Kawasaki ingin bermain, maka mungkin atmosfer olahraga akan sedikit berubah.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

118 COMMENTS

    • di sbk panas poin… sekarang di motogp barusan baca di otomotif, katanya ada isu ban michelin dan quart yg sama2 dari prancis— ban goib terulang lagi….

      Guest
      • Ijo2 sll bikin kontroversi, klo memang gk boleh d sentuh 1mm pun ya mendig ganti aja dg rumput beneran, biar pembalap ekstra hati2, berani sentuh ijo siap2 aja nyari akik.

        Guest
      • Ketentuannya bukannya seluruh permukaan ban ya. Sebagian saja sudah dianggap melanggar. Soalnya seingat saya seluruh permukaan ban. Atau saya salah

        Guest
    • ini semua gara2 Y yg kelewat superior di ajang motogp dan wsbk tahun ini, apa hrus diturunkan rpm mesinnya spt di motogp th kemaren (gara2 salah pasang klep), biar kejuaraan jadi lebih berawarna, gak Y mulu yg menang..??

      Guest
  1. Melihat foto Rea kok jadi ingat scene Rush saat Lauda nyuruh kru-nya buat ngelapor ke director buat nyelidiki mobil hunt,dan akhirnya hasil race hunt didiskualifikasi

    Guest
  2. Kawasaki merasa dicurangi sadari seri pertama krn dianggap ga bikin motor baru, ya wajar mereka terkesan memanfaatkan perintilan2 kecil. Krn baik skill maupun motor udah mentok segitu sementara Yamaha masih punya area yg bisa dimanfaatkan.

    Guest
    • “Krn baik skill maupun motor udah mentok segitu sementara Yamaha masih punya area yg bisa dimanfaatkan.
      karepmu
      maksudnya @akang area yang hijau hijau itu kali ya

      Guest
    • Wkwkwkwk ya itu bisa dibilang masuk sih. Tapi sebenernya maksud gw di area teknis, dgn rpm lebih tinggi dari Kawasaki padahal torsi nampol, ada keuntungan sedikit di rpm atas buat ngejar topspeed. Krn kalo kondisi rpm dibikin sama, maka performa mesin R1 cuma unggul di akselerasi dan topspeed loyo.

      Guest
    • aturan gak boleh nyentuh green area pas last lap kan dari FIM, terus yg protes pihak Kaoskaki, tapi yg d salahin fans Hunda, logika orang sini kok gitu amat yah…hmmm

      Guest
  3. Hanya setengah ban dlm 0.sekian detik. wsbk dah kalah pamor dgn motogp malah sok gaya. Tayangin dlu ditv nasional tuh. Btw race direction emang ada dan kerja ya..kok malah tidak beberapa saat setelah race diumumkan. lucu

    Guest
    • Tul race direction lucu, sudah perayaan podium baru diubah. Mestinya itu diperketat next race. Kalau begini cek kamera semua motor kali ada yg balap sebelumnya lewat garis ijo.

      Guest
    • Wajar, mas bro, operator atau kameramennya aja gak profesional banget, kok. Pas lagi ada battle di area belakang malah gak disorot, bahkan ada battle di samping dan dekat dengan sorotan aja gak disorot, tuh, udah gitu gak ada replay pas overtakenya lagi, bener2 ngeselin. Dah beberapa tahun terakhir gitu mulu, padahal racenya seru, kan jadi jengkel, yang disorot malah depan mulu, dan yang gak battle malah disorot terus. Tahun ini paling parah, sih, gak WSS gak WSBK, banyak battle2 yang ciamik yang gak disorot, bahkan, ya, pas WSS Redflag aja di Race 2, bukannya nyorot pembalap yang crash, malah nyorot kerumunan lain, parah bener. Masih mending MotoGP Austria tetep diperlihatkan kecelakaannya lewat replay, ini WSBK gak sama sekali.

      Guest
      • FYI sejak dipegang Dorna emg kualitas siaran wsbk menurun banget. Dulu jaman masih battle Spies vs Haga ato Bayliss vs corser gile motogp ga ada apa2nya. Skrg sejak dipegang Dorna wsbk seolah digembosi dari berbagai sisi seolah buat negasin kalo wsbk harus jadi kasta kedua dibawah motogp.

        Guest
  4. Sayang banget hasil cucuk-cucukan di race bisa berubah setelah sekian lama race selesai. Wajar Toprak dan timnya kecewa, tapi aturan tetap aturan sih. Mungkin mekanisme deteksi track limit ini yg perlu dipercanggih, biar update langsung segera setelah finish.

    Guest
  5. Sayang sekali sudah pesta juara malah harus di ubah keputusan nya Kawasaki gak terima di asapii 3race beruntun dalam satu sirkuit

    Guest
  6. Setidaknya KRT melayangkan protes yg mmg di regulasi ada pasalnya, urusan diterima atau tidak sudah ranahnya stewards dan KRT pun adalah tim yg paling “dirugikan” krn yg mrka siapkan sejak pramusim bahkan tidak bisa dimanfaatkan, jadi kalau sampai ada yg bilang krn protes dr “golden boy” kok rancu rasanya

    Guest
  7. Malesin deh kalo hasil race diubah tapi jauh setelah race selesai.. Kalo MotoGP masih mending, hampir real time..

