TMC ADS TMC ADS TMC ADS TMC ADS
Home MotoGP Joan Mir : ” Marc Marquez tak mengintimidasi saya “

Joan Mir : ” Marc Marquez tak mengintimidasi saya “

46

TMCBLOG.com – Pembalap pabrikan Suzuki, Joan Mir adalah salah satu dari sedikit talenta yang eksepsional di MotoGP. Dia bertindak secara diam-diam tetapi efektif. Itu sebabnya dia mungkin bisa berakhir di Repsol Honda pada 2023. Joan Mir adalah bakat luar biasa dengan kaliber yang sangat tinggi. Dia sudah menarik perhatian pada tahun 2014 ketika dia menjadi runner-up di Red Bull Rookies Cup; Mir menjadi juara dunia Moto3 pada tahun 2017 bersama Leopard Honda dan juara dunia MotoGP pada tahun 2020 pada usia 21 dengan Suzuki GSX-RR bersama team Suzuki Ecstar.

Bahkan sebelum debut Suzuki di MotoGP pada musim 2019, manajernya Paco Sanchez telah bernegosiasi dengan Honda, tetapi pabrikan Jepang ini hanya menawarinya tempat di tim satelit LCR, Joan menolak dengan sopan dan memilih Suzuki.

Pada tahun 2021 Mir menyelesaikan kejuaraan dunia di tempat ke-empat, saat ini ia berada di urutan keenam di MotoGP. Mir mungkin hanya memiliki satu kemenangan MotoGP (Valencia 2020) tetapi dia adalah favorit untuk menjadi teammate Marc Marquez di Repsol Honda untuk tahun 2023 dan 2024 jika Pol Espargaro tidak segera membuat langkah besar.

Ada pembalap seperti Marc Marquez dan Jorge Martín yang daya penampilannya menarik perhatian dan membuat mereka sangat populer. Dan kemudian ada pembalap lain, seperti Joan Mir, yang bertindak lebih diam-diam dan tidak mencolok, tetapi masih sangat efektif dan sukses di kelas primer. Anda tidak akan pernah melihat Joan panik, dia tidak terbawa suasana, sulit dibayangkan Mir dengan ledakan kemarahan atau kurangnya kontrol, dia selalu sopan dan baik di segala kondisi dan situasi.

Jika mereka adalah seorang olahragawan atletik, Marc Marquez dan Jorge Martin adalah sprinter murni. Joan Mir akan lebih menjadi pelari jarak menengah yang hanya benar-benar membiarkan dirinya berlari ke garis finish. Ini persis bagaimana Joan Mir mendekati kejuaraan dunia. Keenam, keenam, keempat, keempat, crash dan keenam lagi di Jerez – ini adalah hasil Joan Mir untuk musim 2022.

Bintang Suzuki ini tertinggal 33 poin dari pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo (Yamaha). Tapi masih ada 15 balapan lagi. Tahun 2021 yang lalu, setelah enam balapan MotoGP Mir bertahan di posisi kelima dengan 65 poin, sembilan poin lebih banyak dari yang dia miliki saat ini menuju ke Le Mans.

MP : Pendekatan Anda yang luar biasa mengingatkan pada tupai. Anda menimbun poin di paruh pertama musim, meningkat di babak kedua dan kemudian menargetkan memenangkan gelar. Tapi di Portugal, Jack Miller ‘menembakmu’. Dia sedikit mengacaukan rencanamu, apakah itu benar?

“Kami berada dalam olahraga di mana insiden seperti itu bisa terjadi. Jelas bahwa Portimao adalah tempat di mana Anda harus tampil menyerang. Itu adalah balapan di mana Anda bisa mendapatkan banyak poin. Tapi hal itu tidak benar-benar berhasil. Kami masih tidak jauh di belakang di klasemen. Kami masih bisa memiliki posisi di kejuaraan dunia yang lebih baik. Tetap saja, tidak apa-apa. Kami hanya harus mencetak poin yang lebih baik di balapan berikutnya.”

MP : Apakah Anda memiliki trek GP di mana Anda mengharapkan podium atau bahkan kemenangan?

