TMCBLOG.com – Tim Satelit MotoGP Italia yang kemarin menjadi Tim pertama motoGP yang melakukan Launching menamakan diri mereka “Gresini Racing MotoGP Team “. Ini menandakan belum ada sponsor Utama yang menggantikan FlexBox setelah menarik komitmentnya. Banner NEXT besar di sisi kiri dan kanan Fairing Kedua Desmosedici GP21 lebih merepresentasikan Gresini. Apakah benar tidak diberikannya GP22 ke Bastianini setelah Musim Rookie fantastisnya di 2021 ada hubungannya dengan hengkanya FlexBox ?

Untuk Sementara belum ada Jawaban dari Gresini Racing mengenai hal tersebut. Publik memperkirakan Untuk Operasional satu Musimnya, dengan Formasi seperti ini Gresini Racing Membutuhkan 10 Juta Euro. Setengah dari angka ini sudah pasti aman karena pada dasarnya Dorna memberikan subsidi, tinggal 5 Juta eurolah yang dibutuhkan Gresini Untuk Mengidupi diri mereka sepanjang Musim.

Bicara 5 Juta euro ini adalah sebenarnya subsidi yang diberikan oleh Dorna kepada team yang terdiri dari dua pembalap mayoritas utamanya untuk keperluan menyewa Motor. Motornya sendiri sudah diberikan semacam Plafon atas atau HET ( Harga Eceran tertinggi ) dimana Per Paket Motor satu Musim adalah 2,2 Juta Euro ( 359 Milyar IDR ) .

Angka ini lah yang diperkirakan dimaksimalisasi Oleh Ducati untuk dibayar Tim satelit Ducati seperti Pramac Racing dan VR46 Racing team yang menyewa GP22 Untuk Zarco, Martin dan Marini. Sementara Untuk Paket GP21 sendiri diperkirakan memiliki Harga Sewa per-musim sebesar 1,5 sampai 1,8 Juta euro per Musim. Jadi ada perbedaaan sekitar 0,7 Juta euro ( 11 Milyar IDR )Β  sampai 0,4 Juta Euro ( 6 Milyar IDR) antara Motor ‘lama ‘ GP21 dan GP22.

Ducati Desmosedici GP21 sendiri walaupun Motor lama, namun performanya cukup Luar Biasa dan Punya Potensi besar saat dipakai nanti di Musim 2022. Gigi Dall Igna dalam Perilisan Gresini racing kemarin mengatakan bahwa Ducati Corse tetap akan menyediakan Support Kelas 1 Buat GresiniΒ  ” Kami akan membantu Tim Gresini dengan cara terbaik di musim mendatang, tidak hanya dari sudut pandang teknis tetapi juga dari sudut pandang manusia yang sangat penting. Kami akan menawarkan tenaga kerja yang cukup untuk Gresini. Kami memiliki delapan pembalap MotoGP, termasuk banyak talenta muda. Itu bagian dari strategi kami untuk kelas utama.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

26 COMMENTS

    • jadi bisa di bilang klo ducita itu sebenernya malah tim yg paling banyak di subsidi dorhna kan paling banyak tim satelitnya …
      salah kaprah klo di sebut tim sultan ….

    • Itulah berkah yg didpt kalo punya induk semang yg murah hati..
      Coba tanyain ke Poncharal, gmn induk semangnya yg kmrn.. udah belasan taun mengabdi, cuma dpt air tuba.. ekekekekekkkk…

  1. Enea kan di kontrak Ducati Corse langsung kan wak ?? lumayanlah ya penghematan nya, apa kontrak rider diluar budget 5 juta euro itu ? krn kata wak haji sebagian besar digunakan utk menyewa motor,

  2. harusnya banner Antangin ditaruh pas di wingletnya karena sesuai dgn fugsinya yg berhubungan dgn angin

    btw bold masih lolos aja sampe ke MotoGP,asemm padahal mission Winnie aja langsung kena stop

  3. Banyak Sultan disini pasti banyak yg mau dong. Apalagi kasih proposal ke jokowi pasti mau kan sedang pencitraan go internasional πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here