TMCBLOG.com – Bicara Perbedaan Mengenai Superbike ( WSBK ) dan MotoGP tentu teman teman sudah banyak yang faham. Baik itu regulasinya, Jenis Motornya, Perbedaan Jenis ban, Jalannnya race weekend dan Lain lain. Namun Bagaimana Jika rasanya ? Nggak Banyak pembalap bisa menjelaskan dengan begitu detail. Salah satunya yang menurut kami bisa mendeskripsiannya dengan Cukup Detail adalah pembalap HRC team Iker lecuona yang tahun 2021 lalu masih Menggunakan V4 MotoGP KTM namun di 2022 ini full menggunakna Inline 4 WSBK Honda. Kepada Moto.it Ia bilang Begini  . .

” kategori yang paling dekat dengan MotoGP adalah Superbike, tetapi juga dalam hal ini kita berbicara tentang dua motor yang sangat berbeda. Di Superbike Anda harus belajar mengendarai motor yang banyak bergerak, Anda harus hidup dengan karakteristik ini.

Di MotoGP motornya lebih stabil. Di Superbike Anda memiliki margin kesalahan yang lebih besar. Anda dapat membuat kesalahan karena Anda punya waktu dan cara untuk memulihkannya, sementara di MotoGP jika Anda membuat kesalahan, balapan Anda akan segera berakhir” Dari penjelasan di atas Lecuona Mau Bilang bahwa Margin kesalahan di MotoGP sangatlah tipis.

“Saya menemukan gaya berkendara saya lagi. Saya berasal dari supermotard dan itulah mengapa saya suka motor yang ‘bergerak’, saya suka mengendalikan motor yang dalam keadaan Selip dan memanfaatkannya untuk melaju lebih cepat. Ngebut dengan kecepatan penuh melewati tikungan Assen dan sensasi nya cukup unik. Di Superbike Anda hampir tidak perlu menutup gas, karena Anda selalu dapat memeriksa sepeda Anda”.

“Di MotoGP, motor membuat perbedaan besar. Di MotoGP Tidak akan mungkin terjadi di mana ketika Anda memiliki masalah, Anda hanya perlu mencoba untuk membatasi kesalahan ( damage -Limitation )” . . . Di akhir Interview, Lecuona meberikan sedikit bocoran mengenai Fireblade ” Sepertinya tahun depan Honda akan membuat model Fireblade baru yang lebih canggih, tepatnya untuk memecahkan beberapa masalah yang membatasi kami di trek.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

34 COMMENTS

    • Itu jg klo Casillas ga tergiur balik ke lapangan bola, maksud gw balik motogp ato stay wsbk tapi pindah ke Ducati ato Kawasaki.

    • hooh, gak ada perangkat elektronik yg membantu rider utk stabil..
      makanya kalo salah sedikit, lawan udah jauh di depan..

      mungkin begitu kali maksudnya…

      • @windboy rcv pasti lebih stabil. Cuma kecepatan rcv jauh lebih tinggi, ada kesalahan sangat kecil, bisa langsung high side atau lowside. Kecepatan rrr lebih kecil, ada kesalahan kecil, lebih mudah untuk dikoreksi. Dan di motobiji,, kompetisinya sangat ketat, jaraknya seper sekian detik. Harus bener2 push to the limit sepanjang race. Jadi butuh motor yg bener2 perfect dan pembalap harus mampu handling dengan baik

    • Motor dikendalikan elektronik
      Kalo mau coba sensasinya , bisa main game simulasi dan steering assist nya dikurangin atau off semua

  1. Senjata Honda d semua lini benar2 membutuhkan upgrade, mulai dari nsf250rw yg udah engap2an melawan KTM rc250gp dan kloninganny, rc213v yg udah babak belur d MotoGP, cbr1000rr-r yg hanya motor penonton d WSBK sampai versi superstockny pun tak mampu bicara banyak. Mampu Kah mereka mengupgrade performa senjata mereka ini semua dlm waktu dekat ?

    • HRC di WSBK masih mending karena beruntung mendapatkan pembalap referensi penuh potensi jadi bisa progres ke arah yang benar

    • Di google, tapi kurang luas jangkauannya. Padahal di TT, JSB, ASBK, ampe ARRC CBR lumayan kompetitif. Info aja, 4 ajang yg gw sebut speknya lebih stock dari wsbk ato bsb.

    • Fireblade itu malah hampir di semua balapan stock justru bertaji tau. Bahkan dari yg model lama juga begitu… (Tapi asalkan pake racing kit yg disediain HRC) 🤣. Khusunya Triple R ini hasil balapnya oke2 semua. Cuman di wsbk doang yg melempem

  2. Menurut pendapat saya yg awam:
    Apa ideal mbandingkan mtogp vs wsbk, tp dgn 2 pabrikan berbeda dan tipe mesin yg berbeda?

    Maksud sya bgini, kalo bandingan desmo gp vs desmo wsbk mgkn msh compare (sama2 ducati n sama v4)

    Tp ketika mbandingin yg beda pabrikan + beda tipe mesin, sepertinya semua org pasti tau…pasti beda banget. Belum lg ke ecu, suplier ban, dll.

    Kalo bautista mgkn lbh bisa mbandingin…mgkn loe ya. Secara dia pernah di ducmotogp n skrg di ducwsbk

  3. harusnya motogp HRC ambil oemabalap muda hsil buangan KTM untuk taroh di LCR dan tandem marquez, idemitsu taroh oembalap japan buat lab berjalan, tp ah sudahlah sy udh gk nnton gp sejak mm operasi dan nnton motogp sdh membosankan, krn bla bla bla u know lah…

  4. MotoGP makin kebanyakan perangkat penunjang jadi error dikit entah dr manusia atau motornya udah pasti tertinggal sekebon

    contohnya dulu fairing rompal masih bisa aja dapat podium,sekarang winglet copot sebelah aja udah melipir ke Paddock

  5. saya suka mengendalikan motor yang dalam keadaan Selip dan memanfaatkannya untuk melaju lebih cepat
    artinya kalau dari style balap emang gak jauh kayak sembalap jadul yang suka powerslide tapi pas udah bisa adaptasi ama KTM malah dibuang

    • KTM casis terlalu kaku, cocoknya dinaekin ama pembalap yg takut ngesot kaya Pol Espargaro. Etapi Binder jg punya style mirip Stoner sih, biarpun suka ngesot tapi lumayan jg naek KTM. mgkin Binder ama Casillas klo dikasih RCV warisan Marquez yg ngesot2 hasilnya lebih bagus.

  6. Sekalian bandingin motor spek suzuka 8 hours wak, hal tersulit malah bukan adaptasi sama motor tp malah sama ban. Yg mana pak reli sama bridgedtone punya karakter yg sangat berbeda kata dia

  7. Berarti Iker udah mulai masuk sesuai minat dan bakat dong ya, tinggal motor ditune lebih kuenceng dan stabil di segala kondisi

  8. Ya karena motor-motor superbike itu aslinya motor harian yang dimodif sedemikian rupa jadi motor balap, beda sama motogp yang motornya murni buat balap.

  9. padahal karakter RC213V era sebelum pandemi itu ya bergerak, motor paling gak bisa tenang di lintasana, tapi cocok aja dengan pawangnya STO, PED, MAR…nah iker ini perlu di kasih kesempatan 10 lap untuk push the rc213v di aragon!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here