TMCBLOG.com – Race weekend WSBK Jerez 2021 hanya menghadirkan Race 1 dan Race 2 Untuk kelas SBK. Di race 1 sebelumnya Toprak razgatlioglu memenangkan race dengan jarak akhir sekitar 1,2 detik dari Jonathan Rea Yang finish di P2. Untuk race 2 ini Toprak kembali race dari Posisi pertama sementara Alex Lowes memutuskan untuk Absen karena Cidera di lengannya. Start 20 lap race 2 dilakukan cepat Oleh Toprak yang lansgung memimpin di Tikungan pertama.

Lap kedua Toprak memimpin race 0,3 detik di depan Rinaldi, sementara Rea Turun ke posisi tiga. Lap 3 Toprak sudah memimpin 0,4 detik di depan Rinaldi. sementara Rea turun ke posisi empat setelah dilewati Redding. Lap ke 6 Rinaldi mendekat ke Toprak menjadi 0,38 detik. Lap 7 Redding naik ke posisi dua sejauh 0,6 detik dibelakang Toprak.

Lap 8 Rea turun ke posisi 5 setelah dilewati Locatelli, dan bahkan Sempat Dilewati juga Oleh Baustista sehingga turun lagi ke posisi 6. Lap 10 Toprak memimpin 0,25 detik di depan Redding. Memasuki paruh kedua balapan di Lap 11 Jarak Toprak yang sedang memimpin race 0,4 detik dari redding. Lap 13 Toprak 0,3 detik memimpin di depan redding. Bautista mencoba Overtake Locatelli untuk P4

Lap 14  Redding hanya 0,29 detik di belakang Toprak. Locatelli Naik Ke P3 setelah lewati  Rinaldi. Bautista naik ke P4 di lap ke 15 setelah lewati Rinaldi. Bautista langsung Bidik Posisi Podium 3 yang masih di kuasai Locatelli. Lap 16 Rea Overtake Rinaldi dan naik ke P5. Lap 17 redding memburu Toprak . . 45 memburu 54.

Lap 18 Redding Overtake Toprak dan memimpin race. lap 19 Toprak kembali memimpin. Bautista Naik ke posisi tiga setelah Overtake Locatelli. Lap terakhir Toprak memimpin dekat dari redding. Dan akhirnnya Toprak Razgatlioglu membawa Yamaha R1 menjuarai race 2 WSBK Jerez 2021. Redding membawa Ducati Panigale V4R finishdi Posisi dua sementara Bautista finish di Posisi Podium 3 dengan Honda CBR1000RR-R

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

60 COMMENTS

      • Bukan masalah mesin gampang rusak rpm tinggi … Tapi dorna dan FIM sengaja mangkas RPM ZX10RR supaya gak kenceng, dan itu ada di regulasi

        udah gitu aja.

        Guest
      • FYI secara logika, crossplane crankshaft peak powernya lebih rendah daripada mesin inline screamer biasa, jadi klo pake logika cetek si Ngunuo harusnya limiter R1 di 14.000 aja, takut meleduk kan? Lagipula, semua peserta wsbk termasuk KRT dan Rea sendiri jg udah paham limiter zx10rr dipasang paling rendah karena terlalu sering menang dan gapnya dgn pembalap tercepat dari pabrikan lain kejauhan, mangkanye rpm diturunin. Yg artinya semua udah tau bahwa Dorna emg kebiri power zx10rr demi balapan kompetitif. Semua udah tau alasan aturan limit rpm, kecuali epbeye akut yg lagi girang pabrikannya mulai kompetitif alias si Ngunuo.

        Guest
      • Soal piston speed, jangan dangkal gitu lah pemikirannya. Di balap Bebek awal 2000an sekalipun mekanik2 beken berani pasang sampe 27m/s. Itu mesin bebek yg cuma 1 silinder dan part pendukung macma noken as, porting, bahkan ngebentuk kubah ruang bakar diproses secara manual pake tangan boro2 jaman itu make CNC. Secara logika, SEMUA mesin wsbk sanggup berkitir sampe lebih dari 16.000 rpm dgn selamat dan awet, udah kebukti di jaman wsbk sebelum dipegang Dorna. Jadi alasan bore x stroke itu nonsense, lebih baik ngobrol ama Pengamat ketimbang sok2 nantangin gw dan semua komentator yg lebih paham alasan kenapa ada aturan limit rpm.

