TMCBLOG.com – Pada bagian dari seremoni perpisahan dengan Valentino Rossi, hadir 9 motor tunggangan Rossi yang menghantarkan gelar juara dunia. Motor motor yang dideretkan dari mulai dari motor Aprilia 125 yang membawa Valentino Rossi melakukan debut pertama karir Grand Prix-nya 26 tahun yang lalu dan lalu memenangkan gelar Grand Prix pertama, lalu ada Aprilia 250, Honda NSR500 yang menjadikannya juara dunia terakhir era 2tak, Honda RC211V baik berlivery standar Repsol Honda yang menjadikannya juara pertama kelas empat tak MotoGP tahun 2002 maupun livery ‘Cheste’ perpisahan dengan Honda di tahun 2003 dan tentunya empat unit Yamaha M1 yang membawa empat gelar juara dunia berikutnya. Dalam seremoni tersebut Vale mengungkapkan keinginannya untuk mengoleksi NSR500.

Principal dari ketiga pabrikan di mana tempat Vale saat ini dan pernah bergabung sepanjang 26 tahun karir Grand Prix-nya pun sempat hadir dalam seremoni ini; Lin Jarvis untuk Yamaha (2004, 2005, 2008, 2009), Alberto Puig untuk Honda (2001, 2002, 2003) dan Massimo Rivola untuk Aprilia (1996, 1998).

“Saya punya motor di rumah, kecuali Honda. Saya punya semua Aprilia dan semua Yamaha. Yamaha ada di rumah saya, model 2004 ada di kamar saya, jadi setiap pagi ketika saya bangun saya melihat motornya! Tapi memiliki mereka semua bersama-sama seperti ini adalah emosi yang hebat dan sudah lama sekali dari momen yang pertama, sangat lama sekali, juga jika Anda mempertimbangkan bahwa setelah yang terakhir [tahun 2009] membalap selama 10 tahun lagi! Sangat emosional.”

Dalam seremoni tersebut memang terlihat Valentino Rossi berbicara dengan team manager RHT Alberto Puig dan sempat menanyakan mengenai kemungkinan dirinya memperoleh motor Honda yang menurut Vale sudah dijanjikan sebelumnya.

Rossi terlihat berbicara kepada Puig tentang 500cc NSR 2-tak saat mereka berpose untuk foto, kemudian mengungkapkan bahwa dia telah bertanya apakah Honda akan mengizinkannya untuk menyimpan motor yang dia katakan telah dijanjikan kepadanya tetapi tidak pernah dikirimkan. “Saya berbicara dengan Alberto dan saya meminta minimal [NSR] 500, juga karena 500 adalah 500 saya, itu motor yang seharusnya diberikan Honda kepada saya. Saya sudah siap untuk mengambilnya, saya sudah punya tempat di rumah, tapi entah kenapa motornya tidak kunjung datang.”

“Saya senang jika Honda berubah pikiran dan memberi saya yang itu. Yang pasti, motor akan dirawat dengan baik, pada suhu yang baik dan memiliki tempat yang bagus di rumah saya!”

Setelah itu Valentino Rossi juga memperoleh konferensi pers khusus sebelum press conference sebelum balap dan dalam kesempatan tersebut Vale menjawab semua pertanyaan pertanyaan terakhir ini.

Bagaimana perasaanmu?
Valentino Rossi: “Ini adalah musim spesial terutama di bagian kedua [musim] setelah saya mengatakan ini adalah yang terakhir. Balapan terakhir adalah … Saya ingin mencoba dan membuatnya normal tetapi itu tidak mungkin. Ini adalah emosi yang luar biasa, dan sudah mulai hari ini. Dapat melihat semua motor bersama-sama, semua pembalap dari MotoGP di sini bersama-sama adalah perasaan yang hebat. Kita lihat saja! Saya akan mencoba memberikan yang maksimal selama akhir pekan, saya harap kami dapat memiliki cuaca yang baik, terutama untuk hari Minggu, dan kita lihat saja nanti!”

