TMCBLOG.com – “Sirkuit International Sentul pernah menjadi tuan rumah MotoGP tahun 1996-1997 di mana tahun 1997 Valentino Rossi juara di kelas 125 cc. Tahun depan (2022) sirkuit ini akan direvitalisasi dan didesain ulang sehingga akan reborn menjadi salah satu sirkuit internasional terbaik di dunia menemani Mandalika.” Begitu tulis pak Gubernur Jawa Barat – Ridwan Kamil (RK) yang punya kompetensi sebagai arsitek mengenai sirkuit terbesar di Propinsi Jawa Barat ini.

Ini adalah sebuah upaya reinventing dan revitalisasi dari salah satu sbersejarah untuk masyarakat motorsport Indonesia. Nama sirkuit internasional Sentul yang berada di wilayah Jawa Barat rencananya akan berubah menjadi ‘West Java Sentul International Circuit’ yang akan menggelar berbagai ajang balap internasional. Dan RK tidak hanya sekedar memberikan wacana, ia bahkan menyodorkan rencana desain ulang sirkuit ini.

Jika saat ini sirkuit Sentul memiliki panjang lintasan 3,965 km maka setelah diupdate nanti akan memiliki lintasan yang 130 meter lebih panjang atau lebih tepatnya total panjang 4,198 km. Jika sebelumnya sirkuit Sentul memiliki total 14 tikungan (9 kanan, 5 kiri) maka pasca perombakan, jumlah tikungan ini akan bertambah. Di antara tikungan yang diubah adalah tikungan 3 dan 4, tikungan S kecil dan tikungan terakhir.

Menurut Motorplus, Ridwan Kamil mewakili Pemda Jabar yang memiliki warga 51 juta jiwa bertekad bekerja sama dengan IMI dan pengelola sirkuit Sentul untuk melahirkan kembali kompleks sirkuit Sentul sebagai salah satu pusat pengembangan olahraga, mobilitas, dan juga ekonomi sektor otomotif di Indonesia. “Kalau NTB punya Sirkuit Mandalika, maka Jabar punya West Java Sentul International Circuit, mohon dukungan dari semua pihak,” tutur RK yang kerap dipanggil warganya dengan sebutan Kang Emil.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

78 COMMENTS

    • Pesimis

      ntu sirkuit udah gak bisa di kondisikan lagi, paling mentok gelar event nasional kalo pun sudah di ubah sana sini, kalo buat event international sekelas Wsbk,Motogp,F1 dan yang setara atau dibawahnya dikitlah, Big No menurut saya.

      Mandalika udah paling oke tinggal penyempurnaan beberapa poin di sirkuit dan fasilitas pendukung di luar sirkuit.

      Guest
    • Sentul itu ga jadi terus di renov karena kuat unsur politis sih menurut ane…. Secara dulu yg pertama buat kan keluarga “pohon” dan yg punya sekarang pun masih ada kedekatan dengannya.

      Sedangkan yg berkuasa sekarang dari keluarga “banteng” yang dahulu pernah di lengserkan oleh si pohon ini. jadi semacam ada gengsi2an kalau yg dibangun si Sentul ini duluan. Jadilah Mandalika yg di dahulukan, selain memang lebih worthed untuk mengangkan pariwisata lombok.

      Semoga RK yg tidak punya beban background dari kedua keluarga itu bisa dengan lancar melakukan perubahan sirkuit bersejarah ini. Biar gimanapun Sentul punya keunggulan lebih dekat untuk dijangkau karena berada di wilayah jabar yg berdekatan juga dengan jabodetabek dan bandara Soetta.

      Guest
      • palingan jawabannya kayak yg udah2..:
        “maaf mohon dimaklumi, ini tanah kami, bukan tanah negara.. kami mendoakan semoga pemerintah mendapatkan kemudahan dalam proses wacana2 dunia motorsport ke depannya..”
        amiinn… salaman, pulang…

        Guest
  1. ini udah yg ke berapa kali Sentul masuk wacana akan di rombak,, dulu bahkan Herman Tilke langsung yg desain revisi Sirkuit Sentul tapi ujung2nya gagal dieksekusi, ada juga Sirkuit Jakabaring yg berakhir hanya di atas kertas,

    Bukan pesimis sih, tapi ambisi utk menjadi salah satu sirkuit terbaik di dunia bukan sebuah ambisi yg mudah diwujudkan, ada banyak kepentingan disana,
    eh btw, Sentul masih punya nya anak Pak Harto ga sih ??

