TMCBLOG.com – Terciduk gambar paten sebuah skuter matik yang memiliki desain retro modern yang mana bentuknya seperti familiar bagi kebanyakan dari kita semua. Yes, sosok motor skutik retro pada gambar paten ini cocok dengan bentuk dari motor yang terjepret spyshot di daerah Banjarnegara tempo hari. Dan disinyalir ini merupakan bentuk final dari Yamaha dengan kode BEJ AT itu.

Kenapa TMCBlog hubungkan dengan Yamaha? Karena selain bocoran informasi yang kami terima beberapa waktu lalu, sobat sekalian pun bisa dengan mudah menganalisa motor pada gambar paten ini sebagai produk keluaran Yamaha. Mulai dari sasis, bentuk mesin, CVT dan juga velg yang identik dengan produk Yamaha yang sudah ada saat ini pada varian FreeGo dan juga Gear 125. Jika sebelumnya banyak yang memberikan gelar ‘motor Squidward’ setelah melihat penampakan foto spyshot-nya yang terlihat culun, namun ketika fotoo ini muncul kok cakep juga yah.

Mari kita bedah bagian yang nampak dari gambar yang beredar ini satu persatu. Secara umum bagian belakang dari foto gambar yang disinyalir berasal dari dokumen paten ini memang sangat persis dengan beberapa penampakan yang hadir di test jalanan, lengkap dengan ban ring [berdiameter] kecil depan belakang (kemungkinan ring 12 inci) namun dengan ban berprofil besar dan lebar.

Dari bentuk kipas samping kanan terlihat bahwa kemungkinan besar bahwa motor ini menggunakan mesin yang common part dengan FreeGo 125 sob. Lalu terlihat pula skutik ini akan menggunakan konsep flat deck di depan dengan bentuk yang cukup lebar. Hadir pula knop starter yang mengarahkan bahwa akan hadir versi keyless dari motor ini.

Area stang kemudi cukup menarik. Melongo ke panelmeter/ speedometer yang berbentuk oval memanjang vertikal itu kami prediksi bakalan full digital. Sobat bisa lihat adanya tombol kecil yang kuat diduga sebagai tombol select dan me-reset MID seperti kebanyakan motor skutik di Indonesia. Eh, tapi kok ada kabel speedometer di velg yah? Hmmm.. Lalu kita bisa lihat juga hadirnya glove box terbuka dibawah kunci kontak/starter tersebut dan glove box dengan penutup di bagian kiri yang sepertinya akan juga menghadirkan semacam catu daya/charger.

Spyshot: Foto Buritan All New Yamaha Fino 2022 ?

Satu hal yang sedikit bikin penasaran bahwa pada gambar tidak terlihat lubang pengisian bahan bakar (fuel cap filler) di bagian belakang tebeng depan atau dek atas seperti apa yang ada pada FreeGo 125. Apakah memang tangki BBM motor ini akan berada di bawah jok pengendara dan menyatu dengan bagasi barang?

Skutik ini juga menggunakan fitur pengait barang ganda, baik dibagian balik tebeng depan bagian tengah maupun di bawah jok dekat kaki pengendara. Ini jelas akan menambah daya angkut dan fungsionalitas dari motor ini nantinya. Belum lagi masih terbukanya kemungkinan volume bagasi di bawah jok yang akan cukup lebar JIKA tangki bahan bakar yang pindah ke bawah dek tengah.

Sementara bagian depannya menggunakan lampu dengan model bulat dengan lampu sen berada di tebeng dengan jarak yang lumayan jauh. Dan kehadiran dua buah lubang baut di bagian tengah tebeng depan yang membuat kami yakin bahwa motor ini siap diedarkan untuk pasar skutik Indonesia (tempat bracket plat nomor/TNKB maksudnya). Lalu model palang velgnya sangat persis dengan FreeGo 125, tabung sokbreker depan dan juga cover CVT juga serupa.