        Guest
      • Lagipula kalo mau cuap2 itu selain otak dan wawasan dipake, juga harus based on data.

        Gini, power ZX10RR adalah 204hp-214hp (RAM Air)/14.000rpm.
        Power R1 adalah 197hp/13.500rpm.

        See? Mau piston R1 lebih gede 3mm dari ZX10RR, selama dia make crossplane maka peak power akan ada di rpm yg lebih rendah dari mesin konvensional ZX10RR. Kalo udah based on data gini, semua argumen Ngunuo udah runtuh tak berbekas krn jadi mentah semua. Secara logika ga masuk, secara data jg ga masuk, secara akal sehat jg ga masuk krn komen dia cuma berdasar fanatisme buta ke Yamaha.

        Guest
      • Secara logika sederhana, awal pengaturan rpm adalah rpm maksimal motor standar + 10%. Setelah itu bakal ditambah ato dikurangi berdasar kedigdayaan di balap, maka harusnya rpm maksimal R1 cuma 14.800 dan rpm maksimal zx10rr adalah 15.400. Lah kok jauh? Kenapa zx10rr cuma 14.600? Ya balik lagi krn Dorna kebiri kemampuan itu motor akibat terlalu sering menang.

        Sekali lagi, argumen Ngunuo udah mentah dari awal, diliat dari sisi manapun.

        Guest
      • Kenapa rpm maksimal R1 bukan 14.850? Sori gw salah itung tadi, harusnya 13.500+10%=14.850 yak. Kenapa rpm R1 malah 14.950? Ketambahan 100rpm dari hitungan awal? Ya simpel karena R1 jarang menang, jadi sesuai resep awal bahwa akan ada pengurangan/pertambahan berdasarkan performa di balap. Jadi bisa disimpulkan bahwa kenapa R1 dapet subsidi rpm ya karena R1 terlalu loyo kalo pake rumus awal, mangkanye R1 ditolong Dorna, Kawasaki dikebiri Dorna. Tenang bro Ngunuo, ga cuma R1 kok yg ditolong Dorna jadi jangan tersinggung. BMW, dan H jg ditolomg Dorna kok. Ducati nasibnya mirip Kawasaki, sedikit dikebiri akibat ulah Batistuta yg baru turun wsbk udah menang ga kira2 wkwkwk

        Guest
      • @akang , wah mas bro berarti pernah ada di jaman yang pada ngandelin cdi shogun kebo biar limiter lebih tinggi ya? per klep swedia, power besar motor shogun Om Chia, persaingan ketat Suzuki dengan Yamaha. wah sungkem dulu ah ma suhu. Iya betul jaman dulu yang masih serba manual, masih andalkan part original dari motor lain buat dimodif di motor balapnya, piston speed bisa di atas 25m/s dan bahkan tenaganya bisa 25dk. Padahal kapasitas mesin cuma 130cc . btw skrng msh pakai piston speed 27m/s kok bro tapi tenaga makin gila lagi, bisa di atas 30dk

        Guest
    • WKWKWKW..kemana aja brooo..semenjak kawasaki menang 6x berturut turut juara SBK dorna dengan sengaja ngebiri rpm kawasaki biar ga dy mulu yg menang. krna menurut dorna bakal ngilangin penonton setia SBK. makanya dibikinlah rule biginian biar gantian lah yg laen menang.
      tdnya w berharap ducati yg bisa mecahin telor kawasaki yg udah jd raja SBK selama 6 tahun full.
      eh pabrikan jepang juga yg ambil kesempatan itu.
      dan juga menurut w, kawasaki itu kecolongan dengan biarin toprak cabut dari kawasaki. coba kalo dulu nahan dy biar ga cabut. bisa jd pengganti rea.

