TMCBLOG.com – Cerita bermula pada hari Sabtu 18 Desember, saya [Nugi] dapat kabar dari teman di salah toko helm terkenal di Bekasi yakni Jagoan Helm. Oke, sebut saja namanya Samuel yang ngabarin bahwa helm Suomy Track 1 sudah hadir di toko Jagoan Helm. Langsung saja minta ijin untuk cek fisik helm di hari Senin 20 Desember kemarin deh. Agak terlambat karena selama 3 hari harus mengikuti race weekend Yamaha Endurance Festival 2021 di sirkuit Sentul, jadi baru sempat Senin malam selepas pulang ngantor deh. Singkat cerita, sampai lah saya di toko Jagoan Helm yang letaknya cuma 300 meter dari tempat tinggal. Hehehe…

Oke deh, langsung saja mengenai impresi singkat helm terbaru Suomy Track 1 yang kalau diperhatikan sepintas bentuknya menyerupai gabungan antara dua helm yang sudah lulus FIM Racing Helmet Programme (FRHP) yakni Suomy SR-GP dan KYT NZ Race. Seriusan deh, ini helm seperti fusion dari keduanya. Bentuk shell, visor, rear spoiler sampai dengan posisi ventilasi udaranya mirip-mirip antar kedua helm tersebut. Hal yang wajar karena Suomy sendiri saham mayoritasnya sudah dibeli oleh KYT, jadi bisa banget transfer teknologi dan juga sharing design satu sama lainnya.

Pertama kali pegang helm ini memang yang langsung terasa adalah bobotnya di tangan yang ringan banget, meskipun bobot helm di tangan tidak berpengaruh apa-apa karena memang helm dipakai di kepala bukan dijinjing tangan.

Setelah saya pakai, helm ini terasa sangat nyaman di kepala karena bobotnya yang ringan sehingga tidak membebani leher. Kedua, fitting cangkang bagiain dalamnya nyaman dan pas dengan bentuk kepala mayoritas orang Asia. Selain itu busa dan juga kain lining yang soft terasa nyaman di pipi. Busa tidak menekan ke bagian pipi ataupun rahang namun saya masih merasakan pegangan yang kuat dari busa untuk menjaga helm goyang dari kepala.

Jadi antara empuk busa dan kelembutan kain lining interior dalam ini pas banget. Selain itu helm ini mengakomodir pemakaian intercomm dan juga bagian busanya nyaman digunakan untuk rider berkacamata.

Dengan sistem pengikat tipe Double D Ring yang dinilai sebagai sistem pengikat helm paling kuat dan paling aman. Pada bagian ini terasa helm premiumnya, ya memang bisa dikategorikan premium karena harga jualnya Rp. 4.100.000 untuk tipe solid white dan matte black, serta Rp. 4.300.000 untuk yang tipe helm dengan motif/grafis.

Untuk bagian ventilasi helm, saya banyak dapat input dari Raditya (yang juga team dari Jagoan Helm) yang sudah mencoba helm ini sambil riding. Sebelumnya terdapat total 6 lubang ventilasi udara yang tersebar di atas sebanyak 2 buah, depan dagu 1 buah lubang, di bagian dahi ada 1 lubang dan 2 lubang pembuangan hawa interior di bagian belakang helm.

Bagian dagu atau chin vent ini yang punya perbedaan signifikan jika dibandingkan dengan KYT NX Race di mana Track 1 lebih banyak menyalurkan angin lewat ventilasi ini, area wajah sangat adem karena banyaknya udara yang masuk ketika ventilasinya dibuka. Oh iya, untuk mekanisme buka tutup ventilasi mirip dengan Suomy SR-GP yang tuas/knob-nya berada di bagian dalam helm.

Bagian visor yang terlihat mirip dan seakan bisa saling tukar dengan KYT NX Race ternyata punya detil yang berbeda loh. Bagian belakang punya perbedaan potongan visor, sehingga jika saling tukar akan menggores helm dan visor. Namun, jika me-substitusi dengan visor Suomy Stellar bisa langsung plug and play. Siapa tau sobat ingin mengganti clear visor bawaan helm ini dengan dark visor yang sementara ini belum tersedia untuk Suomy Track 1.

Mengenai pandangan mata ketika memakai helm Suomy Track 1 ini memang super luas, ketika kalian memakai Suomy Track 1 di sirkuit dan dalam posisi tuck in saya bisa menjamin tidak akan ada keluhan soal keterbatasan pandangan mata saat mengepit motor di straight. Dan visor juga dilengkapi pengunci di bagian kiri agar mencegah visor terbuka saat dipakai berkendara.

Kami tidak terlalu banyak membahas desain/bentuk Suomy Track 1 pada artikel ini. Mungkin beberapa berpendapat bahwa helm buatan Cikarang ini hanyalah KYT rebranded, tapi ternyata bukan sob, salah besar karena memang detil helm ini banyak perbedaannya meskipun punya garis besar desain yang serupa. Maka kesimpulannya, helm ini secara build quality-nya, sangat terasa finishing dan detail khas helm helm buatan KYT. Atau gampangnya sebut saja “KYT banget”.

Akan terasa perbedaannya jika kalian mengomparasi dengan Suomy SR-GP yang import apalagi dgn helm Jepang premium seperti Shoei atau Arai. Dengan harga jual di angka 4 jutaan, kalian bisa mendapatkan helm yang bisa dibilang cocok untuk segala kondisi; pemakaian harian nyaman, dipakai untuk kebut-kebutan di sirkuit juga sudah tersertifikasi untuk pemakaian balap. Demikian impresi singkat helm Suomy Track 1 kali ini, untuk review mendalamnya nantikan di vlog TMCBlog beberapa waktu ke depan ya sob. | –Nugi

Thanks to : Samuel dan Raditya dari Jagoan Helm Bekasi

13 COMMENTS

  1. Visor lock nya ada disamping ternyata,ga ditengah dan pake titanium kayak srgp

    Kirain 4 juta udah dapat keamanan visor lock yg lebih hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.