TMCBLOG.com – Astra Honda Motor sudah mulai menyebar undangan untuk menghadiri hari kedua penyelenggaraan IIMS Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran Jakarta, akhir pekan ini. Secara resmi hanya undangan untuk menghadiri event, tanpa embel-embel informasi hadirnya produk baru dalam body email. Namun ini tak menutup kemungkinan hadirnya produk baru sepeda motor Honda pada event ini. Kalaupun ada motor baru, apa ya kira-kira?

Saat ini TMCBlog hanya bisa menebak dua kemungkinan, yakni Honda Dax125 yang akan dihadirkan secara CBU dari Thailand atau mungkin peluncuran Honda ADV terbaru dengan mesin yang common part dengan PCX 160 yang sudah 4 katup itu. Kedua produk baru ini sama-sama logis masuk di pertengahan pertama tahun 2022. Namun melihat beberapa parameter TMCBlog memperkirakan bahwa Honda Dax 125 lah yang akan dirilis AHM di IIMS 2022 nanti.

Dax 125 sendiri sudah dipublikasikan pada pameran motor di Osaka dan Nagoya pada tanggal 19 Maret, kemudian event di Bangkok pada 25 Maret. Misalkan dax 125 meluncur di Jakarta pada 1 April, itu semua adalah rentetan tanggal yang cukup logis menurut Nugie ketika berdiskusi mengenai apa yang mungkin hadir di IIMS 2022 ini. Secara umum penampakan Dax 125 memiliki platform desain yang mirip dengan Dax lawas (ST50 & ST90). Dengan mesin yang kira-kira mirip dengan mesin new C125 dan CT125, Dax  125 menggunakan sasis monokoq yang menurut kami adalah sebuah bentuk advance dari sasis jenis eSAF yang dibuat dari lembaran pelat yang dibentuk lali ditekuk lalu di-las pada bagian tengahnya.

Sementara jika itu adalah waktu untuk ADV160 meluncur, maka kemungkinannya akan sama menggunakan platform mesinnya dengan PCX160 maupun Vario 160 di mana mounting mesin akan digantung di sasis barunya dan menggunakan mesin yang lebih powerful. Jadi kira-kira apa nih yang akan dirilis AHM pada akhir pekan ini? Jangan jangan malah X-ADV 750 ??

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.