TMCBLOG.com – Hari kedua test resmi IRTA Moto3 Portimao menghadirkan peningkatan yang cukup signifikan dari pembalap Indonesia –Mario Suryo Aji yang membalap di bawah payung Honda Team Asia. Seperti yang sudah bisa dibaca di artikel sebelumnya, Mario berhasil memangkas laptimenya lebih dari 0,8 detik dan masuk ke ‘club 1:48’ Moto3 Portimao Test.

Namun begitu pada sesi kedua (FP5) Mario tidak bisa mengembangkan kembali laptimenya lebih tajam dan bahkan di FP3 tidak ikut (belum ada informasi penyebabnya). Pada akhirnya Mario berada di posisi 18 kombinasi timesheet di hari kedua test dengan jarak 1,3 detik dari pimpinan timesheet.

Pebalap Leopard Racing asal Jepang, Tatsuki Suzuki berhasi kembali membawa Honda NSF250RW memuncaki timesheet hari kedua dengan laptime 1:47,390. Angka ini belum melewati rekor laptime Moto3 di Autodromo Internacional do Algarve – Portimao yang ditorehkan oleh Sergio Garcia pada tahun 2021 yang lalu yakni 1:47,274.

Dennis Foggia hanya berselisih jarak 0,019 dari Suzuki. Andrea Migno (Tim Sniper Rivacold) menjadikan Honda 1-2-3 di mana Carlos Tatay mengintai dari posisi ke empat menggunakan debutan motor baru afiliasi KTM yakni CFMoto. Tatay 0,297 detik di depan Riccardo Rossi (SIC58 Squadra Corse) yang menempati posisi 5.

John McPhee berada di urutan keenam saat pria Skotlandia bersama Sterilgarda Husqvarna Max. Sementara itu Sergio Garcia (Tim GASGAS Aspar) 0,003 lebih jauh di belakang MCPhee disusul Alberto Surra (Tim Sniper Rivacold). David Muñoz (BOE SKX) di Posisi kesembilan pada Hari 2, dan pembalap Spanyol itu adalah rookie teratas. Izan Guevara (Tim GASGAS Aspar) melengkapi sepuluh besar.

Ada beberapa crash pada hari 2, terutama Deniz Oncü (Red Bull KTM Tech 3) yang jatuh bersama dengan Adrian Fernandez. Fernandez baik-baik saja sedangkan Oncü harus menuju ke pusat medis untuk diperiksa. Elia Bartolini (QJMotor Avintia Racing Team) menjadi satu-satunya yang mengalami crash di sesi pertama. Insiden Oncü terjadi di sesi kedua, di mana Jaume Masia (Red Bull KTM Ajo) dan Guevara juga terjatuh. McPhee jatuh di sesi tiga, semua pembalap diberitakan baik-baik saja

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

 

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here