TMCBLOG.com – Pabrikan benda  dari Daratan China ini memang cukup menarik sepak terjang industri Manufakturnya akhir akhir ini. Setelah mencengangkan dengan mesin Inline4 680 cc di tahun 2020 lanjut dengan Teaser mesin twin turbo 300, saat ini Benda memamerkan kembali inovasi manufaktur mereka dengan menghadirkan dua Mesin V4 yang salah satunya berkubikasi menengah 500 cc pada acara CIMAMotor show di Chongqing, China.

Mesin 500 ccnya ini menarik karena mereka membuat mesin ini di kubikasi mesin menengah-kecil . . Secara detail mesin yang diperkenalkan adalah berpendingin cairan V-4 bersudut 70º dengan kepala silinder DOHC – 16 katup. Mesin ini menampilkan manifold inlet yang menghubungkan empat port intake ke dua throttle body elektronik. ditengah tengah antara dua pasang sisi silinder.

Walaupun memang di stroke 55-an mm, banyak Big Bike yang pakai, Mesin yang memiliki kode nama BD453 ini berdesain lebih berkarakter Overstroke dengan bore 53,5mm dan stroke 55,2mm, menjadikannya hanya berkapasitas Murni 496cc. Tenaganya? Mesin ini dapat menghasilkan tenaga Maksimum 56 hp @ 10.000 rpm dan torsi Maksimum  33 lb.ft ( 44,74 N.m) @ 8.000 rpm. Untuk sementara belum diketahui akan dibenamkan di Motor Jenis apa Mesin V4 500 cc ini. Namun diperkirakan bukan untuk Motor berjenis balap / kompetisi . . Jika melihat rasio Stroke lebih tinggi dari Bore maka diperkirakan lebih ke Karakter mesin untuk Cruiser lagi nih . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

28 COMMENTS

  1. Kenapa malah overstroke yak, padahal mesin V jelas akselerasi badak. Muaranya sih biar maintenance cost bisa minim, kalo perlu servis cuma setaon sekali.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.