TMCBLOG.com – Setelah hanya berada di pit box pada hari pertama test pra-musim Jerez, Jonathan Rea akhirnya turun ke lintasan juga dengan Kawasaki ZX-10RR 2022 di hari kedua. Rea baru keluar setelah tengah hari sekitar jam 13:00 waktu Jerez. Ini tuh termasuk strategi karena dengan begitu menurut regulasi, Rea hanya tercatat oleh sistem memakai waktu test setengah hari. Ya seperti kita ketahui bersama hari pengetesan untuk kelas WSBK musim 2022 sangat dibatasi. Per pembalap hanya memiliki kesempatan 10 hari per musim, jadi pembalap harus benar-benar efisien dan tidak menghambur-hamburkan waktu test.

Waktu setengah hari buat Rea sudah cukup sob dan sangat efisien. Terbukti ia langsung bisa menorehkan laptime cepat dengan 1:38,851. Hanya 0,05 detik lebih lambat dari laptime tercepatnya di test Jerez akhir tahun 2021 yang lalu. Rea mampu menyelesaikan 61 lap dalam setengah hari pengujian. Lap time Rea lebih cepat 1,4 detik dari rekan setimnya Alex Lowes.

Alex Lowes sendiri yang menyelesaikan 59 lap dan mencatat waktu lap terbaik 1’40.266s. Baik Rea dan Lowes juga menguji ban SCQ baru Pirelli untuk 2022 selama aksi Kamis mereka.

Lucas Mahias (Kawasaki Puccetti Racing) adalah pembalap Kawasaki ketiga di trek dan pembalap WorldSBK terakhir pada hari Kamis. Ia memiliki beberapa komponen baru di motornya, dengan lebih banyak lagi yang akan datang termasuk pembaruan seperti gearbox dan aerodinamis. Mahias juga menguji suspensi baru di Jerez saat Kawasaki Puccetti mengevaluasi suspensi Ohlins. Ia menyelesaikan 64 lap dengan laptime terbaik 1:40,542.

Honda HRC yang pada hari pertama berhasil mendekat ke Kawasaki memiih tidak turun ke trek pada hari kedua. HRC awalnya berencana untuk menguji selama dua hari tetapi menurut mereka setelah menyelesaikan semua yang ada di daftar tugas pengetesan selama sesi hari Rabu, diputuskan untuk ‘menyimpan’ hari kedua untuk digunakan di lain waktu. BTW, sirkuit Jerez sendiri tidak ada dalam kalender WSBK musim 2022 ini ya sob.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

15 COMMENTS

  1. Kemarin geng hendi berhasil mepetin waktu lowes. Hari ini selisih waktu rea – lowes 1.4 detik. Lowes sendiri mampu improve tipis dibanding kemarin.
    Kesimpulan : PR hendi masih banyak.
    Sikap : Balik kandang aja deh, oprek-oprek dulu. Percuma maksain turun. Selisihnya banyak. Heheheh.

    • Masuk akal juga. WorldSBK sekarang hanya 3 pabrikan yang selalu kompetitif, lainnya masih dalam tahap pengembangan setup paket motor.

  2. HRC putuskan tdk turun ke lintasan saat sesi tes. Komunikasi/update pengerjaan “PR” tim-tim ini umumnya bgmn ya, apakah krn aturan jam kerja dng hny terjadi saat berkumpul di lokasi? Rsnya krng efisien gitu, sdh dtg ke lokasi tp tdk turun ke lintasan. Paling kmrn isinya hny diskusi ringan. Klo hny diskusi kan mending di markas atau cafe..

    • Kan sudah dijelasin om, waktu test hanya dibatasi 10 hari per musim. Jadi setiap tim harus pintar mengatur strategi di waktu yang dijatahkan itu

    • kan hari pertama kemaren mereka turun,, lalu mungkin langsung packing dan absen di hari kedua, dan lanjutkan PR di markas besar,
      ga ada yg salah sih menurut gw

  3. 1. Waktu test ny sangat terbatas hanya 10hari dlam semusim.
    2. Sirkuit jerez tdak msuk dalam kalender wsbk musim ini
    3. Dalam test hari pertama mereka sudah berhasil menguji apa yg mereka targetkan,

  4. Best lap sama rata2 time sheet saat balapan mungkin beda om.sapa tau rea pakai ban kualifikasi buat cari lap time yg bagus.sementara yg lain pakai ban buat race.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.