TMCBLOG.com – Melaporkan langsung dari WSBK Mandalika, Bukan hanya mengonfirmasi pembalap Yamaha asal Turki -Toprak Razgatlioglu sebagai juara dunia baru World Superbike untuk musim 2021, pada dua balapan terakhir di sirkuit Mandalika, Lombok  Yamaha juga mengkonfirmasi banyak titel kejuaraan balap sepeda motor produksi massal level tertinggi dunia ini. Sirkuit berkarakter flowing di pesisir selatan Lombok juga jadi tempat di mana Yamaha memperoleh triple crown dan juga banyak titel-titel lainnya.

Mengawali race weekend dengan keunggulan 30 poin, Toprak berhasil mengurangi ‘damage point‘ dari Rea hanya sebanyak 17 poin. Secara umum klasemen point akhir menunjukkan bahwa akhirnya Toprak Razgatlioglu berhasil mengakhiri musim dengan total nilai 564 poin dan berada 13 poin di depan juara tahun sebelumnya yakni Jonathan Rea dari Kawasaki. Di jajaran Top 10 musim ini selain Toprak dan Rea juga ada Redding, Locatelli, Rinaldi, Van der Mark, Gerloff, Lowes, Bassani, dan tak ketinggalan Bautista.

13 poin juga menjadi jarak pembeda dari Yamaha (607 poin) peraih titel juara manufaktur WSBK 2021 ini ke pabrikan selanjutnya, namun kali ini bukan Kawasaki melainkan Ducati yang meraih 570 poin. Titel ini menghadirkan poin pembalap terbaik dalam satu pabrikan yang finish dalam satu balapan.

Duet Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli juga berhasil membawa Pata Yamaha With Brixx menjadi juara di kategori team. Jarak team ini ke team terbaik kedua (Aruba.it Ducati) adalah 72 poin diikuti oleh Kawasaki Racing Team di posisi ketiga.

Yamaha juga lagi-lagi meraih gelar juara tim independent terbaik di mana GRT Yamaha yang dibesut oleh Garrett Gerloff dan Kohta Nozane berhasil unggul sejauh 82 poin dari tim independent terbaik kedua yakni Motocorsa Racing Ducati yang hanya mengandalkan satu pembalap muda cemerlang asal Italia, Axel Bassani.

Selain itu juga dengan nangkring di posisi 4 klasemen akhir, Andrea Locatelli keluar sebagai Rookie terbaik WSBK 2021. Bisa terlihat walaupun ini adalah kali kedua Yamaha meraih gelar juara dunia WSBK setelah sebelumnya terjadi di musim 2009 bersama Ben Spies, namun akhirnya Yamaha sanggup menyapu bersih semua titel kategori di kelas WSBK tahun 2021 ini sob. Kombinasi antara motor yang digdaya, pembalap pembalapnya yang memiliki talenta dan skill tinggi serta tentunya team yang solid di 2021 ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

List Juara Dunia WSBK 1988-2021

2021 Toprak Razgatlioglu Yamaha
2020 Jonathan Rea Kawasaki
2019 Jonathan Rea Kawasaki
2018 Jonathan Rea Kawasaki
2017 Jonathan Rea Kawasaki
2016 Jonathan Rea Kawasaki
2015 Jonathan Rea Kawasaki
2014 Sylvain Guintoli Aprilia
2013 Tom Sykes Kawasaki
2012 Max Biaggi Aprilia
2011 Carlos Checa Ducati
2010 Max Biaggi Aprilia
2009 Ben Spies Yamaha
2008 Troy Bayliss Ducati
2007 James Toseland Honda
2006 Troy Bayliss Ducati
2005 Troy Corser Suzuki
2004 James Toseland Ducati
2003 Neil Hodgson Ducati
2002 Colin Edwards Honda
2001 Troy Bayliss Ducati
2000 Colin Edwards Honda
1999 Carl Fogarty Ducati
1998 Carl Fogarty Ducati
1997 John Kocinski Honda
1996 Troy Corser Ducati
1995 Carl Fogarty Ducati
1994 Carl Fogarty Ducati
1993 Scott Russell Kawasaki
1992 Doug Polen Ducati
1991 Doug Polen Ducati
1990 Raymond Roche Ducati
1989 Fred Merkel Honda
1988 Fred Merkel Honda

