TMCBLOG.com – Kami bisa pastikan Vario 125 akan hadir model terbaru. Apakah akan all new seperti kehadiran Vario 160 atau hanya facelift? Sampai saat ini TMCBlog bisa katakan bahwa sinyalemen terbesar bahwa Vario 125 akan menyandang gelar all new saat nanti hadir. Ini bisa dilihat dari kode yang internal produk yang sempat dihembuskan masuk ke telinga Kami bahwa akan ada motor baru berkode baru K2*G yang akan hadir di semester kedua 2022 nanti.

Yes pada semester kedua, hal ini memang berhubungan dengan artikel sebelumnya di TMCBlog yang sudah dengan terang benderang memperkirakan bahwa kemungkinan generasi terbaru dari ADV dahulu yang akan nongol baru kemudian Vario 125.

Bicara soal dapur pacu, secara umum memang arah, sudut pandang produknya sama dengan Vario 160 di mana Honda akan mencoba menghadirkan produk dengan update performa, namun tetap bisa membawa karakter signature mereka di produk ini yakni IRIT. Kubikasi mesin masih akan 125 cc, namun memang secara jeroan akan sangat berbeda di mana diperkirakan akan menggunakan dua pasang klep/katup.

Gak usah susah susah membayangkan akan kayak apa mesinnya secara fisik. Kita bisa lihat mesin PCX125 di Eropa saja untuk soal ini. Mesin PCX125 di eropa akan menggunakan dapur pacu dengan kubikasi murni 124,9 cc eSP+. Power maksimum dari mesin 125 cc eSP+ di PCX 125 Eropa pun bisa tembus 12,3 bhp (9,2 kW) @8.750 rpm dengan torsi maksimum 11,8 Nm @6.500 rpm.

Angka ini jelas sudah jauh lebih tinggi dari parameter yang sama di Vario 125 current model di mana power maksimumnya tembus 8,2 kW (11,1 PS | 10,99 bhp) / 8.500 rpm dengan torsi maksimum 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm. Harus di ingat, FYI mesin 125 eSP+ yang disinyalir akan dipakai pada next new Honda Vario 125 ini kalo Honda mau sadis bisa dimaksimalkan lebih tinggi lagi lho sob.

Tercatat mesin 125 cc eSP+ yang sama bisa digeber lebih sampai menghadirkan power maksimum 14,3 bhp (10,7 kW) @8.750 rpm dan torsi maksimum 12,3 Nm @6.500 rpm dalam kasus common part untuk mesin Forza 125. Namun, kalau Honda AHM mau yang slow slow saja bisa ambil referensi SH125 di mana power max hanya 11,5 bhp saja (8,5 kW). Ini pun sudah naik setengah HP thooo. Entahlah setup apa yang nanti akan dipakai AHM di Vario 125. Yes bicara soal mesin ya hanya di sana. Tetapi yang lebih penting di kepoin adalah segmentasi dari bentuk fisiknya nih.

Apakah all new Vario 125 akan berbagi platform bentuk Vario 160 yang lebih BESAR itu? Atau kah Vario 125 akan tampil independent dari strategi market Vario 160? Jujur TMCBlog berharap bahwa new Vario 125 nanti akan mengambil opsi strategi produk yang kedua di mana independent dari Vario 160. . .

Bukan apa-apa, kalau Vario 125 segede Vario 160 maka AHM akan memiliki kans kehilangan punggawa pasukan yang menjaga potensi market di segmen motor skutik medium dengan bentuk yang juga ‘medium’ seperti yang selama ini dirajai oleh Vario 125  Hal ini kepikiran ketika TMCBlog bikin Vlog komparasi antara vario 160 dan vario 150 . . Memang beda banget dan Vario 160 itu asli besar pake banget.