Apa perbedaan mengumumkan pensiun vs benar-benar pensiun…
VR46: “Semenjak Austria ketika saya mengatakannya, saya mendapat banyak pesan dan dukungan hebat dari semua pembalap lain, sekarang, dan dari masa lalu. Semua rival saya, ini sangat bagus. Luar biasa. Saya selalu membayangkan konferensi pers ini, dan di sini di Valencia… tempat yang istimewa dan sebaliknya bagi saya, tempat yang tidak istimewa pada saat yang sama.

Aneh, perasaan yang aneh tapi saya akan mencoba untuk bersikap normal karena biasanya Valencia adalah momen yang baik untuk semua orang, itu berarti liburan dimulai setelah musim yang panjang, dan semua orang siap untuk tinggal di rumah sedikit lebih lama … tetapi Anda selalu berpikir bahwa mulai Senin, itu akan berbeda. Kehidupan lain. Saya sudah mencoba untuk tidak banyak berpikir dalam hal ini cara, karena saya juga akan terus balapan, dengan mobil sebagai pembalap dalam hal ini. Tapi saya akan mencoba menikmatinya karena pasti hidup ketika Anda bukan pembalap MotoGP lagi akan berubah.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

79 COMMENTS

  1. Kasih aja lah buat kenang kenangan,yg lalu biarlah berlalu

    Cuman di engine swap aja entar diganti mesin CBR near square aja udah cukup,toh cuma buat display dan ketutupan radiator sama fairing,awekwok

    Guest
    • Masalahnya Mungkin Honda juga tahu Rossi juga tidak mudah melupakan yang sudah berlalu (Baca : 2015)
      Kaboooorrr

      Administrator
      • Dari pihak hrc juga sekarang pasti lagi mangkel, karena cidera lanjutan marwoto disebut-sebut karena kualat sama mbah kakung di 2015. Kabuurr juga ah…heheheh

        Guest
        • Yaah orang Jepang kadang percaya klenik gituan sih,kayak kalo batang teh berdiri itu pertanda baik,atau sandal putus itu pertanda buruk

          Tapi ga tau lagi kalo karma, karena kalo ga salah itu dr ajaran Hindu India ya,cmiiw

          Guest
        • Iya janji, tapi namanya janji ada diklausul kontrak. Kemungkinan ada perbuatan Rossi yg melanggar kontrak yg mana bikin kewajiban HRC ngasih motor jg gugur. Doohan, Stoner, Marquez punya motor HRC yg mereka bawa juara dunia, mereka tipikal orang loyal dan mematuhi kontrak sejauh yg gw tau.

          Guest
        • apakah gara gara Rossi bilang pembalaplah yang porsinya lebih besar berkontribusi bukan motornya kemudian hengkang ke yamaha. Tapi kalau dipikir pikir ucapan Rossi ada benernya buktinya ngak ada Marquez honda susah Juara di era 4 tak. Yah walau gimana Honda NSR 500 Rossi adalah yang terakhir Juara di era 2 tak 500cc ya wajar kalau diberikan ke Rossi

          Guest
        • Kata siapa Janji harus ditepati??
          Anda selama ini tinggal dinegara mana kok berani ngomong kayak gitu??

          Guest
      • Kasihlh..apalagi mesin V5 nya honda yg legend.. Rossi dan honda ibarat clbk.. andai ego keduanya dulu gk tinggi mungkin rossi bnyk gelar d honda..yg pasti prnh mesra..hehehe

        Guest
      • Pedrosa yg ga pernah jurdun pun dikasih hadiah pensiun salah satu RC yg pernah dia naikin, biarpun melipir ke KTM tapi loyalitas Pedrosa ke HRC ampe kontrak selese ga diraguin lagi. Jadi ya, bukan gw bela Honda ato HRC, tapi ga akan ada asap kalo ga ada api.

        Guest
    • Menurutku tetep bakal dikasih, cuma nunggu momen Vale pensiun aja.
      Bukan gaya Jepang tidak mengapresiasi bagian dari sejarahnya. Dan Vale, tentu saja terlepas apapun drama yang terjadi di masa lalu, adalah bagian yang patut disyukuri pernah menapakkan kaki di garasi Honda.

