TMCBLOG.com – Seperti sobat ketahui sudah hampir 3 kali lebaran semenjak kami pertama kali membeli satu unit Honda Verza standar yang akhirnya semua mesin dan peranti elektroniknya dilucuti dari frame utamanya. Ini dilakukan karena akhirnya TMCBlog memilih untuk menggunakan sasis original CB100 1974 dengan tujuan akhir mereplikasi Honda CB Gelatik namun menggunakan sistem mesin yang lebih modern termasuk full sistem PGM-Fi Honda yang sudah terbukti reliable.

Nah di vlog yang telah ditayangkan, TMCBlog mau memperlihatkan kepada sobat sekalian progress terakhir dari proyek Gelatik injeksi ini sebelum masuk tahap pengecatan. Bisa dilihat di vlog bahwa karena sulit memasang unit fuel pump OEM Verza di tangki kecil dari CB100, maka TMCBlog dibantu oleh Monggo Motor membuat satu kanister tangki BBM kedua yang berisi fuel pump bertempat di daerah tempat aki dan filter udara.

Secara umum suspensi dan swingarm menggunakan original Honda namun dengan beberapa kustomisasi seperti custom daerah pivoting swing arm dan sasis dan hadirnya front suspension cover yang lagi lagi mengemulasi desain dari CB100. Oh iya untuk tromol, kami menggunakan full tromol aftermarket dengan model Honda CRF150L sehingga diharapkan nanti CB Gelatik injeksi ini akan menggunakan rem depan dan belakang cakram.

Mengenai mesin sendiri tidak ada perubahan, asli original alias stock engine dan bahkan karena kesukaan kami terhadap tone suara knalpot Verza yang nge-bass, TMCBlog masih mempertahankan knalpot standar ini, hanya memperpendek bagian tengah dari leher knalpot agar terlihat lebih proporsional saja . . . Enjoy The Progress . . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

21 COMMENTS

  1. Akan sangat jd artikel hebat, kalo dibikin series bangun dari 0 , mulai dari berburu bahan, serta disertakan harga part2 modif , biar para aliran standariyah seperti saya yang pengen bisa ikut2an gak hanya beli jadi . Terutama yang versi motor monkey family

  2. Wak adakah rahasia leheran knalpot verza yang terkesan jarang banget karatan

    Serius saya ngiri liat knalpot motor verza sodara saya yg gak kerawat tapi leheran knalpotnya seperti baru terus, dan kalo ktemu verza d parkiran st sering lirik versa dan bener leher knalpotnya jarang karatan
    Motor Verza dinas pegawai bank dan bahkan inventatis kantor kepala saya yang motornya udah gak karuan bentuknya tapi header knalpotnya entah kenapa mulus banget

    Beda banget dg header motor knalpot kebanyakan, bahkan 150cc 40jtan pun headernya gampang karat

  3. Apa ga sayang tuh ama rangkanya. Anak herex aja byk yg sengaja make rangka gl pro krn biasanya rangka cb ori (klo bner cb ori bukan siluman basic gl) mereka jual ke kolektor, skrg tembus 2jt utk kondisi yg b aja. Gw yg kadang dapet pasien anak herex jadi kaya liat motor dari metaverse laen. Anak herex pake mesin cb ori tapi sasis udah pake yg agak modern, ini di artikel malah mesin yg modern dipasang ke rangka cb ori wkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.