TMCBLOG.com – Bicara mengenai helm dengan spesifikasi yang keren dari KYT, salah satunya adalah varian NZ-Race. Varian ini merupakan salah satu produk dari PT. Tarakusuma yang sudah lolos sertifikasi FIM yang artinya dapat digunakan saat balapan sekelas WorldSBK dan MotoGP sekalipun, jika pembalapnya menginginkan. Di sekitar tahun 2020, PT. Tarakusuma sempat menjual varian helm ini dengan jumlah yang dibatasi hanya 600 unit saja dan hadir dengan livery spesial juara Lorenzo Dala Porta. Nah, di penghujung tahun 2021 ini TMCBlog memperoleh informasi dari sumber internal bahwa KYT dalam waktu dekat akan menjual secara lebih luas lagi varian NZ-Race untuk pasar domestik Indonesia.

KYT NZ-Race pada dasarnya jika dilihat secara fisik dari luar memang menyerupai varian helm balap sebelumnya dari KYT yakni NX-Race. Bentuk shell terluar, spoiler aero di atas, ventilasi depan dan ventilasi di dekat dahi disinyalir kuat akan punya model yang sama. Perbedaan terletak di bagian spoiler belakang yang lebih panjang, sistem ratchet dari visor dengan baut terekspos dan kehadiran tear-off stopper tentunya NZ-race tidak di desain Double Visor tentunya. NZ-Race akan mengadopsi emergency quick release yang tentunya merupakan salah satu unsur penting yang dinilai dalam homologasi FRHP (FIM Racing Helmet Programme).

KYT NZ-Race akan mulai didistribusikan untuk umum dan dapat diperoleh di dealer dealer helm mulai Desember 2021 yang akan datang. Satu grafis spesial yang sudah disiapkan adalah grafis replika pembalap MotoGP Aleix Espargaro, warna-warna lainnya belum ketahuan, namun dua warna solid yang kemungkinan besar hadir adalah matte black dan gloss white. Berapa harganya? Belum ada finalisasi harga sampai saat ini, namun sumber dari KYT menginformasikan kami bahwa harganya dipastikan akan berada di atas harga NX-Race.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

30 COMMENTS

  1. Ayo ngabers … Goreng lg harga nya dan goib kan barang nya … Harga seken lebih mahal drpd harga baru nya

    Guest
    • Tinggal Di adu aja Shell nya,yg pecah duluan berarti yg lebih murah tapi harganya digoreng pake minyak jelantah

      Guest
    • Tau tuh padahal arai yg bulat Sukro tapi detailnya bisa beda beda bentuk vent nya

      Apalagi Shoei,yg lebih dinamis lagi bentuknya tiap tipe tapi tetep ada ciri khasnya

      Guest
    • Kalau sampe ganti jalur vent, kudu bikin moldingan lagi bro. Yang berati ngeset ulang semua mesin produksi. Mahal.

      Beberapa brand helm lokal aja ada yang masih pake mesin moldingan dari helm jadul ampe sekarang kok :v entah oper brand, atau pabriknya bekas brand anu, dibeli sama brand anu jadi bisa bikin shell yang sama. Ada aja dech. Ada juga yang masih impor sama pabrikan helm keroyokan di luar negeri macam Snail yang keroyokan sama merk lain di pabrik di Cina.

      Guest
      • FYI utk helm berbahan fiberglass ato karbon, jalur air vent masih di bor di mesin tersendiri, bukan langsung dari molding. Kalo kasus C*gloss sih, gw rasa akibat KBC ga sabaran dan buru2 pergi, padahal pasarnya udh mulai ngeh sama merk dan tipe itu. Jadinya C*gloss tinggal beli mesin2 produksi dan bikin ulang decal doang.

        Guest
        • fiberglass ini yg grade nya agak tinggi ya ?

          ya berati alesannya males riset ulang buat si desain airflow

          Guest
  2. Jadi apakah aleix dan rider gp lain akan pakai nz race? Rasanya kurang gitu ngak kayak saudaranya yg versi gp mirip sama versi massal

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.