Secara umum melihat foto terang benderang dan cukup lengkap semacam ini TMCBlog pribadi melihat bahwa produk ini lebih memunculkan optimisme tersendiri bahwa skutik ini akan berpotensi memberikan perlawanan yang lebih keras dibanding varian Fino terdahulu. Nggak kebayang kalau motor ini dapat sentuhan livery WGP 60 tahun Yamaha, apalagi jika Yamaha menjualnya dengan nama Filano sekaligus mau menghadirkan varian tertinggi dengan teknologi mesin hybrid ‘sederhana’ seperti Grand Filano di negeri Nguyen sana. Kayaknya bakalan keren nih! | –Nugi

 

116 COMMENTS

  1. Ambil kue scoopy lumayan tuh marketnya, yamaha harus kerja keras dlm hal desain di entry level karena jauh tertinggal dalam penjualan dibanding AHM. Semoga Sukses

    Guest
  2. Yamaha wajib melabur motor2 ini dgn warna2 pastel, pasti bakalan imut2,, yg livery WGP 60 th juga bagus tuh, unik,,

    Guest
      • Kayaknya di ring piston/blok nya, pengalaman motor punya saudara Mio soul GT oli mesin tiap bulan habis, padahal motor terawat dan ga pernah dipakai jarak jauh.

        Guest
        • saya user meong m3 gak pernah sih oli habis tiap ganti oli padahal ganti oli kalau ingat (bisa 5bulan sekali),, lagian kok kerasa banget ya ngibulnya masak motor tiap bulan oli habis ini motor tiao hari jalan keliling dunia kah?

          Guest
        • kalau patokan terawat cuma dicuci rutin berapa hari sekali, ya wajar ngebul jebol ring pistonnya

          Guest
        • Saya pakai soul GT 115 tahun 2012 sampai sekarang belum pernah bongkar dan ganti part mesin dan area cvt cuma ganti roller dan belt aja.

          Guest
        • Soul gt 2013 dipakai tiap hari 10km ganti oli 4bln sekali plus servis biasa, rutin cek deepstick penurunan oli gak signifikan…. Motor normal saja masih irit 40-50 km/liter

          Guest
    • saya punya mio J selalu saya rawat rutin juga tidak ada masalah sejak beli 2012 lalu. sekarang mau bandingin mesin matic entry di semua pabrikan itu percuma karena 11-12 kalaupun sales bilang ini itu soal mesin itu cuma gimmick saja.

      Guest
    • Bicara durabilitas mesin, honda msh yg pertama. Buktinya, sekarang mencari motor honda keluaran thn 80 an bahkan thn 70 an msh banyak. Sedang merk yamaha, maaf, cari motor keluaran thn 90 an aja sudah langka.

      Guest
      • motor 70 mesin gado gado🤣🤣🤣🤣 saking gado gadonya sampai kena buli di grup hoi karna gak ada STNK

        Guest
      • Tahun 90 an ke bawah masih honda federal nama nya. Dan kebanyakan part impor. Sejak di caplok astra kualitas turun.
        Ane mantan karyawan AHM.

        Guest
    • Produk sebelah matic 110cc yg make oli 650cc juga sepertinya ikutan vampire..

      Saya sih setuju sama kelemahan mesin mati blu kor 125,,ga tahu lemah di dinding cylinder, atau ring piston.. jadi gampang vampire oli..
      Punya saya vampire banget,,akhirnya ganti pake blok boring baja..

      Guest
      • Wkwkwk malah dibilang ngibul, terserah lah namanya fansboy juga ga bakal percaya, apa perlu gua sebutin VIN itu motor sama foto blok bekasnya atau sekalian kwitansi biaya servisnya baru percaya ?

