TMCBLOG.com – Sobat Seklaian Yamaha Di India telah resmi memperkenalkan Versi/ generasi ke 4 dari All new Yamaha R15. Secara mesin masih 155 cc SOHC berpendingin cairan Plus VVA yang di-mounting ke sasis twin spar yang di patenkan Oleh Yamaha dengan nama Deltabox . . namun produk baru tentu ada Upgradenya dong . .

Yang pertama adalah desain Bodyworknya tentu. Body terbaru dari Yamaha R15 generasi ke 4 ini Mengacu pada streamline Yamaha R7 dengan headlamp LED Projector yang Yamaha klaim merupakan Class D Bi Fuctional LED Headlight . .

Yamaha R15 generasi ke empat ini sudah mengadopsi Side stand switch yang akan mematikan mesin Jika standar samping terbuka dan gear dimasukkan 1 sampai gear terakhir / gear 6 ( keadaan Kopling terbuka ) .

New R15 Generasi ke empat ini juga memiliki dukungan untuk aplikasi “Y-Connect” yang mendukung kehidupan sepeda motor bekerja sama dengan smartphone.

Yamaha Di India Juga Menghadirkan Yamaha R15M yang mengadopsi pewarnaan Bodywork yang memang boleh dibilang sama dengan produk Yamaha yang dipakai Di Motor Homologasi WSBK mereka yakni Yamaha R1M . . . mengenai perbedaan R15M dengan R15 version 4 standar  . .  sepertinya nggak terlalu banyak, Bahkan Untuk Quick shifter bisa diperoleh di R15 version warna standar Racing Blue.

Mengenai Transmisinya selain sudah menggunakan Assist & Slipper Clutch, yamaha Memberikan tambahan Upgrade Khususnya untuk Yamaha R15 Warna Biru dan Yamaha R15M kehadiran Quick Shifter yang akan membuat perpindahan gear (hanya shift UP ) semakin cepat karena tidak lagi membutuhkan mekanisme tarik tuas kopling terlebih dahulu . . lalu setelah itu adalagi tambahan lain berupa ABS Dual Channel dan Traction Control . . wiiihhh Overkill !!

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

137 COMMENTS

    • Sss merupakan standar safety sepeda motor di Jepang.baik matic maupun sport..mungkin India pengin standar safety nya seperti Jepang…

      Guest
    • kalau di matic agak kesel karna manasin motor wajib banget dipantingin jadinye

      kalau di motor manual masi bisa nyala selama ga masuk gigi toh

      Guest
      • Itu di artikel ditulis “Yamaha R15 generasi ke empat ini sudah mengadopsi Side stand switch yang akan mematikan mesin Jika standar samping terbuka”

        Guest
    • Kalo di sport fairing pake fitur ini tanpa pengecualian netral, bakal sulit manasin nih motor, masa harus pake jagang pedok? Yakali semua orang punya standar padock Wkwkwk

      Guest
    • Hmm Inazuma udah dari dulu pake fitur ini sih (sempet bingung, masukin gigi kok mesin jadi mati, ternyata standar samping rada turun)

      Guest
  1. Kalo cover knalpotnya hitam gak begitu mencederai mata kalo dilihat, walaupun bagusan punya V2 karena ada emblem R15 nya jadi terlihat eksklusif

    Guest
  2. Aduh, sy malah nunggu yg versi sekarang pake livery 60th itu loh. Lubang berisi lampu itu ngga banget la menurut saya tp itu soal selera masing2 ya pasti beda la. Untuk fun ride tetap cbr150 rwb kalo gini walau kalah telak di power.