“Anda dapat menyerang kapan saja, kapan saja. Tapi Anda benar, pada saat yang sama – sebagai pembalap – Anda tahu beberapa trek yang paling cocok untuk Anda. Bagi saya Austin selalu menjadi salah satu titik lemah saya. Itu sirkuit yang saya tidak suka. Dan jika itu masalahnya, membalap jadi nggak flowing.”

MP : Tetapi di tahun di mana semuanya berjalan dengan cemerlang, Anda dapat melakukannya dengan baik di sirkuit mana pun.

“Itu benar!, Di tahun yang spektakuler seperti yang dialami Marc Márquez pada 2019, Anda akan unggul dalam segala hal, bahkan yang biasanya membuat Anda kesulitan. Itu terjadi pada saya ketika saya memenangkan gelar Moto3 pada 2017 dan di MotoGP pada 2020. Dalam kedua tahun itu saya sukses di setiap trek balap.”

MP : Dan bagaimana dengan tahun 2022?

“Saya pikir tahun ini saya menyembunyikan kelemahan dengan baik. Setidaknya itulah perasaan yang saya miliki.”

MP : Berapa banyak angka nol yang bisa didapatkan oleh seorang penantang gelar dalam setahun?

“Sebaiknya tidak ada. Namun dengan 21 balapan, jelas peluang tersingkir di salah satu kompetisi tersebut semakin besar. Saya kira dua kali nol (poin) bisa. Tapi di musim yang seimbang ini Anda bahkan mungkin bisa mengalami lebih dari dua kali nol poin.”

MP : Apakah Anda memiliki keraguan tentang penandatanganan dengan Repsol Honda sebagai rekan setim Marc Marquez?

“Apakah saya berani? Ya, saya pasti berani.”

MP : Saya bertanya karena Marc sejauh ini ‘menelan’ semua rekan satu tim yang telah berbagi kotak dengannya dengan sepenuh hati Dari Pedrosa ke Jorge Lorenzo ke Pol Espargaro.

“Saya yakin Marc adalah pembalap motor terbaik dalam sejarah. Tapi menjadi rekan setim Marc Marquez, tidak akan mengintimidasi saya. Tidak, Marc tidak membuat saya takut.”

Manuel Pecino

Versi bahasa Inggris

TMC ADS
TMC ADS

46 COMMENTS

  1. Juara dunia tapi kurang “entertain”. Itu sebabnya meski bisa juara dunia tapi gak bisa membuat suzuki laris di pasar selain karena faktor desain.

    • Marketing sijuki yang gak bisa liat peluang kesempatan!!! Ketika mir jurdun

      Beda dari Yamaha, hodna…

      • Emang Juki pabrikan lawak asli, udah beresnya langka, part fast moving aja ga nyetok, nginden ditolak, lawak emang Suzuki, punya aplikasi buat beli sparepart online lemotnya najis2 percuma dikasih fitur chat, dichat juga ga ada yg gubris, jujur Suzuki terlepas dari tampang2 produknya yg fugly, build quality lebih bagus dari Yamaha apalagi dari Honda, cuma aftersalesnya masih kalah sama pabrikan cina berkedok Itali…

    • Lebih ke model motornya.ketika anda masuk ke diler suzuki.maka nafsu anda langsung hilang dalam sekejap.mau beli motor apa coba.udah gak niat pabrikan budek.

    • Lebih ke manegemen dan kebijakan Suzuki sendiri yg membuat mereka seperti ini, seolah Suzuki tdak melihat fakta lenyap ny nokia dari singgasananya. Saya menebak semua atpm Suzuki d berbagai negara tdak bisa berbuat banyak, keputusan sllu harus dri Jepang dan sialny pihak pusat sana terlalu batu. Berbeda dgn sesama pabrikan Jepang lainny yg tiap atpm masing2 negara d beri kelonggaran untuk membuat suatu produk khusus sekalipun hanya untuk di satu negara saja

      • Hayabusa.. designya emg retronya ada futuristiknya ada..
        Mantab , cumab penggemar moge di indonesia koq jrang ada yg beli itu ya

