TMCBLOG.com – Beberapa foto Triumph Speed ​​​​Triple 1200 RR 2022 hadir dan boleh dibilang cukup untuk menjawab definisi dari kombinasi motor indah dan kencang dalam satu varian produk. Karakter desain cafe racer modern yang indah dan otentik digabung dengan performa on-road yang sporty. Triumph benar-benar memberikan perhatian terhadap detail. Area kokpit tetap bersih dan rapi karena semua kabel tersembunyi dari pandangan. Panel serat karbon baru menambahkan tingkat detail tambahan ke tangki dan bodywork, dilengkapi dengan panel samping baru dan spatbor depan dengan konstruksi serat karbon yang indah.

Semua pencahayaan Triumph Speed ​​​​Triple 1200 RR 2022 menggunakan LED untuk daya tahan dan efisiensi maksimum. Lampu depan, lampu belakang terintegrasi di bagian ekor, serta lampu sein yang dapat membatalkan (mati) otomatis yang semuanya pakai LED. Speed ​​Triple 1200 RR yang baru juga menggunakan sistem keyless.

Mengenai dapur pTriumph Speed ​​​​Triple 1200 RR 2022 berbagi pakai mesin tiga silinder 1.160cc yang sama dengan Speed ​​​​Triple terbaru, dapur pacu ini dikombinasi dengan gearbox enam percepatan memiliki potensi menghasilkan tenaga sampai maksimum 180 hp pada 10.750 Rpm dan torsi maksimum 125 Nm pada 9.000 Rpm. Bagian koplingnya pun baru dimana Triumph meningkatkan kekuatan pegas kopling sehingga mesin dapat mentransmisikan lebih banyak tenaga ke gearbox.

Triumph Speed ​​​​Triple 1200 RR 2022 sasis double-beam aluminium yang ringan dan kompak. Di daerah handlebar, setang Speed ​​​​Triple RR yang baru posisi gripnya 135 mm lebih rendah dan 50 mm lebih maju daripada Speed ​​Triple 1200 RS. Seat height 830 mm, tangki sempit dan memiliki volume full 15,5 liter sehingga secara total bobot dari cafe racer modern ini menyentuh 199 kilogram.

Suspensi dari Triumph Speed ​​​​Triple 1200 RR 2022 ini juga nggak main main. Kehadiran Ohlins Smart EC 2.0 dengan penyetelan elektronik di suspensi depan dan belakang yang merupakan sistem suspensi Ohlins yang paling canggih untuk sepeda motor jalanan, secara khusus dikonfigurasi untuk beradaptasi dengan geometri motor ini dan dan menawarkan keseimbangan optimal antara kinerja, kenyamanan, dan kontrol. Oh ya, pengaturan sistem suspensi ini pun dapat dilihat pada layar panel dashboard TFT LCD-nya.

Sistem pengeremannnya juga keren, Speed ​​​​Triple 1200 RR menggunakan kaliper radial monoblock Brembo Stylema dan cakram depan tipe floating berukuran 320mm yang ringan, presisi dan kuat. Pengereman dikendalikan dari tuas rem Brembo dengan sistem multiklik yang memungkinkan pengguna menyesuaikan ergonomi, kenyamanan dan kontrol maksimal. Untuk bagian pengereman roda belakang menggunakan kaliper twin-piston Brembo dan cakram 220mm.

Speed ​​​​Triple 1200 RR 2022 juga dilengkapi ABS Triumph yang sudah termasuk Cornering ABS dan kontrol traksi yang dioptimalkan untuk menikung sebagai fitur standar. Dengan sistem Ride By Wire, motor ini juga memiliki lima mode berkendara: Road, Rain, Sport, Rider (dapat disesuaikan), dan juga mode Track, yang meminimalkan intervensi ABS dan kontrol traksi.

Elemen teknologi kunci lainnya untuk berkendara di jalan raya dan di sirkuit adalah Triumph Shift Assist ‘naik & turun’ (semacam quick shifter yang dikembangkan oleh Triumph sendiri) girboks QC dua arah buatan Triumph ini dikembangkan berdasarkan pengalaman yang diperoleh oleh Triumph di Kejuaraan Dunia Moto2. Motor ini di Eropa baru akan hadir di Januari 2022 . . Di Indonesia ? Belum tahu deh.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

20 COMMENTS

    • Asli ga ngerti sama jalan fikiran petinggi triumph. Alasan nya apa buat motor beginian..
      Lah superveloce aja ga booming booming amat.
      Nah triumph malah ngeluncurin model beginian.
      Cafe racer ga semua orang suka. Ibarat motor naked di pakein half fairing. Buat track ngga, buat harian pegel. Segmen nya terbatas bgt.
      Buat apa triumph susah2 jadi penyuplai mesin moto2 yg ibarat nya berorientasi sama granprix/kejuaran, lah tapi malah bikin beginian. kelas sportbike nya triumph jg ga di garap dgn serius terbukti pamor daytona 675/765 di kelas supersport jg mandek begitu aja.
      Bagus ngeluarin speedtriple dgn mesin baru, kirain bakal bikin daytona di kelas superbike, ehh gatau nya ckckckk..
      Mulai ngarah ke kTm nih ky nya. Jargon nya racing tapi yg di tonjolkan malah produk naked bike. Ampun

      Guest
  1. harusnya XSR155 dibuat versi Caferacer nya juga, bukan cuma variasi bikini fairing headlamp, pendamping R15 V3 versi klasik

    Guest
  2. Insfirasi buat pemilik ni*ja 250sl. Jika ingin di buat sport retro modern. Secara tarikan design sl lebih pas dibuat seperti di atas.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.