    Guest
    • saya kontranya tuh, di v3 itu lobang palsu udah gede, ini di v4 lobang palsunya kenapa makin dibesarin. Udeh itu ajeh, makin ga proporsional

      tapi itu kalimat terakhir maksudnya gimana ya ? desain sama livery ngaruh ke fun to ride ? …

      Guest
      • @Richard: Hehe… Sy jg rada rancu pas bacanya 😂🤭. Maksud sy, kalo versi sekarang pake livery 60th, saya ambil R15 walau kurang enak untuk stop and go. Tp karena uda versi 4 walau keluar jg livery 60th saya tetap ngga suka lampu di lobang itu. Jd ya uda, fix pilih CBR150 yg RWB aja walau kalah power, toh tujuan jg cuma sekedar fun ride gitu bukan ala2 speedfreak.

        Guest
        • saya akui memang lobangnya kebesaran sih, padahal v3 aja udah oversize

          knapa gak mt15 aja Om ? saya pernah testride mt25 baru di pameran biasa aja. Eh pas semalam persis ketemu mt15, vixion saya minder gile ganteng bet itu mt15

          Guest
        • @Richard: ngga sreg sy sama MT series mas. Paling kalo ala2 desain monster gitu ya Duke 250 terbaru tp dealer KTM ditempat sy ngga ada.

          Guest
        • kemarin pas saya ketemu, ada dikasi bracket top box itu mt15 nya, gapake bawa rice cooker

          ganteng, ganteng padet buset padet mampus pus pus

          dan cara yamaha ngedesain cover body yg nutupin head sohc (dan solenoid vva)nya, rapih bener ga kedodoran itu mesin kecil.

          Guest
    • Wkwk ternyata ada yang sepaham sama saya hahaha, kalau soal besar lubang sih saya no comment ya, tapi kalau soal penempatan lampu yang di dalam lubang, itu yang jadi masalah wkwkwk, tapi ya benar juga balik ke selera masing-masing juga.

      Guest
  3. Wow keren banget desainnya, tapi apakah traction control di motor sport 150cc dan skutik 150cc dibutuhkan? Kalau sampai membutuhlan traction control maka skill berkendara patut dipertanyakan

    Guest
    • Kalau ada yang lebih, why asking for less ?

      Mungkin ga akan sesering kepake seperti TC di moge ya, cuma buat saat saat krusial tidak terduga saya rasa pasti kepake deh.

      Guest
    • Ga semua orang punya skill dewa kaya pembalap moto3 (yg motornya 60hp tanpa perlu traction control). Ga percaya? Coba search aja di YT ‘sunmori crash’, disitu lu bakal nemu banyak bocah unskilled yg seolah malah bangga pamerin ketidakmampuan mereka ngehandle power mesin 150cc ampe 250cc, bahkan matic. Padahal lean angel maupun kecepatan masih tergolong aman dan bisa dikontrol. Jadi 150cc dikasih traction control? Ya sangat bagus, namanya motor mau powernya sekecil apapun kalo pabrikan nya semakin fitur safety lebih kenapa malah kaya heran gitu, harusnya kan senang dan bersyukur pabrikan perhatian sampe ke hal kecil.

      Guest
    • @curious
      Berarti si om ini skill motorannya sudah tak perlu dipertanyakan lagi dong. Mantul jiwa.
      Saya membayangkan jago cornering pake rear wheel steering ala-ala stoner heheheheh

      Guest
    • @curious
      Berarti skill om sudah tak perlu dipertanyakan. Mantul jiwa.
      Saya membayangkan jago cornering pake rear wheel steering ala-ala stoner heheheheh

      Guest
    • @curious
      Berarti skill om sudah tak perlu dipertanyakan. Mantul jiwa. Berarti bisa cornering pake rear wheel steering ala-ala CS27 heheheheh

      Guest
    • Waduh komen saya sampe berseri. Maklum wak saya pikir gagal tayang makanya saya edit berulang. Eeh ternyata malah tayang semua. Maapin ya wak.

      Guest
    • I got the point, yes emg seperti gimmick bgt. Tp ini tetap sebuah improvement yg layak diapresiasi. Kemajuan teknologi ga akan pernah bohong (useless). Fitur semacam ini manfaatnya akan kepake tanpa disadari.

      Oot.
      Bahkan saya berharap ABS akan menjadi fitur wajib di semua kendaraan, pun untuk sepeda gunung.

