TMCBLOG com – Gelaran One Make Race Yamaha Sunday Race seri pertama tahun 2022 ini berlangsung sukses dan diikuti 107 starter dari berbagai kelas baik kelas profesional dan juga kelas komunitas. Menariknya, Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race 2022 Sentul menjadi kompetisi balap motor sport yang digelar pertama tahun ini dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19 sesuai dengan peraturan pemerintah. Event ini juga dapat terselenggara berkat dukungan dari Yamalube, IRC, KYB, NGK dan YES24 sebagai sponsor.

Berlangsung di sirkuit Sentul International, Bogor Jawa Barat, event OMR ini tampil cukup meriah setelah 2 tahun tidak digelar oleh Yamaha akibat dampak pandemi C19 di Indonesia. Hanya saja rasa rindu para pembalap sedikit dikecewakan dengan kondisi lintasan yang dinilai kurang layak dan jauh dari rasa nyaman untuk dipakai balapan.

Pembalap yang naik ke podium dan diwawancarai media pers pun semuanya sepakat mengeluh tentang hal ini. Salah satunya pembalap kawakan Yamaha – Rey Ratukore- yang finish di posisi 2 kategori Sport 250 cc Pro. “Untuk kondisi sirkuit sendiri kalau mau dibilang, ini beda dari sirkuit yang lain.” kata Rey membuka sesi interview yang diiringi tawa. “Karena kita dituntut untuk fokus. Mungkin di Eropa, yang saya pernah balap di sana, di Eropa juga harus fokus tapi di Sentul ini wajib makin lebih fokus lagi. Benar kan Galang?!” lanjut Rey.

“Kami gak boleh hilang fokus, karena saat hilang fokus sepersekian detik maka berpotensi crash. Karena saya lihat pembalap lain beberapa kali keluar kaki hampir terjatuh saat menikung. Saya lihat teman-teman media sendiri sudah mencoba sirkuit pagi ini di sesi Ride Experience dan bisa menjawab seperti apa kondisi aspal sirkuit.” tutup Rey yang langsung mengoper mic ke Galang Hendra.

Aspal straight Sentul

Kemudian Galang Hendra yang menyelesaikan balap di posisi 4 pun menambahkan; “Tadi sudah dikatakan oleh Rey, di sini [Sentul] kami gak boleh hilang fokus sedetikpun. Sangat disayangkan kondisi aspal jauh berbeda dibanding 2 tahun lalu di mana kondisi aspal masih memungkinkan kami balapan pada racing line yang proper. Sedangkan hari ini kami ketika berada di racing line saja harus berpikir 3 hal. Pertama bagaimana cara mengontrol ban depan supaya tidak hilang grip. Kedua bagaimana bisa memanage throttle di racing line. Dan ketiga harus berlikir bagaiamana caranya supaya tidak jatuh.” kata Galang menanggapi.

Menutup sesi post race interview, Rey dan Galang selaku salah dua pembalap senior dan memiliki jam terbang di ajang balap internasional dalam Yamaha Sunday Race kali ini pun berharap dari pabrikan (Yamaha) bisa membawa event ini ke level yang lebih tinggi lagi. “Saya berharap YSR bisa dilaksanakan tidak hanya di Sentul karena ini salah satu ajang yang kami manfaatkan sebagai persiapan menghadapi balap Asia [ARRC], mungkin bisa [pindah trek atau sirkuit diperbaiki] di tahun depan.” tutup Rey Ratukore.

Sedangkan Galang menanggapi pertanyaan mengenai usulan YSR diadakan di sirkuit Mandalika; “Kalau saya setuju saja jika diadakan di Mandalika. Karena kualitas sarana (sirkuit) akan menentukan kualitas pembalap.” | –Nugi

Hasil Yamaha Sunday Race 2022 Seri 1 

22 COMMENTS

  1. Kemaren katanya dah di aspal ulang.apa cuma beberapa bagian saja yg di aspal.
    Kalo di mandalika.penyelenggara pasti mikir biaya logistik yg lumayan mahal.

  2. Ga mandalika ga sentul, penyakitnya aspal minta diulang padahal samasama baru 😂

    Yang satu ya begitu, yang satu efek resurfacing dalam keadaan panik kalah saing ?

    • apa karena tropis tapi teknologi ngaspalnya ngga sesuai iklim nya?
      belum ada yang riset ibaratnya. karena rata2 yang punya sirkuit itu adanya di daerah dingin.

      • Sepang Malaysia ? etapi ini jatuhnya punya perorangan ya, koneksinya mungkin ga seoke mandalika yang bisa nanya lintas negara

  3. Lah bukannya abis diaspal ulang?
    Kalau masih jelek sih berarti butuh perbaikan total kayaknya, sekalian perlebar runoff area atau mungkin ganti layout sekalian
    Sayangnya ini sirkuit punya swasta jadinya ya agak susah buat cari modal dari pemerintah…

  4. perasaan baru di aspal ulang kan ya sama Pertamina ?
    dan juga apa kabar nih yg katanya mau di rombak sama Ridwan Kamil ?

  5. Mandalika…boleh asal ajak vlogger otomotif lokal lo. Kita juga bisa balap kok ..cuma gak ada kesempatan hehe

  6. Seakan-akan Indonesia negeri terbelakang soal ngaspal! 😭

    Itu bandara banyak baru dibangun,atau run way di aspal ulang aman aje, dihhajar ban pesawat… Soekarno-hatta ada T3, belom bandara lain di Indonesia yang baru,

    Prihatin ngurus sirkuit aja, mbulet!!

    Kalo tidak sanggup kelola gak ada duit ngomong, jual ke pihak laen!! 🤣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.