TMCBLOG.com – Kirain Honda CB150X yang sudah ganteng dari lahir itu bakalan bikin modifikator puyeng tujuh keliling. Ternyata nggak juga sob, buktinya dua hasil modifikasi yang dihadirkan oleh AHM saat Grand Launching Honda CB150X berhasil membuat banyak mata terpana. Baik bergaya Rally Raid dengan mengubah ukuran rim dan ban maupun yang bergaya semi standar adventure.

Honda CB150X custom bergaya rally raid yang dibangun oleh Katros Garage terlihat sangat terinspirasi dari model Africa Twin CRF1000L. Pewarnaan yang khas Honda banget yaitu Red White Blue (RWB) di sekujur body adalah hal pertama yang mengindikasikan adanya soul dari Africa Twin di proyek custom ini. Bodynya masih menggunakan model original, namun pengecatannya yang berbeda di mana dikerjakan dengan sangat apik oleh crew Katros Garage.

Motor ini digandoli full box/case/pannier baik di samping kanan dan kiri maupun top box/case. Menggunakan produk dari Shad Terra TR48 (top case) dan Shad Terra TR36L serta TR36R (side case) dengan model alumunium hard case pannier. Ekslusif dan terkesan mahal, di mana bracket secara umum masih menggunakan bawaan Shad dengan mounting dilakukan menggunakan beberapa titik baut di motor seperti pada behel grip maupun di footpeg.

Yang menarik adalah pemilihan ban depan 19 inci yang masih diupayakan menggunakan rotor disk original. Hanya kaliper, selang rem, tromol dan ring velg yang berubah berikut juga penggunaan ban Shinko di sana. Untuk menyambungkan antara tromol dan rotor cakram, Katros mendesain satu braket tertentu yang sepetinya dikerjakan pakai CNC. Ban belakang masih 17 inci namun sudah diganti jenis velg spoke atau biasa disebut jari-jari dan sedikit lebih lebar.

Karakter custom Honda CB150X kedua dengan warna hijau army menurut TMCBlog lebih ke arah “main aman”. Motor ini banyak menggunakan parts Honda Genuine Accessories seperti tank pad dan bahkan braket box belakang. Pewarnaan catnya mengguankan model matte dengan mengombinasi warna hijau dengan coklat cerah. Jadi kayak warna-warna kendaraan tentara gitu sob.

Contoh custom ini masih menggunakan velg original, namun bannya sudah ganti menggunakan produk yang mudah diperoleh di toko ban yakni FDR, berjenis semi-block dual purpose gitu sob. Custom ini sebenarnya juga masih menggunakan gaya bawa-bawa bagasi, namun sifatnya soft bag/pannier di mana produk side bag keluaran dari Eiger hadir di sana.

Namun sepertinya saat dipakai buat turing beneran, butuh semacam braket penahan sisi samping deh agar itu tas tidak terlalu ‘ngandoy’. Kedua model custom ini juga menampilkan crashbar yang menurut TMCBlog didesain serius. Pemilihan titik mountingnya cukup bagus di mana pada sisi depan menggunakan titik baut dari front cowl sementara di sisi samping menggunakan tiga titik di sasis-engine maupun di dekat daerah footpeg. Secara umum dua hasil modifikasi CB150X ini memang sangat inspiratif bagi sobat sekalian calon konsumen CB150X sebagai bayangan dalam memodifikasi CB150X nanti.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

 

25 COMMENTS

  1. Ternyata bener pengamatan mata ini. Dari kemaren ngeliat CB150X hijau ini kok aneh di bagian saddle bagnya, yang ternyata emang bener cuma bergelantungan tanpa besi bracket.
    Dua2nya project Atenx Katros atau yang satunya proyekan Rully RAW nih?

    Editor
  2. Kalo tujuannya cm visual sih pake side box keren. Tapi kalo inget mesinnya cm 150cc, pake side bag adalah pilihan yg bijak.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.