      Guest
    • Jawaban Puig :
      “It’s a tricky story! So I cannot answer, but normally this bike is also very important for us because it’s in the musem and Honda is very proud of all the titles we’ve had and also the titles Valentino got for us, together. So I’m sure we want to have this as a very important trophy in our house, to show to our fans that we were capable of winning that title with that bike.”

      Guest
  2. Terima kasih VR46…
    Pastilah berurai air mata…..
    Ketika mencoba menaikin satu persatu motor yg dipajang….
    Hehehe, seandainya 2015 dia tidak berulah tentunya dapat gelar yg ke 10.

    Guest
  3. Terlihat rcv gen pertama emang didesain buat orang jangkung, walaupun sempat ada andil dr Doohan tapi pengembangan emang full dari feedback Rossi

    Guest
  4. Tidak ada bisa lebih disyukuri dibanding pensiun dalam keadaan sehat. Bukan dalam keadaan cidera atau sakit. Jangan lupa ngurus jamsostek dan bpjs ya mbah kakung.

    Guest
  5. Rossi gak pernah gagal ketika di H*nda…
    Utk thn pertama di GP pun, utk seorang rookie, prestasinya luarbiasa, walau ndak juara…

    Guest
    • Tahun 2000 adalah saat Vale belum kenal traction control. Main gas sampai ngepot2 dan berujung DNF. “I told you!” kata pembalap senior lainnya.
      IMO seandainya saat itu traction control secanggih sekarang, meskipun pake ECU Pirelli sekalipun bukan in-house hasilnya mungkin akan lebih baik.

      Guest
  6. NSR dan RCV rossi bertahun2 ditahan di museum honda jepang ? NSR dan RCV 2003-nya gak pernah dinyalain sejak race terakhir, RCV 2002 masih rutin dinyalain pas event2 parade lap. kita liat aja HRC mau ngasih nggak

    Guest
    • Sorry OOT,
      Kalo nanti MM pensiun dan dibikinin gelar motor kek gini, kebayang dah cuma lihat 1 livery doang….
      #kaboooorr

      Guest
      • Karena emg dari gp125 Marquez adalah program Spanyol-Repsol utk jadi legenda masa depan mereka. Motor berponsor utama Redbull pun masih ditemplokin decal Repsol.

        Guest
        • @warung kopi pffttt lu sendiri ngk tau sejarah kenapa rossi pindah pabrikan? Udah pernah ngk salah djelasin wak aji pindahnya itu karena udah ngk nyaman di internal tim, mau sesultan apapun tim kalau satu dari mereka udah ngk merasa fine lagi ya cabut donk, masih gw approve doohan walau juara di satu pabrikan doank, artinya loyalitas lah yg terpenting..
          Sedangkan mm93 masih bertahan ya karena masih nyaman dengan Haerce + dia orang yg tau diri dan tau berterima kasih…

          Guest
  7. Karena motor itu yg jadi penentu masa depannya. Motor yg nganter dia ke kejayaan. Kalo ga diadopsi (dicuri) HRC, Rossi besar kemungkinan cuma masuk Aprilia dan ada kemungkinan kecil masuk Suzuki dan belum tentu bisa jurdun dgn mudah di musim keduanya, bahkan belum tentu jadi legend. RC211V cuma sekedar penerus NSR500 dan mungkin Rossi ga terlalu respect karena di motor itu skill Rossi ga dianggap, jaman2 orang HRC kolot kaya Ducati masang banyak pembalap, plot si A naik spek nganu si B naik spek ngunu, dan selalu merasa mahakarya mereka lebih berperan dibanding pembalap.

    Guest
      • Sama aja kaya skrg, harus kombinasi motor + pembalap. Tapi emg RC211V motor paling Superior bisa dibawa siapa aja utk menang, mirip Desmogp skrg. Kejumawaan orang HRC saat itu jg kurang lebih sama dgn orang Ducati Corse jaman skrg.