      Traction control plus ABS? wah paket lengkap, akselerasi dan deselerasi.

      Guest
      • IMHO Fitur yg sebenernya ga terlalu berguna dan lebih ke gimmick adalah riding mode, setelah dicobain feelnya ga jauh beda krn emg power cuma segitu mau di bedain gimana. Sementara traction control dan ABS jelas, muaranya ke safety.

        Guest
        • Yg gw bahas fitur yg kalo dipasang ke motor kecil yg tergolong gimmick ya, under 400cc. Kalo di superbike jelas riding mode itu perlu krn buasnya tenaga dan ga semua orang bisa make 1 karakter alias butuh penyesuaian, riding mode adalah solusinya. Bahkan rider moto2 sekalipun ga bisa riding di wet race tanpa pindah ke mode wet.

          Guest
  4. Wak, ada typo kah? Apa saya yang kurang bisa memahami?

    Mesin akan mati jika standar samping terbuka dan gear dimasukkan 1 sampai 5.

    Jika begitu, nggak bisa jalan kecuali pakai gear 6 dong.. 😬

    Guest
    • Maksudnya klo di standar smping keadaan netral ga bakalan mati,tapi klo pas di standar samping di masukin gigi 1-5 otomatis mesin mati

      Guest
      • “tapi klo pas di standar samping di masukin gigi 1-5 otomatis mesin mati”

        mungkin lebih tepatnya gini kali ya?

        “tapi klo pas di standar samping di masukin gigi 1-5 dengan posisi tuas kopling dalam keadaan free (tidak menekan kopling) maka otomatis mesin mati”

        atau gimana ya?

        Guest
    • Ya kan emang fungsinya biar kendaraan ga jalan saat standar samping terbuka bro. Tp saat netral mesin masih idup baru kalo masuk gigi saat standar masih terbuka mesin akan mati

      Guest
      • agak lucu juga sih sebenernya. motor kopling manual ya kalau masuk gigi tapi ga jalan ya bakal mati juga akwkaw tp nice lah kalau ada fitur baru

        Guest
        • lucu gimana sih? kayaknya fitur ini udah ada sejak jaman Ninja 250 karbu, dimana jika kita masukin gigi tapi standar masih kebuka, mesin otomatis mati, sedangan fitur ini hilang di ninja generasi berikutnya.
          suka heran, dikasih fitur lebih gini supaya lebih safe saat naik motor kok dibilang ngada-ngada

          Guest
        • KALIMATNYA seperti ini ya?
          Tahun 2021 masih pake bohlam?

          wakaka fitur over kill dikalahin ama 1 jurus bohlmanya?

          Guest
        • padahal di akhir saya bilang ini fitur nice t have. hobi banget belum mahamin ampe selesai main emosi emosi aja

          Guest
    • kagak ada yang paham juga ternyata tu fitur buat apa🤦

      jadi gini, pas lho baru idupin motor trus lupa ngelipat setandar samping trus langsung jalan, disini pungsinya tu pitur, jadi gak ada insiden karna standar samping yang lupa di lipat, bayangin aja lu mau belok miring ke kiri dengan kecapatan50-60km/jam trus standar samping elu lupa kagak di lipet apa kira kira yang terjdi???

      Guest
    • Wkwkwk bener bgd… R25 cuma pelengkap R series doang… Fitur.paling minim… Design paling culun… Chassis beda sendiri… Kesian bgd dah jd anak tiri…

      Guest
    • Pertama R series cc kecil muncul di Indo, R15 mirip R6, kirain R25 bakal mirip R1, pas lahir, alamak… Pas liat desain, fitur dan sasisnya, astaga benar2 anak pungut di keluarga R series.