  2. Setidaknya bikin penasaran penonton seperti apa Mir ngendarain RC213V

    RHT
    Marc Marquez
    Joan Mir

    LCR
    Ai Ogura
    Alex Marquez*
    Pol Espargaro*
    Jack Miller*

    (*) cap cup cup aja siapa yang kepilih

      • LCR Honda akan lebih baik kyakny pkai duo Alex rins- Alex Marquez. Untuk Ogura nakagami ataupun chantara ada baikny Honda team Asia dgn dukungan HRC melebarkan sayapnya ke klas MotoGP mengambil slot suzuki. Tpi sperti itu sangattttt kecil kemungkinannya

      • Yah kan lcr tim satelit bukan tim independent, tim satelit hodna. Segala keputusan harus naik ke hodna dulu dan pembalap mereka yg gaji hodna. Beda sama dulu yg bener bener independent, pembalap mereka yg gaji sendiri jadi bebas mo milih pembalap siapa aja suka suka mereka

    • Ya Redbull lah kalo mau lebarin sayapnya…
      Tapi masalah nya Redbull sudah punya kontrak KTM

      Kalo pemikiran liar gua sih bagusnya HRC yang nerusin proyek Suzuki MotoGP 😂😂😂

      Sekali menyelam minum aer

    • sayang banget emang kalo ga dipake,at least Crossplane pneumatic ssg nya dibenamkan ke GSX-R1000 tapi harganya hampir dipastikan gak bisa masuk range maksimal yg ditentukan WSBK

      • Hampir mustahil sih pneumatic ama ssg jadi produk massal, mentok2 ya kaya Yamaha cuma bisa bawa crossplane ke superbike, sisanya tetep jd rahasia dapur. Krn klo ampe teknologi motogp dibawa ke superbike, maka mayoritas motor superbike yg make inline bakal saling nyontek. Akhirnya yg susah2 riset di motogp sapa, tapi teknologinya malah merata di mesin2 inline superbike laen. Ducati V4R aja di downgrade sana sini biar suatu hari ga ada yg nyontek teknologi motogp mereka, yg masih dibawa dari desmosedici gp ke V4R ya cuma teknologi yg udh paten milik Ducati yg dikombinasiin ama teknologi yg udh jamak di superbike tapi jarang dipake pabrikan laen.

  3. Strategi shizuka memang antik. Nggak divisi motor, nggak divisi mobil.
    Launch carry minibus. Bodi karoseri. Tampang seadanya. Jendela engkol. Seat belt gantung. Tanpa takometer. Dashboard sama kayak versi pick up. Harganya 260 jutaan 😂😂

  4. jadi inget motogp unlimited eps 7, dia agak panik komentarnya ttg marc di presscon quali di goreng jurnalis

  5. Cuma penasaran kalo nanti mir ke respol dia pake helm apa. Semenjak mbah cabut gak ada pembalap respol yg pake ageve, terkahir si pol dari ageve ke hejece. Apa ada hubungannya sama si mbah ? Ageve ke respol seperti ada larangan gitu wkwkwk

    • mnurut gw sih klo ke Repsol cocok pke helm Japan Shoei/Arai dan wearpack Alpinestars tpi klo Mir kemungkinanya kecil pke helm Japan jadinya mungkin kaya Pol yang pke HJC wearpack ttap Dainese jika memang benar ada “restrictions” tidak tertulis masalah apparel yang berhubungan sama si mbah

      • Soalnya pas si pol sempet baca disalah 1 media luar entah gorengan atau bukan, karena mayoritas sama ageve yg megang saham mbah jadi ada semacam intervensi. Makanya penasaran nih mir nanti gimana

  6. Klo liat cara Mir selesein balapan dia lebih cocok disebut pembalap papan tengah yg konsisten. Klo lawannya ga ada yg konsisten, maka dia otomatis jd penantang jurdun, tpi klo lawannya keseringan menang, ya dia cuma ada di papan tengah klasemen.

  7. Antara bisa mengikbangi marc atau akan di telan marc juga. Selama ini marc ga terkalahkan mau teammatenya siapapun juga

  8. Mungkin slot suzuki jadi Alpha Tauri MotoGP? Mesin suzuki dibeli trus di develop sama RBPT. Red Bull duitnya banyak kok.

    • di divisi motoGP redbull sama KTM udah ada kontrak eksklusif, kayaknya kecil kmungkinan kalo ambil alih suzuki. sistem di motoGP sama skali beda dengan F1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.