        Guest
  8. diantara 3 motor itu rossi milih nsr500 tau aja nh klo 2tak hrganya gmpang digoreng huehehehe
    bandingin motor honda dgn tahun yg beruntun,sedgkan motor yamaha dgn tahun yg lompat2 bisa kelihatan perjuagan dgn yamaha yg super berliku!
    mngkin klo dlu stay di honda gelar jurdun akan lbh bnyak…tapi ga akan selegenda sekrg!
    itubsebabnya rekor statistik(prestasi di statistik rossi bukan yg ter-) ga bisa ngalahin legendnya rossi

    Guest
  9. Pas banget itu M1 2004 dijejerin ama RC211V 2003, isu jaman itu bahwa fairing M1 ngecopy RC211V jadi makin terlihat nyata dan makin nampak sbg bukti konkrit. Namanya fairing pasti bisa dinilai secara gamblang dan visual, alias semua bisa melihat tingkat kemiripannya.

    Guest
    • Coba kalo M1 2008 jg dijejerin Desmo GP7, isu bahwa M1 niru style Desmo saat itu yg jenong bulet kaya jidat louhan jg mungkin akan nampak.

      Guest
  10. bagaimanapun Jepang itu mengutamakan kehormatan dan harga diri, mungkin para petinggi Honda masih merasa Rossi belum tepat waktunya utk memberikan motor2nya, bahkan NSR 500 sekalipun,, krn yah you know lah apa yg terjadi diantara mereka,

    Guest
  11. Kalau dari ig box repsol mereka kayaknya masih bisa melunak lah ke rossi,kan sempat posting rossi gever rcv yg cheste, ngak tau dah kalau yang dari pihak HRC sendiri..

    Guest
  12. Mudah mudahan hrc ngasih nsr dan rcv ke rossi, biar sejarah lebih tercetak tebal bahwa rossi juara dunia terakhir era moto500 dan yg pertama era motogp dengan motor honda

    Guest
  13. Copy mengcopy itu hal lumrah Honda dan Yamaha saling copy ga cuma di motogp tapi ampe CB150R ama Blade 125 yg niru produk Yamaha. Jadi ya selaw aje, biasanya yg kebakaran jenglot sales.

    Guest
  14. Saat ini setelah bertahun-tahun baru pada ngomong cakep ya cakep ya..

    Nanti puluhan taun kedepan liat MotoGP (saat ini dan sebelumnya) penuh winglet juga bilang (… )

    Guest
  15. harusnya lgs tagih sama Mr Kuwata yg bos besar HRC di depan media, kmrn gak keliatan blas idungnya di konpres dan sesi foto2 itu 😀

    Guest
  16. Gw baru sadar ternyata lekukan fairing rcv cheste jadi basis cbr250rr yg ada sekarang.
    Jd kalo ada yg bilang honda keluar pakem waktu rilis desain cbr250rr gak sepenuhnya bener karna lebih tepat pake desain lawas mereka puluhan tahun lalu di motogp

    Guest
  17. Kayaknya ga bakal ada lagi masanya motor dengan livery yg nyentrik di eranya Rossi kayak RCV Cheste sama NSR Hawaii. Beruntung banget yg bisa terlahir melihat masa kejayaan itu motor secara langsung..

    Guest
  18. Livery Camel & Fiat 500 ga ada?
    Sayang jg hny motor yg mengantar juara dunia, seharusnya ditambah motor yg dinaiki saat moment yg unik, baik sekedar livery atau moment khusus dalam perjalanan karirnya, sehingga Ducati dng GP11 dan GP12 jg hadir. Setidaknya akan lbh menggambarkan perjalanan karir yg luar biasa..

    Guest
  19. Kebayang gak, kalau marques pension, dan motor yang di pamerin RCV 213 semua, warna orange semua pula, ? ya jeroan dan detail kecil pasti beda. Tapi secara umum visual nya, gimanaaa gitu. Bukan minta doi pindah pabrikan, tapi ahh sudahlah… ???

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.