TMCBLOG.com – Perpisahan Suzuki dengan MotoGP di penghujung kejuaraan dunia meninggalkan tatanan dan line-up di MotoGP. Salah satunya sudah kita bicarakan sebelumnya yakni potensi pindahnya Joan Mir ke Repsol Honda. Peluang lain adalah peluang datangnya team baru mengisi jatah yang akan ditinggalkan Suzuki factory . . Dan sepertinya, Leopard Racing yang paling digadangkan menjadi penggantinya. Namun akan seperti apakah skenarionya?

Mundurnya Suzuki dari MotoGP adalah kasus klasik krisis yang bisa berubah menjadi peluang bagi pihak lain. Dalam hal ini untuk Leopard Racing, tim Moto3 yang berbasis di Luksemburg, yang akhirnya memiliki peluang besar untuk bisa masuk MotoGP. Skenarionya adalah dengan menempatkan team ini sebagai team satelit/independen untuk sebuah pabrikan. Dalam hal ini kesempatan juga untuk mendekat dan membersamai Aprilia.

Aprilia sendiri pada GP Portugis di Algarve kemarin via CEO Aprilia -Massimo Rivola- mengatakan bahwa Aprilia terbuka untuk memperluas kehadirannya di grid dengan menambah dua pembalap di team satelit mulai 2023 jika ada tawaran yang tepat. β€œJika kami mendapat tawaran menarik yang bisa membuat proyek berkembang, kami akan mengevaluasinya,” kata Rivola.

Pada akhirnya jika ini kejadian, Aprilia akhirnya bisa membekali diri mereka dengan tim satelit, sekaligus menjaga jumlah motor partisipan di MotoGP tidak berubah. Adapun kombinasi, adalah wajar untuk berpikir bahwa dua realitas ditemukan. Kandidat lainnya, dari Aspar hingga Pons, atau mungkin malah Honda yang akan menambah satu team satelitnya lagi melihat eratnya hubungan Leopard Racing dengan HRC di Moto3 selama ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

38 COMMENTS

    • Suzuki mundur alasan ekonomi. Padahal jelas2 tahun lalu ada sponsor mau jd tim satelit nya, tapi prinsipal suzuki kekeh belum mau menghadirkan tim satelit. Lalu disini jelas kan siapa yg nolak rezeki? Jelas aja sponsor ogah merapat. Prinsipal nya yg di jepang sana itu kolot bin jadul.
      Dgn segala birokrasi njelimet nya ditambah orang2 tua itu ga turun lgsg ke arena melihat secara lgsg project tim balap nya seperti apa. Malah cuma berdasarkan pengamatan orang orang suruhan mereka. Ya ga masuk akal.
      Suzuki lg on fire dan tim suzuki adalah tim yg paling sehat dan kompak saat ini, tapi tidak dgn petinggi2 nya. Ibarat menebar bibit unggul secara benar, tapi orang2 tua itu berharap bisa di panen secepat2 nya.
      Pola siklus ekonomi zaman baheula itu udh jauh berbeda dgn pola siklus ekonomi modern yg lebih global saat ini. Jelas aja ga masuk klo di pakai rumus hitungan petinggi2 yg ada di negara nya itu.
      Ga heran di dunia jualan ataupun di dunia promosi (racing), suzuki selalu blunder. Ga pernah bisa sejalan dan ga bisa mengerti apa yg di butuhkan publik saat ini.

  1. Rumor corsedimoto RNF ke aprilia, vr46 ke yamahmud. Klo kejadiannya gini Leopard pasti ke hodna gk ke aprilia

    • Petronas aja mundur, apalagi pertamina yang backupnya negara dari atas sampe rakyatnya yang gamau berinvestasi dan bersabar dengan waktu wkwkwk

      • Hehe jadi keinget ironi dari rio haryanto bung richard
        Pembalap yg punya prestasi bukan sekedar lewat di kelas f2. Sampe f1 harus susah payah cari sponsor eh dikata katain sama masyarakat kita yg entah mereka tau atau mereka bener bener gx tau soal dunia sponsorship
        Miris sih. Dikatain ngapain bayarin orang ngabisin duit negara buat hobi 1 orang bocah, kan duitnya bisa buat bangun jalan tempat ibadah subsidi bbm blt gx usah pake balap balapan lah gx bikin rakyat sejahtera
        Dikira apa apa yg dikeluarin dari bumn itu duit negara. Duit rakyat hasil pajak rakyat btw mang rakyat yg mana yg bayar pajak? Apa semuanya? Kok dikit dikit duit hasil pajak rakyat
        Iykwim
        Gx usah muluk muluk mandalika mau bikin tim motogp. Lunasi dulu tuh utang sama tim di cev.