TMCBlog membayangkan, jika AHM memaksa Vario 125 nanti segede Vario 160 dan tidak ada pengganti produk di segmen yang ditinggalkan ini, maka produk produk kompetitor akan dengan senang hati akan melakukan invasi yang bisa berujung pada kooptasi di area market yang tidak dijaga ini. Sebut saja mungkin Yamaha Lexi 125. Silahkan share opinimu sob.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

46 COMMENTS

    • keyless gitu aman dari maling ga si bro.
      jangan ngomong di panggul ya, wkwkkwwk kalo itu mah uda pasti ilang

    • Mesin Vario 125-150 gen 2 itu ibaratnya mirip GL CDI 125-150 dulu sama2 125-150 , dan vario gen saat ini ibaratnya GL NEO TECH , GL 100 itu ibaratnya vario 110 (sama2 hadir lebih awal)

  1. Kalo saya cuma berharap ada beat150 (atau vario150 seukuran beat). Motor sekarang cenderung di gede”in. Masak Honda Tiger kalah gede ketimbang matik150era baru.

  2. apapun akan dilakukan AHM demi mempertahankan pasar yg dikuasai mereka
    , ntah kenapa gw kepikiran selama era motor ICE masih berjaya di Indonesia, maka Homda akan tetap dan selalu menjadi pemegang pangsa pasar terbesar di Indonesia,

  3. Halah ngapain susah2
    Buat menghemat cost pke aja esaf punya beat series baju agak dgedein bermesin 125
    Pasti muantap surantap

      • Yg vario air cooled itu mmg dh ga ada aura varionya sm skali..
        Rangka beat,mesin pun pke beat
        Vario itu wajib liquid cooled
        Gpp rangka esaf beat asal mesin 125cc 4klep lc
        Bisa aja dgn pke stroke 55mm akan lbh ringkas dr pd 63.1mm tp mmg sih yg liquid akan lbh lebar mesinnya krn radiator d samping kanan

  4. Clue yg sy Garis bawahi adl adv160 akan hadir lebih dulu dr pd var125.
    Tp blog cak iwebeh kok blm ada bochorannya Yah.
    Kepo sm design nya.

  5. Wis… sak karep AHM n Hnda Jepang lah…. mereka punya segudang strategi buat bgmn terus bikin konsumen agar beli.. beli.. n beli terusss…produknya.
    Simpanan teknologi mereka juga segudang, utk sedikit dmi sedikit dijual sbgai update agar konsumen selalu merasa produk yg sdh mereka beli bbrpa wktu lalu itu dah kuno.. obsolete…

    • Motor cocoknya buat ngojol/boncengan sih. Kalo sendirian ya keras… Dulu Mio smile gue juga shock belakangnya pake punya Vario soalnya tiap hari bawa muatan yg mayan berat 🤣

  6. Lexi gede banget gitu berat pula gak akan lah bisa makan market vario 125. Saya geser itu motor di parkiran bikin susah sumpah. Kalau bukan karena joknya yang nyaman buat orang gede kaya saya gak saya beli itu motor.

  7. Di blog ini:
    opini = bocoran alus = realisasi

    Kalopun ngaco, biasanya estimasi harga jual…
    Itungannya udah bener, ehh ntah kenapa, realisasi end-price to customer nya loncat jauh beud..
    Hahahahaha…

    • Bearti yah-ama pai-jo kemaren sangat oper PRET dong…
      NJKB cuman 12jt (mirip hodna genio) tapi si pai-jo dijual 21jt seharusnya kan dijual 17jt-18jtaan

    • Mirip GL-PRO sama GL-MAX , gl pro gen 3 (neo tech ) dulujuga 156,7cc dibulatkan 160cc dan gl max 124,x cc , selama namanya masih sama gue prediksi bakalan mirip bentuknya , kecuali ganti nama kayak mega pro bisa modelnya gak akan sama , tapi mega pro saat ini ibaratnya sudah ada PCX 160 mesin identik dengan VARIO 160 (ibaratnya mesin GL-PRO mirip MEGA PRO )

  8. mending balik ke garis desain elegan kayak Vario Agnes gen 1 deh,karena menurut ane kalo ane lihat kebanyakan yg beli/make Vario 125 itu cewe (asal jangan kayak Vario 110 yg terakhir aja yg classy nya ga dapat sama sekali malah terlihat kayak beat sedikit naik kelas dgn lampu LED bikin mata bunar)

    • Yup masuk akal. Klo cwo pst milih yg kekar. Kecuali badannya pendek (jd jinjit) atau duitnya ga nyampe (kuli biasa n bulanan susah nabung), pst ga beli Vario yg mahal.

