TMCBLOG.com – Semenjak pertama kali generasi model year 2021 dari Honda CB500X dirilis oleh Astra Honda Motor, baru pertama kalinya ini sosok big bike medium dengan genre motor Adventure ini dipajang/diperlihatkan untuk umum yakni di ajang pameran GIIAS 2021 dan TMCBlog baru pertama ini melihat dengan mata kepala sendiri dari salah satu volume maker penjualan big bike Honda ini.

Secara umum memang jika dilihat dari desain mendasar dari CB500X ini terlihat tidak berubah jauh dari generasi sebelumnya, terlebih lagi jika kita melihat ke area mesin dan sasis. Mesin masih dua siinder sejajar 471cc yang disupport sasis baja tubular dibawa dari jajaran CB500 sebelumnya. Mengenai mesin, yang diperbaharui terakhir pada 2019 dan tidak mengalami revisi dimensi piston apa pun untuk model 2022 ini karena masih memenuhi batas emisi Euro 5 dimana menghasilkan tenaga puncak 47hp dan torsi maksimum 43Nm. Namun Honda mengatakan varian 500 series 2022 ada sedikit revisi setup untuk meningkatkan ‘rasa dan karakter’ tanpa mengubah performa.

Di GIIAS 2021 ini juga TMCBlog kali pertama melihat bagaimana Honda menempatkan suspensi depan upside down Showa SFF-BP diameter 41 mm di mana fungsi peredam di satu sisi fork sementara fungsi spring/pegas di sisi fork lainnya. Suspensi ini dipadu dengan rem depan dual disc brake model wavy walau kalipernya masih kaliper Nissin jenis axial. Lihat secara langsung gini bikin TMCBlog merasa bahwa ini tuh ada aura lebih kekar hadir terpancar dari bagian kaki-kaki depan. Kenapa nggak dari dulu begini yah?

Menurut AHM, CB500X model year 2022 ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar 17,7 liter dan memberikan kemampuan jelajah lebih jauh, dengan konsumsi BBM 26,8 km/liter mode WMTC (World Motorcycle Test Cycle). Banderolnya saat pertama kali dirilis 192 jutaan Rupiah bro.

Taufik of BuitenZorg

9 COMMENTS

    • Kalo di liat kok yg 150 gambot nya lebay bener yaa kalo di bandingin sama yg 500 aja masih bisa kalem.
      Andai ga selebai itu kondom nya yg 150. Kasian mesin nya keliatan kecil bgt grgr half fairing nya ngegembung

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.