      Guest
  5. Wow.. ini sih wow ya, fiturnya tumpeh tumpeh. Bisa bingung v5 mau apalagi dikembangin akkakwk

    Sampe Indo v4 ini 40 juga deh yakin. Tapi klo upgradenya fitur begini, salute ama effortnya Yamaha sih. r15v4 yang buat rakyat umum masih mikirin harga aja bisa total begini, tapi kenapa…

    KENAPA R25 NYA BEGITU -___- kalo mo dijabarin keselnya sama r25 banyak banget

    Guest
  6. r15 v4 ini sampe Indo bisa dipecah jadi 2 varian kali ya Wak ?

    Yang biasa ketambahan led projie + quick shifter sebagai standar
    Varian atasnya bisa abs+tc. lumayan banyak bedanya ga cuma nambah abs doang

    tapi kalau jadiin 1 varian aja malah lebih bagus sih, melihat jumlah jualan motor sport sekarang

    btw ketambahan fitur begini, r15v4 makin beratberat ya Wak ? v3 aja powernya terbesar di kelasnya tapi kehalang sama bobotnya yang paling berat juga nih, apalagi v4 ya.. soalnya secara bodywork masi pake prinsip motor steroid, kurang bisa mengharapkan ada penurunan bobot hehehe

    Guest
    • Sepertinya di India pun seolah ada 3 varian….

      R15 non racing blue
      R15 racing blue
      R15M

      yang mana…..
      R15 non racing blue dengan fitur current + SSS
      R15 racing blue dengan fitur current + SSS + QS
      R15M paket lengkap

      sepertinya yak

      Guest
      • tambahan :
        R15 non racing blue dengan fitur current + Y Connect (entah kalo di sport sebutannya Y atau X tapi untuk sekarang pakai istilah yang ada di Indonesia) + SSS

        R15 racing blue dengan fitur current + Y Connect + SSS + QS

        R15M paket lengkap (yang ada di R15 ditambah dengan yang hanya ada di R15M)

        maybe ya. if salah don’t colek me

        Guest
  7. Soal desain masih lebih suka yang V2 yang mirip R6
    Tinggal ganti USD underyoke yang rubah proporsi setang biar gak capek

    Yang V3 sampe yang V4 ahh kegedean kepala tapi kekecilan setang ( opini pribadi )
    Udah kagak minat sport udah punya baby, lagi diminta istri beli matic

    Pilihannya Aerox 155 Connected rasanya

    Guest
    • Setuju, v2 cukup di sipitin, all led, usd, stop lamp nya plis jngan diubah 😁. Jd kangen R15 v2 yg hancur karena kecelakaan 😭

      Guest
    • ya kalau belinya aerox 155 mah samaaja menyiksanya akwkakw

      jok sempit, tipis, ergonomi boncenger pegel dan aneh ya lutut nganggu tangan rider kalau manuver agak tajam, bodi lebar banget harus ngangkang dengan semangat

      Guest
  8. Dulu R15 v3 rilis dgn fitur USD lalu kemarin cbr terbaru rilis juga dgn USD sff bp trus sekarang yamaha rilis R15 v4 dgn tambahan fitur tc sampai quickshifter Wow
    Desain menyerupai R7
    Ayo suzuki rilis gsx terbaru 😩

    Guest
    • Suzuki mah santai, rangka make rangka bebek aja mereka ga mikirin bakal jadi bullyan pemakai merk lain. Sepanjang motornya laku mau cuma sepuluh biji sebulan/dealer jg mereka ga keliatan terlalu pusing.

      Guest
    • Motor fairing CC kecil sekarang udah ga ada pride nya juga sih populasinya udah jamak dan malah lebih banyak konotasi negatif kayak yg nyelonong ke istana dan ditendang Paspampres misalnya

      ,dulu pake motor fairing udah kayak orang paling keren bahkan motornya sering masuk FTV,sekarang. meh… Biasa aja
      Kesan wow nya udah ga didapat kecuali pake motor eksotis atau moge kapasitas besar

      Guest
    • Jaman skrg mah mau gaya2an ya bawa iPhone, ke kampus nenteng macbook, perkara pergi2 udah ga pus ingin tunggangan tinggal order ojek online ato ke stasiun komuter. Skrg udah bukan jamannya mejeng pake kendaraan, tapi pake gadget.