      Guest
      • Sekali lagi yg konyol itu lu sendiri, aturan RPM udh ada jauh2 hari knp lu baru bebusa belain aturan itu sekarang setelah R1 bisa nantang Rea? Kemaren2 kemana aja kang Ngunuo?

        Guest
    • Emang kenapa si akang, diakan orang hebat he he, udah lama ga ngikutin, btw R1 di tangan Razgat keren ya, keliatan lincah dan imbangnya

      Guest
      • Wkwkwk ini lagi hater gw mo numpang ikutan ngatain. Ga ada cara yg lebih cerdas gitu kalo mau ngatain gw selain ngejek secara langsung? Dendem amat ama gw????

        Guest
    • hmm….ini awalnya bahas apa dah? tapi apapun itu untuk selalu diingat, batas aman piston speed untuk harian produksi massal dengan balap itu beda bro. Harian ada di 21m/s , sedangkan balap bisa up to 25m/s .

      Guest
      • Gua ga tau sih asal mula permasalahan lu ma dia kayak gimana tapi better lu ke link ini aja deh

        https*://*tmcblog*.com/2021/05/20/rev-limit-wsbk-2021-ducati-panigale-v4r-tetap-yang-tertinggi/

        yang punya warung udah coba jelasin

        Guest
      • List Rev Limit WSBK 2021 :

        Aprilia : 14.700 rpm
        BMW : 14.950 rpm
        BMW 2019(K67) : 14.900
        BMW 2021(M) : (K66)15.500
        Ducati V2 : 12.400
        Ducati V4 : 16.100
        Honda (SC77) : 15.050
        Honda (SC82) : 15.600
        Kawasaki 2019 : 14.600
        Kawasaki (RR) 2021 : 14.600
        MV Agusta : 14.950
        Suzuki : 14.900
        Yamaha : 14.950
        Seperti apa dasar Regulasi pengaturan rev Limit dari masing masing Motor ini? Kebetulan dua tahun lalu Direktur Teknis WSBK Scott Smart pernah menjelaskan Bahwa Secara umum Caranya adalah dengan melakukan dua Jenis Pengetesan Lalu dipilih angka terendah dari angka tersebut dan dijadikan keputusan final rev Limit WSBK.

        Pengetesan Pertama : WSBK mengecek satu Motor Produksi massal ( wsbk-homologation 500 unit) Lalu memperoleh titik Limiter RPMnya. Dari angka ini ditambahkan 3% dan dijadikan angka Limit dari RPM Pada motor yang didaftarkan pada SBK.

        Pengetesan Kedua : WSBK melakukan test Dyno Motor sample ( Yang diajukan Oleh team ) lalu mendapatkan titik rpm di mana Terjadi Power maksimum. Dari titik tersebut ditambahkan 1.100 rpm dan dijadikan angka Limit dari RPM Pada WSBK. Yes dari dua Pengetesan di atas akan ditentukan/ dicari angka terendah dan dijadikan patokan rev Limit Official.

        Guest
    • Yang lucu itu ngeyel belain kemenangan Yamaha pake itungan motor harian???

      Iyadeh iya, Dorna sayang Kawasaki takut mesinnya meleduk dan bodoamat ama Honda dan Ducati biarin mesinnya meleduk.

      Begitu kan logika om Ngunuo aka Vision yg lagi mencoba utk terlihat intelek dalam menyembah junjungannya?

      Guest
  1. krn aslinya hater ngonda sih wkwkwkwk
    coba klo hanya sekedar fans yamama, ga bakal tuh org rempong nyinyirin kompetitor hahaha

    Guest
  2. Imho perimbangan kekuatan WSBK sudah mulai bagus kok. Semua pabrikan sudah bisa mencicip podium. Sykes sudah pernah pole. Rea juga masih di posisi 2 klasemen. Tinggal konsistensi dan adaptasi trek yang menentukan hasil balapan dan kejuaraan.

