TMCBLOG.com – Pertamina Mandalika International Street Circuit di Pesisir selatan Lombok Indonesia akan menjadi Tuan rumah perhelatan Seri balap MotoGP ke dua Musim 2022 ini. Sebelum ini Sirkuit ini telah Menjadi Tuan rumah gelaran WorldSBK Finale 2021 yang sekaligus menorehkan Laptime rekor pertama tercepat Sepeda Motor di sirkuit ini yakni 1:32,887 yang Diraih Toprak Razgatlioglu diatas yamaha R1 dalam Keadaan Trek Kering. . . Akhir pekan ini Mandalika akan mulai dicoba test Oleh MotoGP. Lalu Berapa Kira Kira Laptime Tercepat MotoGP Nanti di Sirkuit ini dalam keadaan kering ? Berikut ini adalah Metoda dan Estimasi laotime yang tmcblog coba hitung.

Sebenarnya ada banyak Metoda Lain Yang lebih Scientific secara Statistik. Namun Kali ini tmcblog mau coba cara Paling Sederhana saja Yakni Melihat perbedaan Laptime Ketika MotoGP dan WSBK di Tahun lalu menyambangi tempat yang sama. Lalu Dilihat dari trend perbedaaan tersebut mana angka Tertinggi dan angka Terendah, Membuat Persentase, dan Juga tentu rata rata dari perbedaan tersebut.

Tercatat ada 6 Event MotoGP dan WSBK yang menyambangi tempat/ venue yang sama di 2021 yag lalu seperti Assen, Catalunya, Misano, Aragon dan Algarve (Portimao ). Dari keenam Event ini tmcblog kumpulkan Data laptime tercepat Yang diperoleh di sesi Q2 (MotoGP) dan Superpole ( WSBK ) yang kebetulan semua di 2021 diperoleh dalam keadaan Trek kering ( Cek tangkapan layar di bawah ) .

Dan ternyata memang MotoGP lebih cepat dari WSBK antara 3 sampai 1 detik bergantung pada tempat Sirkuitnya. Misano adalah Sirkuit Di mana Perbedaan Laptime MotoGP dan WSBK di 2021 paling menganga yakni sampai 3,291 detik sementara Beda laptime terkecil antara MotoGP dan WSBK di tempat yang sama tahun lalu adalah 1,494 detik yang bertempat di Algarve.

Jika kedua angka ini tmcblog pakai dan dijadikan refrensi untuk menentukan laptime MotoGP di Mandalika, Maka estimasi Laptime Tercepat dalam Mode Kualifikasi Motor MotoGP di Mandalika adalah antara 1:29,586 sampai 1:31,383. Atau kasarnya antara 1:29 sampai 1:31 . .

Jika Kita Pakai angka rerata perbedaan Yang nilainya 2,043 detik maka dari Laptime tercepat WSBK 2021 yang lalu, tmcblog bisa perkirakan Laptime tercepat MotoGp dalam Mode Kualifikasi kedua (Q2) bisa tembus 1:30,834 ( pendekatan saja – tidak eksak ) . . yaaa angka Paling Logis memang di 1:30-an menurut metoda sederhana tmcblog. Sobat sekalian punya Opini lain atau bahkan Metoda Lain, monggo dikunyah kunyah dan ikut rembukan

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

43 COMMENTS

  1. Sepertinya para rider motogp sangat menikmati liburan di mandalika ya?
    Bener2 branding yg sangat bagus buat pariwisata indonesia

  2. memperkirakan laptime tercepat mungkin lebih mudah, skrg bagaimana dgn “siapa yg akan menorehkan laptime tercepat di Mandalika setidaknya dalam 3 hari test kedepan ??”
    ada yg bisa nebak ??

  3. Yuk fbh, fby, fbs sampe pasukan rossidin, markisa, cikitaro, bagiono, jonsemir cabang indonesia bersatu mendukung pagelaran motogp pertamina mandalika

  4. Kunci buat menang ampe jurdun tahun ini ada di qualification. Kalo udah dapat pole, sisanya tinggal hari h nya aja. Soal nya dgn fitur holeshot, front deep suspension di setiap motor team, belum lagi power yg naik di beberapa tim. yg pasti posisi start sangat krusial tahun ini

  5. Secara karakter sirkuit ini mendekati kombinasi assen dan misano, jd main di bawah 1 minit 31 detik sudah bisa di grid depan.
    Pertanyaan selanjutnya adalah karakter mesin motor apa yg bakalan cocok di Mandalika? V atau l ?

    • moga aja udah dapat pawang hujan yg lebih jempolan

      kan pawang wsbk yg kemarin setelah dituduh gagal dan dibully abis sama netijen ,langsung ngambek ngadu ke pakpol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.