        Guest
        • Mereka bukan masalah percaya gak percaya dgn Anda ,tetapi scara logika hanya cerita mu Yg terlalu membual berangan angan Bung akira . Saya pakai produk matic Yamaha gt bisa dua bulan sekali ganti oli karna jarak tempuh tidak terlalu jauh dan tdk terlalu dekat . Tetapi d gass poll masih wuenak aja motor nya . Walau umur 8 tahun sudah. Faktor perawatan berkala Yg saya lakukan per 2 bulan sekali adlh kunci agar motor tetap awet

          Guest
        • @All

          Gue punya motor yang dibilang orang mesin vampir, tapi gak pernah kehabisan oli tuh. Apalagi KATANYA bisa kehabisan oli tiap bulan walaupun sudah dirawat secara rutin. Mesin udah pernah bore up stroke up sampe sekarang balik standar lagi. Belom ngalamin yang di BC-in orang orang.
          Khuznudzon aja, kayaknya sih emang gue yg pandai merawat motor “jelek”. Wkwkwk..
          Atau gak., mungkin juga beliau yang ada di cerita di atas itu pakenya oli murahan atau oli rebusan daur ulang, atau mesinnya yang bermasalah. Sebab, ini cuma sebatas cerita dari satu orang anonim yang begini. Hehehe..

          Editor
        • @Akira Nah boleh bor, lu kirim ke DM gue. Bebas bisa pilih via instagram @nugrohoprat atau Twitter @nugiepratomo .
          Kalo malu, bikin akun bodong aja dulu, gue gak masalah kok.
          Gue cuma penasaran aja kok tiap bulan oli bisa raib itu motor dipake riding di wilayah Huthamah, Hawiyah atau Saqar??

          Siapa tau ke depannya ada solusi.

          Editor
    • @nugie
      Sepertinya ada attitud pemotor yg berubah, dulu kita terdidik biasa pake manual/semi otomatik skrg dimudahkan tinggal gas rem yg pelan2 pikiran untuk perhatian ke perawatan terkikis….
      Banyak obrolan remaja skrg yg pernah kudengar maticnya ngebul, olinya kehabisan bahkan di tambal ban mlm2 anak muda minta tolong motor macet ternyata oli abis sm kang tambal dikasih oli bekas sementara

      Guest
    • Saya penggunanya hehe, ya vampir oli karena telat pas ganti oli terus sering dipake jarak jauh juga.. Tapi overall setelah turun mesin sampai sekarang fine fine aja sih.

      Guest
  3. bisa jadi alternatif nih buat yang indent scoopy cukup lama, wkwkwk
    mau scopy atau motor ini,dua dua nya Juoss Gandhoss, ambyar clengan cak, design keduanya cantik cantik.
    BTW, semoga tim RND Yamaha makin kreatif, makin inovatif terutama dalam desain. Ortu pernah mau beli scoopy cash buat Adik sekolah, katanya mesti indent, yo wiiss beralih ke Gear 125. Dan doi lumayan suka, karena emang design nya cukup bagus, dan ngga pasaran.

    Guest
  4. Udah bagus fix
    Tinggal cari celah pasarnya aja ini mah… Desain desain ala ala saluto / jbubu gini mah Oke lah menurut saya

    Guest
    • Bakal seru kalau namanya Filano buat ngadepin Scoopy

      Smntra Fino pun juga ada update jg buat ngadepin Genio

      Seru tuh…

      Guest
  5. bentuk oke, cuma jangan dikasi striping dan warna alay spt fino aja, motor genre ini harus tampil polos dan elegan, striping cukup garis2 minimalis aja, ditambah aksen grey ato krom kalo bisa, jelas menambah unsur retro nya

    Guest
  6. Qbix yang diretroin. Lebih aman desainnya

    Nyebelin kalau liat sekilas, tp saya optimis ini makin dilihat malah makin manis euy

    Dear Yamaha, kalau serius mau fight, desainer itu disuruh mikir desain yang dibuat itu bisa dibawa ke model facelift yang gimana gitu lho. Jangan one hit wonder, pas mw facelift bingung mau diapain

    Guest
  7. nabung ahh.. desainnya seleraku ini. nah ini perlawanan yang bagus buat scoopy. semoga kualitas plastik dan cat diatas scoopy

    Guest
  8. Absen dulu sambil nungguin update dakar. Terakhir saya pantau si petruk P2 di stage 5. Semoga bisa bertahan.