    Guest
      • Mandalika yang rancang sepertinya bukan helman tilke…
        Ada sumber mengatakan Populous…
        Ada juga yang mengatakan MRK1…

        Guest
    • kalau ciri khas herman tilke itu pasti ada tikungan patah yang harus diambil pakai gigi 1. kalau mandalika sepertinya flowing circuit ya tidak ada tikungan patah yang jadi ciri sirkuitnya herman tilke

      Guest
    • Ini pun sebenernya base nya masih pake desain herman tilke. cuma ada perubahan dikit.

      Sentul masih punya anak pak Harto? bukan, sekarang punya Tinton Soeprapto. Tapi sepertinya Tommy masih ada di belakang layar sirkuit ini. Secara banner Grup Humpuss (perusahaan milik Tommy) masih terpampang di sirkuit ini.

      Guest
  2. Semoga terlaksana aja lah.biar banyak pilihan kalo mau gelar balap super sport,atau superbike.masak kalah sama thailand & malaysia yg udah punya event lokal superbike.
    Kalo bisa dibikin lay out yg bisa dirubah di beberapa tikungan.biar kalo ada event lokal bisa dipakai beberapa kali tapi dengan lay out berbeda.

    Guest
  3. Yang harus dibereskan di Sirkuit Sentul bukan hanya perubahan bentuk layout sirkuitnya, tetapi fasilitas penunjang, rumah2 warga yg mulai nempel sirkuit, juga akses masuk kesana. Aksesnya terlalu kecil dr keluar pintu tol dan sering macet disitu…

    Harus membebaskan rumah2 yang mepet jalan masuk. Harus mengilangkan preman2 yg ada disana jg

    Guest
  4. Mekanisme pembiayaannya seperti apa? Dari APBD atau swasta. Kalau dari nama sirkuitnya yg berubah menjadi West Java, sepertinya Pemda yg akan mengeluarkan dana. Entah membeli sirkuit atau hanya menyewa sirkuit tersebut untuk dibranding nama Pemda.

    Semua demi 2024, dan selalu ada nama BS disitu.

    Guest
  5. Gw ragu sih. Apalagi keliatan kalo ambisinya adalah agar ga kalah dgn Mandalika. Asalkan dikerjain serius dan bukan dgn tujuan politik, pasti warga negara kita bakal bangga karena dgn begitu Indonesia bisa gelar motogp dan wsbk lebih dari sekali. Kaya di mxgp. Kalo mxgp sih berhubung sirkuitnya tanah lebih mudah bikinnya karena orang kita udah jago nebas kebon ato hutan dan ngurug tanah merah.

    Guest
  6. Kalau tembus si sirkuit mau dipegang ama Pemda Jabar sih… hmmm… hmmm

    Kmren pas Mandalika dah fix jalan aja lgsg langkah darurat ngelapis ulang aspal hihihi. iya aspal doang, makanye aspal dah mulus tapi problemnya sekarang banyak pasir hihiih

    Guest
    • Kadang memang gitu, Bang… Saya jg sama… Akhirnya setiap mau klik kirim, saya copy dulu tulisan saya… Jadinya ketika komentar saya tidak masuk, saya tinggal paste tulisan saya untuk dikirim ulang….

      Guest
      • Saya udah pake jurus copy juga, kalau ga masuk ya revisi, ga masuk lagi ? klo komennya penting saya kirim ke device lain dulu malah baru komen dari sana

        ini saya ampe bingung 4 5x ganti komen salahnya ya di mana.. keyword kali ya ? ah di komen lain juga ada keyword itu. badword ? ga pake 🙁

        Guest
  7. Ademnya liat diskusi dikolom komentar kaya gini, warung sebelah kolom komentar udah kronis banget isinya jas jos jas jos tai kucing

    Guest
  8. dari dulu masalah sentul mau diperbaiki itu mentok di duit. ini sirkuit milik swasta, ga serta merta pemerintah bisa masuk, selaku gubernur RK ya mau mau aja, tapi ya ga sebodoh itu juga pemprov masuk. jangan ngulangin kebodohan gubernur Aher bikin bandara kertajati.

