TMCBLOG.com – Yamaha Eropa baru saja merilis nih pengumuman pendaftaran bagi peserta balapan kelas kadet Yamaha R3 bLU cRU European Cup yang akan menggunakan Yamaha YZF-R3 spek balap Blu Cru untuk tahun 2022 nanti. Dari informasi pendaftaran, TMCBlog jadi kepo sama beberapa detail baik dari sisi regulasi serta sisi administrasi pendaftaran pembalapnya sob. Nah, kejuaraan ini pun diset langung sejalan dengan regulasi batas usia minimum pembalap di beberapa event Junior Cup, salah satunya adalah partisipan dibatasi untuk total maksimum tiga puluh (30) pembalap yang lahir antara tahun 2008 (14 tahun) hingga 2002 (20 tahun). Namun dalam regulasi tidak dituliskan asal pembalap apakah harus dari negara Eropa ataukah boleh diikuti oleh pembalap asal negara Asia, namun harus memiliki lisensi dari FIM E (CCR Continental Championship – biasanya harus membayar 600 Euro per tahun). Kalo benar diperbolehkan menarik nih buat pembalap Indonesia atau Asia pada umumnya terutama yang terafiliasi dengan Yamaha kalau ada yang mau berguru ke Eropa sana.

Juara dari balapan kadet Yamaha R3 bLU cRU European Cup akan memperoleh Golden Ticket membalap di kejuaraan WSSP300. Tetapi karna minimum pembalap yang diterima 14 tahun, jika tahun depan mereka juara maka usianya baru 15 tahun. Dan jika ini terjadi, maka sang juara European Cup ini belum bisa di-feed ke tim Blu Cru di WSSP300 tahun 2023 di mana batas minimum usia pembalap harus 16 tahun.

Nah, selanjunya berapa biayanya untuk balapan di Eropa dengan platform Yamaha R3 bLU cRU European Cup 2022 ini? Semua biaya partisipasi yang akan ditanggung oleh tiap pembalap adalah: biaya pendaftaran sebesar €28.900 (dua puluh delapan ribu – sembilan ratus Euro) – atau hampir 500 juta Rupiah; asuransi, biaya lisensi FIM E (€600 atau Rp 10 juta Rupiah), biaya perjalanan, biaya akomodasi, biaya perbaikan sepeda motor jika jatuh, pakaian pemblaap juga harus diganti jika pakaian rusak dan tidak sesuai dengan aturan keselamatan yang disetujui oleh FIM E.

Lumayan juga yah, naah jadi memang misalnya ada pembalap dari Indonesia yang mau ikut, perkiraan TMCBlog untuk biaya awal saja mungkin harus bersiap dana sekitar 600 juta Rupiah tuh. Lalu apakah balapan di sini ada hadiahnya? Ada sob. Mulai dari hadiah balapan per-event yang diberikan oleh pihak sponsor sampai dengan hadiah buat pembalap Top-3 di akhir musim di mana:

  • Juara pertama 2022 akan mendapat tempat WSSP 300 2023
  • Juara ke-2 musim 2022 akan memperoleh satu kali penampilan wildcard WSSP300 plus diskon 50% pendaftaran R3 bLU cRU 2023
  • Juara ke-3 musim 2022 akan memperoleh diskon 50% biaya pendaftaran R3 bLU cRU  2023

Lalu bagaimana spesifikasi motornya itu sendiri? Motornya adalah Yamaha YZF-R3 dengan spesifikasi supensi depan dengan daleman Ohlins – knalpot Akrapovic, ECU dengan mapping khusus balap, data acquisition dari 2D, ban Pirelli slick dengan jatah 3 set ban per-race, dan juga bahan bakar. Gimana sob, ada yang tertarik balapan junior di Eropa via R3 bLU cRU 2022 gak nih? Atau mungkin malah Yamaha Asia mau bikin program serupa buat riders Asia?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

18 COMMENTS

  1. Wak, kalo mesan motor nya aja bisa ngga wak? Mau beli untuk pribadi bukan untuk ikut balap tp dg semua modif yg sama untuk balap.

    Guest
  2. itu bebas crash sebanyak2nya kah? wkwkwkwk macem MM, CC, AR yang sering banget jatuh gimana ya.
    ada asuransi memang tapi asuransi bukan no limit

    Guest
  3. Jadi jelas ya, bahwa passion dan skill aja gak cukup buat manggung diajang balap.
    Dan event ini belum terhitung sbg balap profesional lho

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.