TMCBLOG.com – Menyusul akhir yang mengecewakan pada kejuaraan dunia MotoGP 2021, Red Bull KTM Factory Racing hari ini resmi mengumumkan kepergian bos tim Mike Leitner. Leitner sendiri telah menjadi bagian awal project MotoGP KTM sejak mereka kembali ke kelas utama pada tahun 2015, tetapi tahun 2022 akan banyak berubah.

Mantan crew chief dari Dani Pedrosa ini akan bertransisi ke pos konsultan. Belum ada informasi resmi dari KTM tentang penggantinya, namun, berbagai laporan media telah mengaitkan bos Pramac Racing saat ini Francesco Guidotti di posisi yang ditinggalkan oleh Leitner tersebut.

Leitner awalnya datang ke departemen balap KTM dan membantu membangun tim penguji yang mulai mengerjakan KTM RC16 pada 2015 dan kemudian bertransformasi menjadi tim MotoGP KTM Red Bull yang resmi pertama kali turun ke grid pada akhir 2016 di Valencia.

Pit Beirer, KTM Motorsports Director: “Mike telah menjadi tokoh kunci dalam misi kami untuk menantang [ pabrikan dan tim] terbaik di dunia road race. Bersama-sama kami menciptakan struktur MotoGP dengan staf yang tepat dan pengendara yang tepat sertag mencapai hasil luar biasa di puncak olahraga. Kami mulai membangun RC16 kami dan seluruh rencana dari selembar kertas kosong dan di bawah bimbingannya kami mengumpulkan tim yang hebat; tim yang mengambil tantangan MotoGP.

Sekarang, setelah tujuh tahun bersama, kami memutuskan untuk mengatur ulang kepemimpinan MotoGP kami untuk masa depan, dan saya tidak dapat mengungkapkan betapa kami ingin berterima kasih padanya untuk semua pekerjaan yang dia lakukan dalam proyek ini. Mike mendorong sangat keras untuk membawa kami dari belakang grid ke barisan depan dan dedikasinya telah menjadi bagian utama dalam kisah sukses kami.”

Sejak 2017 Lietner telah menjadi bagian penting dari manajemen dan organisasi balapan KTM MotoGP dan telah menghasilkan lima kemenangan dan 13 trofi dalam waktu kurang dari setengah dekade kompetisi Grand Prix. Dia berperan penting dalam mengantarkan podium pertama KTM dengan pembalap Pol Espargaro yang finish urutan ke-3 di Gran Premio de la Comunitat Valenciana 2018.

Pada tahun 2020 ia pun masih menjadi salah satu bagian dari kemenangan perdana KTM, yang dicetak oleh Brad Binder di Republik Ceko serta lebih lanjut pada tahun 2021 plus tiga kemenangan yang diraih oleh Miguel Oliveira di GP Austria, Portugal dan Catalunya dalam dua musim terakhir.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

21 COMMENTS

  1. Guidotti, kenyang seluk beluk Desmo,
    udah dapat seluk beluk RCV, skrg KTM mulai beralih ke Desmo,
    make sense, mengingat Desmo adalah motor paling kompetitif musim ini,

    Guest
  2. Apa karena kasus musim ini ? Ktm “terlalu pede” motor mereka yakin sudah kompetitif sampe akhirnya fokus ke motor 2022. Eh gataunya malah jeblok hasil diakhir musim ini.

    Btw leitner kabarnya ke suzuki tuh dan apakah pedro kemungkinan cabut juga ?

    Guest
  3. acuan motor kencang beralih ke ducati. sebenarnya ktm keliru rekrut leitner dari rht padahal sukses karena faktor marc

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.