45 COMMENTS

  1. Gila nih yamaha bener2 kebalikan sama hodna
    BTW pesen artikel dong wak haji penasaran berat krn para pembalap2 turki rata2 mentereng gak cuma hore2 doang dan rasanya ini terjadi secara mendadak akhir2 ini doang ….Luar biasa….
    kali aja bisa jadi inspirasi buat pembalap2 sini

    • betul…bagus juga tuh bikin artikel tentang Turki di kancah balap motor..
      kalo diliat2 ngga ada dalam peta penjualan motor..
      takenta juga ngga sebanyak spanyol..italy..tapi cukup mumpuni
      beda dengan amrik yg redup padahal penjualan motor wah banget di sana
      Kalo sedikit banyak tentanh Stoprak..dibahas di websitenya Wsbk..

    • Kalo di TMC blog jangan ragukan om untuk totalitas jurnalisnya beritanya serba apdet tanpa dikurangi suatu apapun.. Beda dengan yg lain hehehe

    • wak Haji mah update oom..entah yg di sonoh…keyboardnya bukan qwerty kali..
      baru aja finis dah keluar updatenya..
      Yamaha banyak juara, harus dibarengi dengan marketing yang luar biasa…
      maklum 2021 tinggal sebulan lagi…maret dah mulai musim 2022

  2. sayang bgt ga ada superpole race di hari ahad kemaren,, padahal lumayan tuh buat bantu2 Rea, meskipun juga lumayan berat sih, Toprak juga kuat di Mandalika kemaren,
    paling yg misuh2 Bassani yg gagal merebut juara rider independen,

    • Warung sebelah yg “beneran” ya? Wah, udah lama saya meninggalkan blog jurnalis bayaran itu. Harga dirinya sdh digadaikan itu sih

    • Tau sama tau lah ..
      Dulu lucu pas SBK kualifikasi..
      Yamaha terseok-seok , ada beritanya..

      Pas balapan Y yg juara ,,, Gak ada beritanya keluar ???

      Cukup tau sama tau.. pokonya Kalo kejadian hal aneh di Y , pasti ada di sana kalo yg bagus berat

    • Wkwkwk… Blogger ternakan ahond ye?

      Ane jg dah males maen ke warung beneran itu… Judul bnyk clickbait, Bahasa lebay, giring opini, komennya banyak buzzer ternakan…

  3. Blog yg paling update dan fair pemberitaannya,,salut wak haji,,
    Ada yg liputan jauh2 ke mandalika tp g ada artikel siapa juara dunia wsbknya

    • Kebanyakan cuma sekedar ikut rame2 doang nonton balap dgn privilege, ada wartawan media gede aja tulisannya malah cuma nyadur media lain padahal dia hadir wkwkwk

  4. Anjay record terbaik kayaknya ini. Susah bisa disalip pabrikan lain. 1. Juara dunia,2 juara konstruktor,3juara team,4 juara rookie,5 juara team independent. Blm lagi ditambah juara wss600.

  5. Sejak di seruduk Gerlofe emg Toprac keliatan lebih dewasa dan ga terlalu meledak2, untuk lawan mr consistent, ga ada cara lain selain ikutan konsisten jg. Kesampingkan regulasi konyol, minimal Kawasaki jadi sadar mereka udah ga bisa lagi jualan motor yg biasa aja ato cuma minor change. Harus beneran bikin superbike ekstrim biar kalo dijolimi penyelengara dengan rpm terendah lagi bisa ngelawan. ZX10RR selain girboks kaset teknologinya udah usang, girboks kaset aja jadi fitur yg sia2 semenjak wsbk ga bebas gonta ganti rasio lagi kaya sebelum dipegang Dorna.

  6. Wak agak oot
    Gimana so far penyelenggaraan panitia mandalika
    Lagi rame nih berita katanya pemegang paddock pass vip dari dorna disuruh menyingkir karena ada rombongan bumn datang mau area vip situ clear dari selain rombongannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here