    Guest
  9. sepertinya desain tangki di depan ya..mirip grande vietcong or grand Filano Muaythai..tinggal positioning harganya aja ya…dan warna warnanya kudu menggoda..kalo di Vietcong sama Muaythai iklannya banyakan ciwi2 mulus…

    Guest
  10. Kalau benar ini yg muncul dan bukan qbix…berarti telinga para petinggi yemehex perlu di semprot kompresor buat tambal ban tronton…biar sekalian tembus kanan kiri…

    Guest
  11. Dear Suzuki Indomobil,
    Apa kabarnya? Pada sehat lu pade?
    Kalian kapan pinternya sih!
    Gak nyadar ya kalo Yamaha manfaatkan momentum demand skuter gaya eropa yg mestinya udah ada pada produk elu!
    Saluto bangke!

    Guest
  12. ini bukan untuk menghajar Scoopy, scoopy terlalu arah modern, ini mau ngajak ke segmen yang real retro, seperti Saluto yang tak kunjung terang, alias GJ.
    motor design seperti ini bukan untuk setiap orang, hanya orang dengan passion jiwa kelas ruh motorisme sejati yang menghayati, sampai kentut pun tak sadar.

    Guest
  13. Cakep…!!!
    Bakal boom ky new NMax ini pasti, awal bocor paten desain banyak komen ini itu tp nyatanya tuh motor baru wara-wiri terus banyak yg pakai

    Guest
  14. Itu dibagian deknya ada bagian yg bisa dibuka terpisah kaya Scoopy, jangan-jangan akinya pindah kebawah kaya Scoopy

    Guest
    • Harusnya disitu sih soalnya kalau tangkinya di bawah jok ditambah tempat aki juga bakal sempit banget area bagasinya kayaknya

      Guest
  15. Overall desainnya bagus dan mengalir, cuma satu yg agak kurang menurutku yaitu headlamp.. coba kalo shape nya dibuat oval juga tp dgn posisi horizontal kayaknya cakep tuh.. mungkin bisa dipertimbangkan di next facelift…

    Guest
  16. menarik, estetik, dan futuristic.

    cuma terus waspada begal dan maling motor. harusnya potong tangan biar ga bisa mbegal bin maling, mau sabet/rampas gimana kalau ga ada tangan? daripada keluar masuk penjara non-stop.

    Guest
  17. Jadi inget desain Piaggio Corsa. Desain Piaggio paling cakep menurut saya tapi entah kok malah gagal meneruskan kejayaan Vespa

    Guest
  18. harusnya sein depan belakangnya sekalian bentuk bulat sempurna aja daripada lonjong begitu,malah kayak muka culun kalo dilihat dr tameng depan doang,buntut pake vinoora

    kalo Fino di facelift kayak vinoora minion kayaknya cute,cuma spakbor depan dijadiin terpisah aja sesuai selera sini

    Guest
  19. @Wish, Yamaha yang mana bro? Lu bilangnya “Yamaha” ya berarti bisa semua line up Yamaha donk. Harusnya lebih lu detilin bahwa matik Yamahanya yang seperti itu. Kalo lu cuma bilang “Yamaha” ya bakalan bisa gua bantah. Mesin minarelli 135cc gua masih oke aja tuh, padahal tiap trip sebagian besar bakalan gua paksa jerit mesinnya dan alhamdulillah aman aja tuh.

    Guest
    • Di keluarga pake 5 Y dan 1 beat (non bletak dor) yg bermasalah terus di lampu depan yg suka redup trus mati sampe ganti kiprok dll gak sembuh2…. Yg Y cuma vega r 2006 rembes oli mesin dan oli shock belakang, wajar daya jelajah tinggi dulunya trus servis alakadar, pokoknya asal pancal – bensin full, skrg jarang dipake blom ada waktu buat restorasi

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.