        • Ya gimana bobroknya negara ini tuh dari hulu ke hilir. Bumn nya ya politik, eror dikit negara jga yg kena beban dll dll

          Saya kalau jadi Rio Haryanto sih fix seumur umur sepanjang garis keturunan udah gamau lagi ada unsur cinta Indonesia sih, ganti ktp bedol desa ke luar negeri.

          Dan bikin drama berjilid jilid setelah itu

    • hahahaha

      Jangan BUMN lah, Hancuuur, giliran menang klaimnya bukan main, giliran ada problem, gak mau disalahin, lepas tanggung jawab, masalah lempar sana sini hahaha

  2. Mir ama Rins langsung di gaet leopard, lumayan kan ada yg clbk. Tapi gk mungkinlah gk ada pabrikan yg tertarik dgn duet rider ini.

  3. Kalo Leopard ke Honda, bisa jadi reuni FQ20 dan JM36 nih…
    Kan dulu pernah bareng setim waktu di moto3 (cmiiw)…..

  4. Berharap sistem konstruktor ala F1 dipake lagi di motogp kayak era CRT – sewa/beli mesin dari pabrikan, bikin sasis dan bodywork sendiri

  5. Bagusnya berita mundur ini untuk dorna di awal awal musim sehingga dorna bisa buat strategi sedari dini.
    Jeleknya buat pembalap dan suzuki sendiri, ada beban mental dan suport sepertinya sudah mentok. Ga ada lagi inovasi baru.

  6. kalo saja boleh beli paket gsxrrnya dan bisa jadi tim independen yg pake motor discontinue yg masih kompetitif,kayak Hayate Kawasaki pada jamannya mungkin tim Leopardon akan melakukannya wkwkwk

      • Klo Kawasaki dulu sih diserahin ke Harris ato apa gitu, yg jelas bengkel privateer terbaik di eranya. itu jg cuma kedapetan bikin beberapa part doang dan ngurus maintenance, sementara part vital dan kru penting masih dari KHI saat itu dan sasis masih diurus Suter. Suzuki klo mau dan boleh sih, mending jual aja itu semua aset yg menyangkut gsxrr ke salah satu produsen sasis moto2, klo emg ada teknologi yg super rahasia ya lepas aja, ganti pake teknologi konvensional misal srvvt dilepas, ato jeroan mesin dikit diganti klo atut dikepoin pemakai inline laen. Ya minimal ga mubazir motor sekompetitif gsxrr harus berakhir di museum ama display pameran doang padahal masih biss raih prestasi, ato kali2 gsxrr bisa di improve lg dgn campur tangan otak laen dari Jerman/Inggris biarpun harus ditempel brand laen. Mirip lah ama BrawnGP di F1 ato Hayate aka Kawasaki dulu. Berharap sih ada keajaiban kaya WCM, Harris, Blata, ato bahkan KR balik ke gp lagi manfaatin peninggalan Suzuki.

  7. Wak haji mau nanya, kalau tim independen misalkan pakai mesin GSX ( yg kemungkinan sudah tidak aktif lagi tahun depan di MotoGP ), bisa tidak ya Wak,,?
    Atau tim independen harus pakai mesin peserta pembalap, toh mesinnya kan di cek sama sama Dorman juga

  8. gimana kalo suzuki di sponsor oleh leopard racing ini jadi suzuki leopard racing gitu bukan esctar lagi

  9. Klo saya yakin bahwa mundurnya Suzuki ini akan pengaruhi pamor Motogp, krn S ini yg kentara bisa obrak abrik dominasi H dan Y, lalu saat ini duo S ini jg yg bisa obrak abrik topspeed Ducati. era 2023 setelah S mundur Motogp serasa hambar. H, Y, D dan S ini sdh jd Icon Motogp.

  10. 2015 mundur itu biasa dan tak ada yg menyayangkan krn S sdh terlihat dengap-dengap krn tdk kompetitif, Tp mundur saat moncer moncernya kan khilangan SESUATU banget.

  11. Kawasaki sdh merasa nyaman di WSBK krn efektif u. promosi motor massal mereka, jgn jgn nih Suzuki mau ke WSBK ajalah, murah, efisien, efektif buat jualan ikut jejak Kawasaki. mungkin

    • Suzuki aja yg gak bisa manfaatin momen motogp..
      Buat kek motor sesuai design pasar..
      Marketing di upgrade…

      Lha kemarin, udh bisa juara motogp..
      Eh gak ada , marketing yg di upgrade..
      Klo gak ngiklan di tv..
      Minimal bayar influencerlah di sosmed2..

  12. ….ngk bisa sblm ada duit panjer n duit mou klausula ribet yg intinya akhirnya bila ngk akan ada update RnD (dr pihak Szuki)…..tim indep ngk akan mau liat kasus mesin Honda n Renault di F1 ngk jauh2x kaya gitu akhirnya ilang ……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.