TMCBLOG.com – Untuk etape ke-lima reli dakar 2022, sepeda motor dan quad akan mengambil rute yang mirip namun jalurnya berbeda dibanding kompetitor mereka di atas roda empat. Rutenya berputar di sekitar Kota Riyadh. Khusus untuk kendaraan roda dua awalnya direncanakan sepanjang 345 km dan untuk mobil dan truk sepanjang 421 km. Trek akan diawali dengan tanah berbatu yang akan menguji tangan para pengendara, lalu mereka harus menghemat energi sebanyak yang mereka bisa untuk menghadapi bukit pasir berjarak hampir 80 kilometer yang hadir di sebagian besar trek etape ke 5 ini.

Nah karena ada dua trek yang berbeda dan berseberangan secara tempat, maka dibutuhkan sumber daya penyelamat yang juga lebih besar di trek etape ke lima ini. Dihadapkan dengan permintaan besar penempatan pesawat dan atau helikopter medis yang lebih banyak untuk didedikasikan balap sepeda motor/quad dan Dakar Classic, manajemen balapan memutuskan, tak lama setelah tengah hari, untuk menghentikan balapan etape ke lima untuk kedua kategori untuk memastikan keselamatan para peserta balap.

Yang dipertanyakan adalah bagaimana sistematika perhitungannya. Reli Dakar tidak seperti balapan pada umumnya yang dilepas start berbarengan. Mereka dilepas start dengan jeda masing-masing sehingga saat dihentikan di tengah hari ada yang sudah menyelesaikan Special Stage, ada yang masih berada di dalamnya dan bahkan masih ada yang belum masuk Special Stage.

Sebelum balapan dihentikan, Toby Price menjadi pembalap tercepat yang mencapai garis finish. Pembalap Australia itu finish 4 menit 14 detik di depan rookie Danilo Petrucci. Ross Branch menempatkan Yamaha dalam hierarki balapan di posisi ketiga dengan jarak hanya dua detik di belakang Petrucci. Namun Toby price diinformasikan terkena penalti sebanyak 6 menit karena speeding dan ini menyebabkan Danilo Petrucci naik ke posisi jawara Etape 5 Reli Dakar 2022 dan menjadi pembalapa juara seri MotoGP pertama yang menjuarai etape Rally Dakar.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

43 COMMENTS

  1. menjadi Sejarah yg unik dan kata “pertama” udah menjamin kalo pencapaian ini akan tetap milik Petrux selamanya

    • Dakar taon ini emg kecepatan maksimal 150kmh, mungkin Tobey Maguire emg ketauan melesat diatas 150 ato mungkin ada area tertentu yg ga boleh ngegas banyak. Musti cari tau di berita yg kredibel sih ato tunggu artikel di web resminya buat tau sebenernya apa penyebab Tobey dapet penalty ini.

    • Rally Dakar bukan cuma balapan top speed, tapi ketangkasan soal navigasi dipadu kecepatan kendaraannya.
      Speed limit regulation ini pun memang disetujui semua pembalap untuk menghadirkan balapan yang lebih aman.

    • Mungkin maksudnya speeding di area tertentu, karena di stage sebelumnya Petrucci kena speeding karena tidak melambat di area pedesaan, ada kemungkinan Toby Price juga mengalami hal yang sama, untuk batas kecepatan gak yakin sih dibatasi sampe 150 kph, hehehe, setahuku cuma dibatasi jumlah penggunaan ban mulai tahun lalu. Soalnya di tahun2 sebelumnya rata2 topspeed mereka bisa sampe 185 kph

    • di dakar tidak ada speed limit. hanya memang di area-area tertentu kecepatan dibatasi dengan alasan safety. Misalkan dekat dengan desa atau kota dan lain-lain. Di road book kodenya DZ. Jika melanggar kena penalti.
      Analoginya sama dengan riding di isle of man. Disana biker bebas ngegas tanpa speed limit, kecuali diarea tertentu yang dibatasi 40mph. Jika melanggar kena tilang.