      Guest
      • nah makanya sekali masih ada yg suka motor buat mejeng, mending sekalian dikasi all in biar puas sekalian

        dibanding dikasi seadanya malah bikin males harus di ini ituin lagi

        Guest
  9. Motor mini begini dikasih teknologi macam2 sebenarnya gunanya apa ya? Quick shifter, traction control, untuk apa sih dengan mesin sekecil itu? Yg ada harga makin mahal, dan bikin mendang mending milih motor sport lebih gede.

    Guest
    • jual kecap mas, membangun brand image, sekarang mayoritas konsumen lebih ke tipe membeli emosi, gengsi, dll

      bukan tipe yang ngutamain fungsi,
      kalo orang tipe kuno kayak saya, motor tipe benginian yang penting mesin bisa rpm tinggi plus bobot enteng karena powernya gak seberapa

      model ya tergantung selera aja 😁

      Guest
    • Nanti kalo dikasi ganti warna doang atau ganti muka doang serba salah lagi… harga material naik tapi harga motor gamau naik,, tp harga motor naik klo gada tambahan apaapa salah juga lagi..

      Guest
    • Kalo menurut Saya masih worth it karena setidaknya di motor kapasitas mesin kecil, kita sudah bisa merasakan teknologi yang biasanya ada di motor kapasitas mesin besar.

      Menurut Saya ada yang lebih kurang berguna dan secara ga langsung petingginya mengamini bahwa itu hanya gimmick marketing.Yaitu DOHC di mesin kapasitas kecil silinder tunggal dengan long stroke.

      Guest
  10. Semoga r25 ganti rangka deltabox,3 atau 4 silinder cp,banana arm,monoshock dgn link,ram air asli,tbw gk tali kolor lagi,design pake ala r6 aja jgn ngikut ala2 r7..biar zx25r ada temen nya dan honda akan mengikuti dgn cbr 4 silinder

    Guest
  11. Menurut saya desainnya 20% lebih ganteng dari v3 , meski g cakep2 amat,tp kali ini desainernya berhasil. Mungkin beda dngn desainer lulusan spbu

    Guest
  12. Yakin 1097848848% harganya bakalan tembus 40jt (39.9jt) kalo dijual di Indonesia. Ngeri juga nih kalo kredit bisa 2jt/bln wkwkwk

    Guest
    • Mau beli motor segmen hobi kok maksa kredit. Kalo mbit atau revo koperasi maksa kredit masi masuk akal klo memang butuh, dan itu opsi kelas paling murah di pasaran

      Mending urusin besok makan udah aman apa belom, rumah kalo ditinggal aman apa belum..

      Guest
  13. Semakin mirip R7. IMHO lebih bagus ini kalo diliat dari samping dibanding versi sebelumnya yg seolah jenong kaya lohan.

    Guest
  14. Ternyata lebih bagus ga seburuk spyshot kemarin, seandainya pakai knalpot underbelly biar jadi pelopor lagi di kelas 150cc

    Guest
  15. Pake qs,tc,asc cuma gimmick kalo masih sohc…sen masih bohlam,ram air isi lampu..kakaknya isi klakson..capeek deh

    Guest
  16. Ini pada INTI nya adalah “cuma” menambahin FEATURE pada mesin lama yg telah beredar.
    SUKA atau TIDAK SUKA diakui atau TIDAK pada kenyataan nya ini mesin sejuta umat yg “tahan banting” milik Yamaha sejak Tahun 2007.
    Dan sah2 saja Yamaha tetap memakai jenis mesin ini karena Cost Efficiency Ratio.

    Guest
  17. Kl launch d indo bisa kagak ya kira” diperbaikin proporsinya, kek bentuk fairing depan (muka+samping), tangki ama muffler, bagus sebenernya tapi kurang proporsional di mata, kek ganteng tp nanggung(?)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.