TMCBLOG.com – Jadi ceritanya, Pertengahan tahun 2019, YAMAHA mengumumkan menjadi anggota PBGN (Powered by Gogoro Network) di Taiwan dan meluncurkan model listrik pertamanya EC-05. Setelah lebih dari 2 tahun mempertimbangkan, Yamaha akhirnnya merilis Skuter model EV baru Yakni Yamaha EMF (Electro Motive Fighter Future Fighter). Berbeda dari skuter listrik yang umumnya berorientasi komuter di pasaran, Yamaha EMF adalah Skuter listrik  yang Fun dan berkarakter modifikasi-able.

Bentuk fisik dari Yamaha EMF cukup berbeda dengan skutik yang ada di pasaran, dibandingkan dengan bentuk bulat saudara-saudaranya yang lain di kubu PBGN, EMF menghadirkan nuansa bergaya naked mechanical yang cukup mirip dengan visual sense dari YAMAHA QBIX 125. Dari atas ke bawah, Kita bisa melihat terlebih dahulu lampu sen yang disematkan di bagian atas front cowl. Meskipun kecil, Namun karena seluruh mobil menggunakan lampu LED maka tidak akan ada masalah dengan kecerahan dan pengenalan.

Secara Umum dilihat dari depan dan belakang, dari lampu depan dan lampu belakang Yamaha EMF disajikan dalam pengaturan naik-turun. Lampu depan menggunakan dua lampu LED Kelas-C tipe proyeksi agak mirip dengan seri MT dalam beberapa tahun terakhir, yang menonjol dari bentuk dua lapis pelat yang disajikan miring.

Di Taiwan, Yamaha EMF ini diposisikan sebagai Life-style sehingga Pabrikan merasa tidak terlalu penting untuk menampilkan aspek utilitas baik soal membawa orang atau media untuk menyimpan barang-barang. Bantalan Jok kursi tidak besar, dan tidak ada konfigurasi pedal belakang. Hmm, Pada dasarnya, Yamaha EMF ini didesain terutama untuk satu orang.

EMF dikembangkan secara mandiri oleh Yamaha mulai dari rangka hingga tampilan, dan hanya menggunakan sistem power exchange PBGN. EMF menggunakan kartu smart proximity Smart Key untuk membuka kunci kendaraan. Dilengkapi dengan smart meter layar LED penuh, yang dapat dihubungkan dengan APP eksklusif Y-Connect yang baru. Ada juga tiga efek suara yang tersedia yaitu “Material Pulse”, “Different” “Dimensional Space” dan “Virtual Magic Flow”

Sumber tenaga dari Skuter Listrik ini bersumber pada motor Listrik dengan magnet Singkronius permanen berpendingin cairan dengan power maksimum dan output torsi 10,3PS dan 26Nm. Dengan konfigurasi Power diset maksimal dan Baterai dua Yamaha EMF memiliki performa akselerasi 0-50km/jam dalam 3,5 detik, Lumayan Kencang sih.

Taufik of BuitenZorg
Pict, Info : Moto7

Spesifikasi MF YAMAHA EMF 2022

  • Motor Listrik: G2 aluminium alloy motor sinkron magnet permanen berpendingin air (Versi S) / pengontrol motor berpendingin air MOSFET
  • Output maksimum: 10.3PS (7.6kW)@3,000 rpm
  • Torsi maksimum: [email protected] rpm
  • Bentuk Frame: tabung baja ringan dengan kekakuan tinggi
  • Bobot : 114kg (93kg tanpa baterai)
  • Dimensi: 1740 x 765 x 1110mm
  • Tinggi Jok: 785mm
  • Jarak sumbu roda: 1305mm
  • Sistem suspensi: suspensi telskopik depan, peredam kejut ganda belakang 5-tahap yang dapat disesuaikan
  • Spesifikasi ban: (depan) 100/90/10 56J (belakang) 130/70-10 59J
  • Sistem Rem Depan: Kaliper empat piston berlawanan, cakram tunggal 200mm, UBS
  • Sistem rem belakang: kaliper piston tunggal satu arah, cakram tunggal 190mm, UBS
  • Mode transmisi: transmisi rantai
  • Instrumen: Instrumen pintar tampilan LED penuh
  • Bentuk lampu: Lampu depan LED Kelas-C proyeksi telanjang, LED seluruh mobil
  • Fitur:  Smart Key, koneksi Bluetooth ponsel YAMAHA Y-Connect, Akselerasi 0-50km/jam: 3,5 detik

Galeri Gambar ”

25 COMMENTS

  1. Era baru telah datang..
    Klo honda & yamaha dah beraksi, fix bakal saing²an, yg ujung²nya update terus, tambah canggih terus.. Joss

  2. Komen lagi,

    Wah asik nih klo Honda dan Yamaha dah serius terjun ke EV bakal saing²an,
    Berujung makin banyak produk EV berkualitas & inovatif, joss

  3. Saya rasa kalau scooter ini masuk dimari laku laris belum tentu. Fazzio dan Qbiq masih lebih bisa diterima dr desain ini. Pendapat seh ya.

  4. kalau dicermati ada 2 model, dengan lantai deckfloor rata dan lantai berpunuk, itu gimana?

    utk masuk IDN, prefer E01 deh, lebih bisa dicerna desain dan jelas fungsionalitasnya,

  5. bloman ada info maksimal jarak tempuh sekali full baterai ya Wak ? soale dimarih masih terkendala stasiun pengisian/ swab baterai yang masih belum banyak

  6. Emang semua motor listrik di taiwan (merk apapun) wajib pake baterai Gogoro ya? Indonesia yg punya bahan baku baterai paling besar harus cepat nguasain teknologi baterai EV nih….

  7. kalau model begini beraattt,,,, ditaiwan aneh” begini pembelinya pasti orang asing. dan itupun gk boleh kayaknya kalau type ini😃ada regulasinya.. gogoro saja pakai plat nomor. kalau penduduk lokal pasti ambil gogoro😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.