TMCBLOG.com – Saat beberapa bulan yang lalu Honda CB150R dirilis Oleh AHM Kita lumayan Kaget dengan shifting Riding style yang ditawarkan dimana dengan handlebar Baplang dan raiser tinggi saat itu CB150R seperti diarahkan Ke penggunaan Touring . . . Dan welah dalah ketika kemarin Honda CB150X dirilis, hal ini semakin membuat tmcblog berfikir, kayaknya memang 2021 AHM sedang memainkan Grand Strategi Khusus Di Segmen Sport 150 cc NakedBike dimana arahnya Dibuat Lebih ke Segmentasi Touring dan Adventure. Secara umum saat ini AHM sudah punya 3 varian Adventure yang siap melahap berbagai Kondisi yakni CRF150L, CB150R StreetFire dan CB150X. Nahhh Seperti apa Diferensiasi yang dibenamkan pada CB150X ini dibanding saudara terdekatnya CB150R streetFire ? Simak pembahasan kupas tuntas ala tmcblog berikut ini sob

Menurut apa yang bisa tmcblog kunyah dari sesi Q&A kemarin, Mesin CB150X menggunakan Basis mesin dari Honda CB150R dan CBR150R Mengenai detail apakah ada perubahan di rasio Transmisi ataupun di rasio Final gear AHM pada umumnya masih belum bisa menghadirkan sampai Grand Launching yang rencananya akan dilangsungkan pada Desember 2021 nanti.

Mengenai Sasis dari CB150X ini AHM kepada tmcblog menjelaskan bahwa secara umum basisnya Juga berasal dari truss Frame ( Sasis Tralis ) yang dipakai Di CB150R SF dan CBR150R, namun tentu ada perbedaan di Daerah stay atau Braket Bodyworknya. Seperti kita ketahui styling dari tangki dan Headlamp depan CB150X sangat ebrbeda dibandingkan CB150R dan CBR150R

Mengenai suspensi depan, CB150X menggunakan Suspensi Showa SFF BP dengan spek diameter 37 mm yang sama dengan CB150R dan CBR150R, namun Travelnya berbeda. Jarak main panjang, mencapai 150 mm. Secara Panjang Suspensi Depan Upside down SFF BP CB150X berada di antara Panjang Suspensi depan CB150R SF dan CRF150L

Bukan hanya lebih Panjang, Suspensi depan CB150X yang menggunakan Brand Showa ini memiliki Karakter Lendutan yang Lebih empuk dibandingkan karakter damping dari Suspensi CB150R SF dan CBR150R. Namun Jika dibandingkan Dengan suspensi depan CRF150L, Karakter Suspensi CB150 Kalah Empuk sob.

Naik ke bagian atasnya yakni bagian handle . . Saat tmcblog tanya kembali, AHM menjelaskan bahwa secara umum setang yang digunakan CB150X sama dengan Setang Fatbar tappered yang digunakan di CB150R SF. Namun Raisernya beda sob. raiser di CB150X lebih tinggi dibandingkan Raiser setang di CB150R SF

Segitiga ergonomi pada bagian jok CB150X walaupun terlihat sama dengan Jok CB150R SF, Namun ternyata berbeda sob. Jok CB150X menurut AHM lebih lebar Untuk bisa mendukung Posisi riding jarak jauh Yang lebih nyaman. Mengenai Tingkat keempukannya AHM bilang agak relatif tergantung siapa yang mencobanya.

Lalu Kita Beralih ke Kaki Kaki belakang dimana Suspensi Monoshock linknya berbeda dibandingkan CB150R SF. Menurut Honda kepada TMCBLOG Dimensinya Monoshock Showa pada CB150X Lebih panjang dengan Karakter variabel Damping lebih keras dibandingkan dengan Monoshock pada CB150R SF. Hal ini sudah menjadi Riset dari AHM dimana Penggunaan CB150X akan dipakai menghadapi medan jalan yang lebh sulit dari Pada penggunaan CB150R SF

Selain Suspensi Monoshock belakang, Kaki kaki belakang dalam hal ini Swingarmnya berbeda dibandingkan dengan CB150R SF dan CBR150R. AHM belum mau mengungkapkan detailnya, namun secara Umum Swingarm CB150R dibuat dan di desain Khusus Dan Unik Khusus untuk CB150X

Honda CB150X pakai panel meter full digital seperti milik CBR150R yang Isinya ada takometer, spidometer, gear position, odometer, tripmeter, fuelmeter, fuel consumption dan jam. Area lampu, seperti saudaranya CBR150R dan CB150R, CB150X dibekali lampu yang seluruhnya jenis LED dengan dua Cluster Reflektor. Bagian Panel saklarnya di sisi kiri telah ada tombol passing. Tangki bahan bakar berkapasitasnya cukup besar, bisa menampung 12 liter bensin.

Uniknya sisi atas tangki motor yang dijual dengan kisaran harga Rp 32-35 juta ini dilengkapi ornamen yang seakan menyatu dengan half fairingnya, semacam Pegangan yang diperkirakan Untuk kaitan tank bag atau sebagainya. . . . Wahhh Inden satu Nih kayaknya saya euuy

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

49 COMMENTS

      • 2 tahun terakhir saya belum lihat apa itu yg namanya mio gear, jangankan mio gear freggo saja saya 1 thn lihat hanya sekali di jalan..

        Oh ya,,,,saya tinggal di tangerang, sewan Neglasari. Keseharian saya adalah jalanan Sepatan, pakuhaji, Rajek, kedawung karena kerjaan, mesti begitu keadaanya..

        No Hoax !!!

        Guest
        • Beugggh, jalan kanan kiri jalur kayak pasar itu, sepanjang jalan puluhan km isinya kaki lima semua, koemoeh

          Guest
      • Saya tinggal di Cikarang, disini populasi motor trail bejibun baik itu KLX maupun CRF, bahkan banyak karyawan cewek berjilbab di PT berangkat kerja naik CRF (baik yg standart maupun dimodif Supermoto). Genio juga lumayan banyak populasinya. CB Verza ada tapi sepertinya masih banyakan Verza lampu lancip.

        No hoax

        Guest
  1. Tanpa saingan dimari melenggang sendiri di kelas 150, adanya versys 250 doang, diprediksi bakal menguasai pasar adventure ini

    Guest
  2. ini sebagai taruhan AHM dengan model baru untuk pasar Indo
    mengingat dulunya CS1 belum bisa diterima pasar
    tapi dengan penjualan CBR/CB150R laris dan banyak kesamaan part nothing to lose lhh

    Guest
  3. Motor bungkusable tahun ini , yah walo body belakang g sempurna,g ada penyesuaian, tp g papa,modif dikit, kasih panier dah cakep, windshield ganti lebaran dikin, kasih handguard dah, roda ganti jari2,ban enduro, cakep abis, tenaga mesin untuk adventure gak terlalu memalukan

    Guest
  4. Perkiraan awal kirain harganya bisa setara atau bahkan diatas cbr, ternyata mepet crf, tapi melihat peruntukannya kayaknya ga bakal makan pasar sodaranya sendiri kayak matic brand sebelah..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.