    #disrespectKawasaki

    Guest
  8. Sifatnya Rea gitu banget. Ga respek. Padahal cuma dikit bgt kena ijonya. Ga sportif kesannya. Gw dukung Ketoprak karna biar ada variasi aja, biar ga bosan Rea terus yg jurdun. Ada yg bisa ngalahkan jurdun bertahan. (Sampe saat ini ga bisa nyebutin nama belakangnya, susah bgt itu nama).

    Guest
    • Bukan masalah sifat pembalapnya. Namanya udah ada regulasi ya hrs konsisten jalan donk.. Ga pandang bulu
      Di dikelas 300..wktu itu ana carasco jg ngelakuin kaya toprak lakuin.. Podium dy jd dianulir.
      Lagian perlu diingat.. NinjaZX10Rr ini dicekik abis2an rpm nya. Tujuan dorna sengaja lakuin itu biar kawasaki ga juara mulu.. Udah 6 kali berturut-turut soalnya,

      Guest
    • Iya toprak malah ngerem dah tahu track ijo jadi bukan disengaja,hingga rea bisa nyalip. Harusnya di race ulang tuh rea vs toprak satu lap ditrek itu hehe

      Guest
  9. wkwk.

    lagak2nya team PATA kesel banget dan mungkin ke depannya bakal semakin agresif lagi buat ngalahin Rea 😀

    not a good idea I think yang dilakukan Rea. walaupun ya bener si.

    ah gara2 point tipis jadi gak terlalu ngantuk nonton wsbk. F1 juga.

    Guest
  10. Misalkan yg dicat ijo itu bukan aspal melainkan pasir, saya rasa hasilnya tidak akan beda, Toprak tetep di depan Rea
    *andai2

    Guest
    • Nah ini yang gue demen, kalau masalah andai2 an gak usah tanggung2,
      andai Area Hijau itu bolu kukus lapis talas pandan greantea Arasari atau Botani khas Bogor, tentunya Toprak & Rea bakalan minggirin motor terus mereka MukBang bareng be-2 sambil nyetopin pebalap lain yg lewat dibelakangnya… Laziisss kan..??

      Guest
      • ???
        Andai ijo-ijo itu adalah bakso urat mantab, daging sapi murni, halal, kuah maknyus, jus melon, kerupuk emping renyah maka kedunya bakal crash karena menghirup aroma sedap yg membuat gelora bikin lapar bergidik seketika.

        Guest
    • Betul karena ban masih setengah ditrek putih jd blm masuk ijo. Nah..punya maat elang lagi gak tuh race direction…brapa ban. Nempel di ijo..jgn jgn gak ada nyentuh ijo bawahnya karena tapak ban kan lebar tapi trisi angin full.

      Guest
  11. Duh kalian ini,netral dikit napa,aturan adalah aturan,dan itu adlah haq semua rider,klo lolos dri pngamatan steward,ya rider yg komplain harus punya bukti,nah,itu bukti sah koq,jgn krna jagoanya g jd menang trus mke opini inilah itulah,KRT itu sgt dirugikan,riset pra/sbelum musim bergulir ,g kepake sma sekali,dah gtu,rev limit di jedotin smpe pling unyil,tp masih aja didepan,…klo brix yamaha yg dgtuin blum tentu bisa bgtu
    Jd klo ada pmain ngliat handsball di kotak pinalti,dan wasit g awas,ya pke VAR,sama aja,tenang lah,race masih byk

    Guest
    • Koment yg smart dan ngikutin betul SBK nih.. Gmna gedeknya dorna liat Kawasaki menang mulu di SBK pdhl rpm udah disunat abis2an paling kecil.
      W pribadi klo limit rpm sama2 dilepas semua.. W masih megang ninja sm rea dah.
      Limit rpm dicekik paling kecil tp rea push abis2an ya abis ban. Itu kendala dy skrng

      Guest
  12. ini bukan masalah 5 mm atau bukan, dapat keuntungan atau bukan, tapi ini masalah championship, 1 atau 2 poin akan tetap berharga krn emg bener2 ketat banget, menurut gw Kawasaki melakukan hal yg wajar, sebenarnya yg patut disalahkan ya tim Steward WSBK, krn sesuatu udah diputuskan tapi tiba2 bisa dirubah karena diintervensi,, kasusnya mirip2 wearpack nya Quartararo yg terbuka saat race,,

    Guest
  13. Jadi inget ketika alvaro Bautista di ducati. Kawasikil sama rea ajukan protes karna ga bisa ngejar. Ini emang udah tabiat dari lahir suka nya protes. Pantes ga berani ke Motogp dari Kawasaki nya sendiri sama rea nya.

    Guest
  14. Ridicilious
    gak ada diuntungkan Toprak melintas di area itu

    lagian Rea gak Rugi
    lihat video utuh Rea malah Overtake lagi setelahnya itu

    Guest
  15. Race 1 dan super pole polanya sama. Rea bisa dog fight vs ketoprak 10 laps, setelah itu nyerah.
    Race 2 (mungkin ada setup yang diganti, Rea bisa bertahan dari ketoprak kira2 15 laps. Setelah itu nyerah.

