TMCBLOG.com – Akhirnnya TWMR selaku Promotor gelaran ARRC barus aja merilis Pengumuman resmi yang berhubungan dengan siluet Gambar Motor berfairing yang kita bahas sebelumnya. Jadi Mulai Musim ARRC 2022 akan hadir One Make race Khusus menggunakan  TVS Apache RR310 bertajuk TVS Asia One-Make Championship.

TVS Asia One-Make Championship. adalah Balapan Khusus yang merupakan hasil kemitraan TWMR yang akan berjalan bersama FIM Asia Road Racing Championship (“ARRC”).. Kejuaraan ini akan diikuti oleh total enam belas pebalap dari seluruh Asia yang akan difinalisasi pada 27 April 2022 untuk tahun pertama. Seleksi akan digelar di Sirkuit Internasional Sepang, di mana Putaran 2 ARRC akan berlangsung pada Mei mendatang.

Mengomentari perkembangannya, Mr. Vimal Sumbly, Head – Premium Business, TVS Motor Company, mengatakan, “Teknologi dan kecakapan kinerja di mesin balap kami telah diturunkan dari silsilah balapan TVS Racing di trek, membuktikan keberaniannya di seluruh dunia dan telah menempatkan kami di peta global. Kami senang mengukir kisah sukses kami secara internasional. TVS Asia One Make Championship akan memainkan peran penting sebagai tonggak sejarah perjalanan global kami untuk TVS Racing.”

“Kami mengambil ini sebagai kesempatan untuk mengambil pembelajaran kami dari trek India dan menunjukkan kemampuan kami secara internasional. Kami juga berharap dapat memiliki pembalap internasional di atas motor TVS Asia One Make Apache RR 310 kami yang bersaing di kejuaraan mendatang.”

Ron Hogg, Direktur Promosi Two Wheels Motor Racing Sdn. Bhd. mengatakan, “Partisipasi TVS Racing dalam One-Make Championship adalah sikap berani yang tentunya akan membuka jalan dalam menemukan bakat-bakat baru. Lebih penting lagi, membawa mitra dan pabrikan baru akan memicu minat FIM Asia Road Racing Championship secara umum.”

Mengenai dampaknya terhadap industri motorsport, Ron melanjutkan, “Industri motorsport selalu berubah. Dari perspektif teknologi, kami bergerak sangat cepat dari dua langkah ke empat langkah dan karena itu, kami memperkirakan pengembangan lebih lanjut dari mesin yang sesuai dengan kebutuhan industri. Menjadi pengendara-sentris, kami terus mencari cara yang akan membuka peluang bagi pengendara untuk mengejar pengendaraan profesional di tingkat yang lebih tinggi. Kolaborasi kami dengan TVS Racing dalam One-Make Championship ini adalah bagian dari rencana strategis kami yang akan melayani kebutuhan para pebalap Asia kami di front regional sehingga berkontribusi pada pengembangan komprehensif dalam industri motorsport.”

Presiden FIM Asia, Stephan P Carapiet mengatakan, “Kolaborasi One-Make Championship merupakan tanda penting dalam kejuaraan motorsport karena membentuk platform lain untuk pengembangan bintang motorsport masa depan dan kesempatan untuk membalap mesin TVS . TVS sekarang akan dapat menampilkan kapasitas, kualitas, dan keandalan mesin di medan balap dan melalui spesifikasi teknis dan data yang diperoleh dari balapan, mereka juga akan dapat membuat pendekatan ke depan dalam mengembangkan fitur yang disempurnakan yang akan melayani lebih baik kebutuhan penggunaan domestik mereka.”

“India adalah basis bagi produsen sepeda motor dengan proyeksi penjualan yang melampaui pasar Asia lainnya. Namun, keterlibatan TVS dalam balap berusaha keras untuk menunjukkan kemajuan mereka dalam teknologi dan berpotensi memicu minat pada motorsport di antara 1 miliar populasi. FIM Asia mendukung penuh inisiatif ini dan dengan subsidi keuangan dan peluang yang diberikan oleh TVS Racing, kami menantikan partisipasi lebih dari 10 negara untuk putaran mendatang di Malaysia.”

28 COMMENTS

    • TVS india itu pinter Kang Asep, platform mesin ini sama dengan BMW 310, kemudian saat ini coba bikin one make race, target selanjutnya adalah bersaing dengan KTM utk menjadi supplier tunggal Moto3 di masa depan seperti hal nya Triumph di moto2..

      ini mah kata sayaaaaa… namanya orang ngarang boleh kan?

    • Moto 3 mas special engine lah beda ma Moto2…bukan hanya TVS ,Yahaya,duduki dll jg dipersilahkan turun kalo sanggup

    • kalo pun TWMR mau membuat seolah-olah ini perjenjangan berbeda utk menuju tangga MotoGp, menurut gue ini sih cukup fair sih Nug, jadi gak berat ke brand jepang doang..
      overall tinggal dilihat komitmen semua pihak, supaya “kelas prototype ala Asia” dengan aroma TVS/BMW ke depannya…
      it’s fair enough compared to what happened in moto2…

      • Jauh amat mikirnya, konsep tvs sebenernya cuma bikin omr, soal bentukan motor kan ngikut regulasi ap250 biar paralel ama tim ap250 mereka. Di ARRC ga ada yg prototype, org mesin kebanyakan standar. Cuma bodi aja yg boleh custom abis makanya seolah motor balap beneran. Padahal dibuka bodinya eh taunya ga jaoh beda ama punya ngabers dimari.

        • TVS beda dia gak main di AP250 makannya bikin kelas sendiri atau OMR, untuk mesin sudah di tuning piston ganti, klep titanium, twin port, ecu aracer dengan limiter tembus 13rb rpm, power meningkat di 46 HP, bobot cuma 114kg, masih banyak ubahannya spek nya di atas AP250

  1. makin beda tampilannya dgn yg dijual bebas

    entar orang yg pengen beli begitu datang ke dealer”,lho kok beda ama yg ditivi,gw pengennya kayak Moto3,Satttttt!!!!!!!”

    (walaupun fairing cbrrr yg dipake arrc sekarang jg beda sih,lebih ramping n tanpa sudut2 lebay)

    • Yg mau nonton arrc mah kebanyakan yg udh ngerti balap, bukan yg asal nonton buat hiburan kaya motogp. Jadi ya minimal paham fairing motor di arrc udh bukan motor standar lg.

  2. Wanjer udh kaya moto3 tapi versi India (baca = gambot). Bener kata Nugie tuh ada aura RC250R. Semoga balapnya awet dan konsisten, ga kaya omr cbr gsx ama satria yg cuma seumur batita. Aturan sih produk massalnya jg begini bentukan fairingnya, jadi ga kaya (monmaap) fairing fiberglass pinggir jalan.

  3. Extension knalpotnya nggilani cak wkwkwktapi ya jauh lebih bagus sih ketimbang balap bebek mulu apalagi metik di pake buat balap. BIG NO!!! Kalo targetnya ajang dunia ya emg harus kayak gini penjenjangan ny. bebek & metik cukuplah jd kendaraan niaga, bukan buat balap ahelahh…

    • sejatinya r2 itu bukan kendaraan angkutan umum orang dan barang/niaga karena pertimbangan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. untuk niaga sudah ada khusus roda3.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.