      • Emg bener nick doang racingfans tapi komen2nya ga mencerminkan racing fans. Buka website resmi Dakar buat baca regulasinya apa susahnya sih?

        • Apalagi jauh2 ngomongin TT tapi ngaco. Mana ada balapan ditilang. Kalo lu cuma nonton klip Guy Martin yg bagian ketilang, itu bukan akibat ngebut di sirkuit tapi bawa motor balapnya keluar rute yg mana itu jalan raya biasa. Di TT asal masih didalem area yg ditutup buat balap, aturan lalu lintas udah ga berlaku.

    • Om akang yang terhormat. Saya kan bilangnya riding di isle of man. Bukan racing. Coba om akang bedakan dulu antara riding dengan racing.

    • Soal speed limit saya koreksi. Ternyata regulasi berubah di 2021. Gegara banyak biker yang tewas. Yang saya pikir berlaku di semua kelas, ternyata di kelas motor dan quad berbeda. Dah gitu aja.

      • – Disana biker bebas ngegas tanpa speed limit –

        Mentang2 email buat komen beda terus ga mau ngaku yak🤭🤭✌

    • Siap om saya googling nih. There is no national speed limit – some roads may be driven at any speed which is safe and appropriate. Careless and dangerous driving laws still apply, so one may not drive at absolutely any speed, and there are local speed limits on many roads.

      • Okedeh ga gw potong, berarti lu nunjukin sendiri kalo komen lu ga valid. Krn yg bikin di tilang adalah ugal2an dan berkendara secara bahaya, bukan krn ngebut🤭🤭🤭🤭

        • – Disana biker bebas ngegas tanpa speed limit, kecuali diarea tertentu yang dibatasi 40mph. Jika melanggar kena tilang. –

          Komen lu yg gw reply udah secara otomatis nunjukin komen lu yg gw copy ngawur bukan? Terus ngapa ngetik panjang2 kalo pada intinya lu sendiri bantah komen elu sendiri? Mangkanye sebelum sotau, googling dulu yak.

    • On the Isle of Man, when you see this “National speed limit” sign, it means that there is no speed limit. Technically, It’s not a free for all. It’s not the wild west. You must still ride safely, at a speed appropriate for the conditions, respecting other road users, with skill and competence, and an awareness that there is traffic in both directions, junctions, mud on the road. It’s a public road, not a closed course for racing. The police are everywhere. Be respectful, ride within your limits. Don’t be a dick. Udah cukup ya omku perintah googlingnya. This is my last reply. piss..

  2. Diluar faktor penalty jg Petrucci udah sangat impresif, emg harusnya ada di posisi ini mantan pembalap dunia dgn jam terbang diatas motor kenceng sejak usia anak2, bukan sekedar didepan amatiran. Soal problem solving di rally skill survival yg menentukan, tapi soal kecepatan ya jam terbang di balap profesional yg bicara..

  3. Petrux baper di channel redbull, ceritain dulu bapaknya bawain video vhs ttg motogp dan reli dakar yg sepulang sekolah selalu ditonton, masih ga percaya bisa memenangkan sebuah stage di reli dakar, dari awal bicara sampai akhir nangisnya ga berhenti,

  4. Dakar udah, nanti cobain mxgp atau EWC. Tapi kalo Ewc musti pindah pabrikan yah. Gabung SRT bisa hopeless pabrikan lain, wkwkwk

  5. Jujur masih bingung kenapa Petruci bisa seimpresif ini, gw yakin bukan cuma karena dia mantan pembalap GP dan fisik dia yang kuat. Rally Dakar butuh atur strategi yang matang dan tidak semudah itu Rookie bisa lakukan. Pembalap MXGP atau pun Enduro cross aja akan kesulitan apalagi ini mantan pembalap GP. Salud banget asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.