TMCBLOG.com – Secara umum memang Yamaha MT-10 harus berubah menghadapi regulasi emisi Euro 5 yang lebih ketat soal kadar emisi gas buang. Namun akan sayang jika hanya diubah bagian dapur pacunya, sekalian tentunya sisi estetika dari bodywork juga diubah Yamaha untuk versi model year 2022-nya seperti yang bisa sobat sekalian lihat di artikel ini.

Gambar diatas adalah MT10 MY2022 (bawah) dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sobat bisa lihat bahwa ada perubahan di bagian headlampnya di mana desain lampu LED projector-nya untuk MY2022 lebih menggunakan desain unit lampu R-Series Yamaha (R1, R6). Sementara itu desain batok cover headlamp MY2022 lebih kecil dan tidak lebih bersudut bila dibandingkan desain tahun sebelumnya.

Selain itu juga bisa dilihat hadir perubahan di bagian bodywork cover fuel-tank, shroud/ram air, jok saddle, body belakang bagian samping, cover radiator kanan kiri, dan penggunaan jenis master rem depan.

Sementara itu jika kedua generasi MT10 dibandingkan satu sama lain dari sisi desain samping kiri terlihat bahwa MT10 MY2022 memiliki ukuran volume dari catalitic converter yang lebih besar dan juga end muffler yang tidak terlalu menukik seperti pada generasi sebelumnya di MT10 MY2020.

Meskipin begitu terlihat penggunaan sasis Deltabox perimeter masih menggunakan unit dan model yang sama seperti generasi sebelumnya. Begitu juga mesin jika dilihat dari desain luarnya. Namun menurut beberapa informasi yang bocor dari pendaftaran uji tipe, akan ada perubahan yang bersifat minor pada dimensi di mana jarak sumbu roda lebih melar 5 mm (1.405mm) dan tinggi maksimumnya meningkat menjadi 1.165 mm (sebelumnya 1.110mm).

Menurut data uji tipe juga ketahuan bahwa MT-10 2022 baru akan lebih bertenaga dari generasi sebelumnya di mana ada tambahan power maksimum sampai 6 Hp hingga mencapai 122 kW (166 Hp) pada putaran mesin yang sama seperti model sebelumnya, yakni 11.500 Rpm. Hadir juga peningkatkan torsi menjadi 112 Nm pada 9.000 Rpm. Top speed juga bertambah dari yang awalnya 244 km/jam menjadi 249 km/jam. Meskipun memang ada sedikit peningkatan bobot dua kilo gram pada model 2022 ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

22 COMMENTS

  1. Yg lain pake single main projie dan ada cover headlamp nya,ini kok masih dua dan telanjangan,,jadi ga berasa corporate designnya

    Guest
    • Walaupun konyol tapi emang bener sih, semenjak biasa makai motor fairing malah motor naked kayak motor fairing belum jadi yg dikasih lampu

      Guest
  2. Setuju banget sama komentator Barat, kalo trend naked skrg itu “precrashed” -udah/abis crash headlightnya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.