TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui bahwa mulai akhir pekan ini rencananya Andrea Dovizioso akan membalap dengan Petronas Yamaha SRT menggantikan posisi Franco Morbidelli. Mulai dari seri Misano ini sampai seri terakhir di Valencia nanti semua point yang dihasilkan Dovi akan mengisi point championship bagi dirinya sendiri, pabrikan Yamaha (jika ia finish terbaik di antara riders Yamaha) dan untuk team (digabung dengan point Valentino).

Karena ia sebagai pengganti definitif dan permanen dari pembalap sebelumnya yakni Franco Morbidelli, maka ia akan dihubungkan dengan mesin warisan Morbidelli yang semenjak awal dihomologasikan dan dialokasikan kepada Frangky yakni 7 mesin per musim 2021 (Yamaha : non-konsesi) dari Yamaha M1 Spec A  yang merupakan motor spek terakhir Valencia 2019, namun tentunya sudah banyak perubahan dan update minor sepanjang hampir dua musim ini.

Nahhh, berapa mesin Yamaha M1 Spec A yang bisa dipakai oleh Dovizioso di sepanjang 5 seri terakhir musim 2021 ini? Secara umum ke tujuh mesin Yamaha semenjak di Misano ini akan menjadi alokasinya semua. Namun jika dilihat dari data penggunaan mesin, ada satu mesin Yamaha M1 Spec A yang sudah dibuang dari alokasi semenjak seri Jerman di Sachsenring dimana saat itu masih dipakai oleh Morbidelli dan mesin ini sudah tidak bisa lagi dipakai.

Sehingga secara umum ada 6 mesin lagi yang masih bisa dimaksimalkan penggunaannya oleh Dovi dimana 4 mesin yang sudah dipakai sebelumnya dan 2 unit mesin yang sama sekali baru. Mengenai 4 mesin yang sudah dipakai sebelumnya tentu memiliki mileage yang berbeda-beda. Mesin nomor 1 misalnya sudah dipakai selama 41 sesi, mesin nomor 3 telah dipakai selama sebanyak 28 sesi, dan mesin nomor 4 telah dipakai selama 16 sesi. Yaaa, mesin nomor 3 dan 4 lumayan masih bisa dipakai buat latihan Dovi nih.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

8 COMMENTS

  1. Sepertinya balapan bakalan seru nih, efek domino MV12 jd pada bergeser 😀😀😀.
    Kita menanti Bagnaya, Mir serta Quartararo akankan jurdun bergeserrr 😁
    PASTI SERU DAN PENASARAN JURDUN TAUN INI, Kalau si quatro konsisten disisa musin ada harapan jurdun kalau nggak ya GONE lg jurdun

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.