    Guest
  9. Ini sirkuit perizinannya susah karna yg yg punya pun ehm… Alias milik pribadi, jadi mesti bolak balik ijin ke keluarga besar ehm… Beda sama mandalika yg emg statusnya di pegang bumn sektor pariwisata, budget pengembangan ny gak ada urusan sama menpora yg korup itu ato pihak pribadi kayak sentul

    Guest
  10. Daripada di sentul lebih baik bangun disebelah GBLA, jadikan kompleks olahraga, biar kepake itu stadion. Akses juga ada kereta cepat, sebelahan tol, dari kertajati deket

    Sentul sih sudah ampas, apalagi nanti halim bakal khusus jadi militer doang, lari ke soetta semua makin kusut aksesnya

    Guest
    • Geser ke sisi Bogor yang lain aja gapapa kok. Toh juga yg rutin kesana kebanyakan pada pake towing semua wkwkwk

      Dibikin kecilkecilan kaya sirkuit GBT Surabaya juga dah cukup bisa meramaikan ituu

      Guest
  11. Emang bisa lebarin run off dan gravel biar bisa memenuhi ketentuan safety?,at least Asia superbike lah

    Gusur pemukiman padat penduduk,
    money,money,money,money…akhirnya gagal terlaksana dan cuma ditambal pake semen lagi 😁😁

    Guest
  12. itu milik swasta kan ya
    kalopun pemprov jabar mau masuk, mungkin dengan skema beli berapa persen gitu

    sebagai warga jabar, saya dukung
    secara ekonomi, saya yakin lebih banyak yg nonton di sentul dari pada ke lombok

    Guest
  13. ngeliat desainnya spertinya targetnya F1 karena run offnya akan makin sempit. Soal wacana ato bukan saya no comment lah. gak ngarep juga. nanti aja kalo udah ada kerja nyatanya baru tuh bisa berharap.

    Guest
  14. pemegang saham mayoritasnya ini tomi suharto coy.
    kalopun dibantu pemerintah paling oleh pemda lewat hibah apbd, tapi apa kalian rela kalo yang punya sirkuit ini juga diuntungkan?.
    gw berharap kalo ga usah ada bantuan berupa dana lah baik dari pemda ataupun pusat. si tomi duitnya masih banyak lah hasil nabung bapaknya dulu.

    Guest
  15. Pling hanya sebuah pemanis menuju pemilu. Sperti halnya jakabaring, yg udah mendatangkan dorna dan tilke bhkan udah psang spanduk gede dulu welcome MotoGP jakabaring 2018, ehh stlah pilkada selesai selesai juga wacana tsb

    Guest
  16. Saya kok sangat pesimis kalo sentul akan “dihidupkan” lagi untuk jadi sirkuit internasional balap motogp.
    Bukan apa² karena jalannya sangat sempit juga rumah penduduk sudah padat

    Guest
  17. Ini layout bukannya sudah pernah beredar? Klo beneran direalisasikan ya bagus juga sih, jadi Indonesia bisa punya 2 Sirkuit bertaraf internasional.

    Guest
  18. Btw ini kan sirkuit swasta trus mau dibiayai negara gitu ?? Emang bisa ya??? Wah enak banget tuh brati yg punya sentul, rejeki nomplok stlh bobrok bertahun2 dapet durian runtuh dibenerin negara
    Kalo niat mau ngelola sentul ya mending dibeli aj sekalian trus dikelola pemprov

    Guest
  19. Lebih baik buat baru di sekitar bandara Kertajati yang aksesnya mudah dan lancar.
    Dulu waktu ada A1 sentul, SBY aja sampai harus naik motor ke sirkuit.

    Guest
  20. Sentul ga perlu ngejar motogp, buat kelas Asia udah cukup.
    Terus untuk tempat latihan pembalap nasional juga, karena kayanya mandalika ga akan bisa untuk latihan. Jadi latihannya di sentul

    Guest
  21. hilih bisa2nya RK aja nyari suara buat 2024. drpd ngerombak sentul, harusnya dia pikirin tuh gmn caranya jalanan umum di Jabar pada bener. Wong jalanan di Kab. Bogor yg notabene host-nya sirkuit sentul aja msh banyak yg berlubang segede kubangan kebo gara2 truk tambang. wkwkwk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.