    Guest
  16. Kemarin pas liat race dan superpole udah beberapa kali toprak nginjek area hijau ditempat yang sama. Cuma ko gak kaya motogp yak ada pemberitahuan beberapa kali nginjek trek limit, jadi yak pembalapnya bisa waspada.

    Guest
  17. Sebenernya kalau tim Pata mau kesel, kesel ya ama stewardnya wsbk sih. Kenapa ga ngeh dan ngingetin gitu. Kita bisa lihat padahal di motogp itu sangat sensitif

    Guest
  18. Ada yg lempar gas 3kg meledug borr..panas panas panas,kawasaki mulai ketakutan satu2nya ajang mereka unjuk gigi mulai disalip yamaha.. kalo udah gini bkln digempur habis2san,.seru ni politik wsbk nyerempet motogp

    Guest
    • Yupz gan..pd bedol desa ke warung lapak wak haji..untung dsni jaring spiderman nya kuat..kl gk bakalan kebakaran wkwkwk..
      Capek2 dah bro nugie begadang mantau lapak ??..

      Guest
    • Anu yang nabur bibit bakar bakar, anu yang menuai hasil panen. Tapi hamanya maunya disebar ke tempat orang gamau kerugian dari nanggung bibit sendiri aakwkakw

      Guest
    • wkekeke .. asli gan, bedol desa .. dl info hot hanya puluhan komen dan rata2 semua berbobot dan berilmu .. skg banyak juga yg debat kusir .. wkwkww

      Guest
  19. Track limit kalau cuman sekali harusnya sih gpp y masih ada toleransi. Beda lagi kalau udah lebih dari 3x masuk zona track limit baru deh bisa di ubah pemenangnya.

    Dari superpole sampai race kedua magny course baru di selidiki kan aneh wkwk

    Guest
    • Kalau di Lap terakhir, asal nyentuh dikit/ sebentar memang bisa jadi masalah besar .. kalai diluar itu biasannya ada warning dulu dan lain sebagainya

      Administrator
  20. Mau Kaoskaki yg Juara, mau Yamama yang menang aku santui saya, aku tetap semangat dagang cari nafkah lahir batin.
    uuueeenaaak tooo

    Guest
  21. Perasaan klo di GP langsung dari race director yg sigap mengamati dan menyampaikan hasil, ini justru diinisiasi dari kompetitor. Kerja atau tidur itu race directornya? Atau mmg dipancing spy di WSBK ada drama² an?

    Guest
  22. Sy rasa aturan semacam VAR yg terafiliasi sama green area/offside ini setidaknya juga harus mempertimbangkan aspek emosi olahraga juga ya. Saat tangan melewati garis offside di sepakbola misalnya, atau saat sepertiga dari permukaan ban melindas garis ijo di balapan, ini tidak perlu dibesar-besarkan. Gentlemen agreement aja lah ya. Ini tidak akan memberikan keuntungan signifikan, tapi saat diperkarakan akan sangat merugikan.

    Quote berikut bener2 sangat menggambarkan tindakan ini akan memicu konflik, “Jika ini adalah cara Kawasaki ingin bermain, maka mungkin atmosfer olahraga akan sedikit berubah.”

    Sorry to say, Kawasaki justru menjatuhkan martabatnya dengan melayangkan protes di atas.

    Guest
    • Aturan ya harus ditegakkan, kalo melanggar ya melanggar gak ada yang lain.
      Kayak maen badminton kalo ada yg protes juga VAR yang jadi acuan.
      Jadi harus legowo seperti halnya rpm kawa saki yg dicekik bgtu dalam.

      Guest
      • La iy, dicekik segitu rupa aj Kawak nurut kok, ms giliran dia protes yg sesuai aturan dikatain gak sportif dikatain anak emasnya Dorna, gak masuk logikanya

        Guest
        • ibarat di ajang balap satu rumpun, mana yang kenceng itu yang harus ngalah ngikutin yang pelan akwkaw lomba kesabaran atau balapan tuh ?

          Guest
    • Gw 100% setuju, rapi kalo yg berakal sehat begini biasanya dituduh ngetek sama fans yg kebahagiaannya terenggut akibat ulah rider junjungan mereka sendiri. Aneh ya, salah kok masih dibela dan malah nuduh orang lain ngetek. Ga boleh gitu ada komentator yg komen sesuai fakta bahwa Toprac emg layak dihukum?

      Guest
    • Aturan tetep aturan. Sy menutup mata siapa pelapor dan terlapor.

      Anw, wak haji terlewat menyebutkan bahwa sesaat setelah kejadian ini, Rea sebenarnya berhasil meng-overtake Toprak. Nah loh?

      Guest
  23. Gak bs komentar banyak karena memang gak begitu paham aturan WSBK, tapi klo di motogp kayaknya jika pembalap tidak mendapat keuntungan dari menginjak area hijau, maka diabaikan/dianulir dan tidak dianggap pelanggaran.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.