  9. Idealnya si gitu ya wak. Cuman yang jadi masalah kan misal 0ake desain yang beda dan (misal) rangka yang beda sama 160 kan kurang bisa menghrmat cost produksi ya? Harga juga bakal naik lumayan dong.

    • Vario 125 lumayan tinggi penjualannya.. kalo pake body sendiri,,,kayanya ngga naikin harga.. pasti nutup buat mass production

    • Tinggal diliat di tahun tahun dulu . . vario 150 dan vario 125 lebih banyak terjual yang mana. Kalau vario 125 yang banyak terjual, artinya Secara umum harusnya segmen ini malah Pegang kendali Price strategy

  10. Untuk vario 125 pokoknya dimensi jangan lebih gede dr current gen saja. Naikin power paling cuma dgn cara naikin kompresi, dan ngurangi bobot, qiqiqi

  11. Betul Wak, mestinya bentuknya tidak similar dengan vario 160. Opsi terbaik sebetulnya dari segi dimensi tetap seperti vario125 saat ini namun perlu dipermak facade depan-belakang, keyless serta benamkan cakram belakang dh opsi abs seperti vario160

    • Wah kudu dipikirkan lagi, kalo vario 125 cakram belakang, Potensi Minder Pemilik Vario 160 CBS kalo ketemu, imho

      • ups…berarti sprindiknya adalah all new vario 125 tetap keep dimensi dan penambahan fitur2 dari vario 150.hehehe

  12. Body vario125 yg sekarang itu menurut saya SUDAH SANGAT GANTENG dan proporsional bila ada ubahan saya rasa hanya bagian stop lamp yg perlu diubah dan “RITING” alias lampu sein dikembalikan ke bentuk semula menyatu dg stop lamp.

    • iya betul.. saya rasa Lampu stoplamp skrng sebenernya muat itu klo jdi 2 in 1 sama rating. diubah aja kayak gitu udh cocok jd all new wkwkwk

    • Klo saya masih kurang sreg di lampu belakangnya yg cuman titik2 LED jadi satu. Masih terlalu biasa. Mending pake led garis dan shape nya dibentuk lagi jadi lebih sporty/modern. Dan betul, lampu sein mending nyatu ke stoplamp.

  13. Komenku ilang

    Kemungkinan kecil v125 desain independen
    Mending AHM bikin kelas baru untuk beat, jadi beat ada 3 tipe beat 110, beat 125 ( yg 4klep ) & beat street, nah yg beat 125 yg jadi pengganti v125, v125 buat anak2 ngabers yg dananya cekak, beat 125 untuk yg butuh hp gede tapi body tetep kecil, dan beat 110 untuk yg penting motor metik irit
    Kalo dibuat 3 kelas beat jadinya AHM gak bengkak biaya produksinya

  14. Mesin 125 nya dipecah lagi jadi REMIX125 kayak konsep dulu..
    Pasti WOW ..sayang mesinnya cuma buat 1 produk saja..

  15. Kalo dimensi kayaknya masih disesuaikan dengan CC nya wak. Bahkan kelas sport aja gitu kan? Tengok cbr series

  16. Vario 125 -150 itu ibaratnya mirip GL CDI 125-150 dulu sama2 125-150 , dan vario gen saat ini ibaratnya GL NEO TECH , GL 100 itu ibaratnya vario 110 (sama2 hadir lebih awal)

  17. Desain sih mending kayak vario 150 skrg aja dah keren.. cuman ya di facelift2 dikit lah dengan ubahan2 yg lebih moden. Lampu depan tetep ganda ala moncong hiu dah bagus. Body boleh lah melar, tapi dikit aja. Lampu belakang kayak vario 150 lama aja yg lampu senja dan rem nya kepisah (biar jelas antara ngerem atau engga), tapi ya diubah shape nya lebih keren, dan full led. Sein nempel di lampu rem, jgan model tangkai. Ban naik 1 ukuran. Behel dikasi lampu rem LED macam F1Z boleh jg..

    • Koreksi dikit.. Setelah liat video adu fitur vario 160 vs vario 150. Fitur vario 125 nanti baiknya jg setara atau dimiripin dengan vario 160 (console box + usb, dek lebih lebar dikit, kantung bawah kontak lebih besar + dalam, keyless yg lebih simpel).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.