    Guest
  3. Btw si Toprak dah berapa kali podium nih Wak. Kena peraturan sunat rpm gak ? Seingat saya dulu ada rule kek gitu buat yg poinnya udah gede cmiiw

    Guest
    • Selisihnya ama posisi 2 ga gitu jauh kaya jaman Batistuta ninggalin Rea sebelum akhirnya fokusnya ilang krn iming2 dari Ducati malah dikasih ke Petrucci. Lagipula kalo limiter R1 dikurangi gw yakin Toprac paling banter cuma finish diposisi 3 dan pembalap Yamaha lain bakal nemenin pembalap2 pemakai zx10rr di posisi belasan.

      Dorna pasti senanglah tujuan utamanya tercapai. Sepanjang Toprac ga dominan selama itulah limiter R1 ga akan diturunin.

      Guest
        • Rea kayanya tipikal win or second, sepanjang ada kesempatan menang dia coba buat menang, kalo ga ada dia bakal usahain dapet posisi 2. Jadi ya strategi itu kayanya ga ada di kepala Rea dan KRT.

          Guest
    • 2 motor itu alasannya mirip, sasis ga bisa handle power mesin. Ducati kolot make rangka monokok + swing arm sebelah, kalo H gamau buang dana banyak dan lebih suka make sasis yg usianya udah belasan taun. Khusus Ducati cacatnya sasis masih bisa ketutup power mesin, kalo H power mesin ga terlalu jauh bedanya ama 2 pabrikan Jepang lain jadi tetep lemot. H masih riset posisiin mesin dan atur swing arm, karena cuma 2 hal itu yg boleh di wsbk, kalo aja udah ketemu posisi mesin yg pas kayanya ditangan rider biasa sekalipun gampanglah masuk 10 besar.

      Guest
  4. KengeRRRian itu ternyata tidak seperti yang ditakutkan… Karena kebanyakan huruf RRR nya sehingga membuat over weight yang menyebabkan lost power karena kelebihan beban. ???

    Guest
    • Klo gw perhatiin sih kayanya masalah stamina. Biasa kalo mantan rider prototipe ato supersport begitu naik superbike suka keteteran krn badannya yg slim, ntar kalo udh agak kekar dikit gw yakin bisa bejaban jg.

      Guest
  5. Ngeliat dari beberap review tiap race WSBK tahun ini
    Rea udah dapet lawan sepadan atau mngkin lbih liar ?
    Liat late braking yang deket banget di ujung corner

    Sampe2 Toprak kayak “Lu mau sampe sedeket apa ama tikungan ? Gua jabanin”
    Sampe roda belakang ngangkat, itu gila sih
    Rea terlalu smooth menurut saya apa spek mesin ZX10nya udah limitnya segitu ?

    Guest
  6. @akang..
    mau nanya nih wsbk ini apa udah dr dulu bgt pakai aturan pembatasan limit rpm yak?
    kenapa ga dibikin open aja gitu kayaknya seru

    Guest
    • itu semua gegara pas dorna ambil alih SBK + kawasaki juara 6 kali berturut turut . dorna bilang sbk bakal monoton klo ga diterapin limit rpm bagi yg sering juara. kan wktu itu sampe ducati SBK ber evolusi dr 2 ke 4 silinder tp ttp aja kawasaki mulu yg menang..wkwk.
      begonya ducati sekarang malah kesempatan itu diambil sm yamaha

      Guest
  7. Sangat fair? Wah makin keliatan kalo lu cuma nyatut nick CHM krn pemikirannya cuma secetek ini jauh banget ama CHM asli. Sebenernya gw udah jelasin panjang lebar sih di reply atas buat bungkam Ngunuo dan para epbeye, cuma karena komen si Ngunuo dihapus jadi reply gw jg ikutan kehapus. Intinya gini, aturan rpm cuma buat kebiri yg kencang dan tolong yg lemot.

    Guest
    • Fakta lucu kan ? ada balapan, yang totalitas dan kencang, disuru pelan

      demi yang lemot dan kurang effort bisa maju ke depan. logika apaaapaan ini

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.