TMCBLOG.com – Lebih dari 10 slot, masih ada banyak pembalap MotoGP 2023 yang belum terkonfirmasi pasca 11 race perdana musim ini. Padahal mayoritas pembalap memiliki kontrak yang akan habis di akhir musim 2022 ini. Ada banyak rumor, tetapi semuanya menunjukkan fakta bahwa untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun kita akan memiliki grid musim 2023 tanpa pembalap pemula / rookie.

Kepergian Suzuki pada akhir musim ini telah mengurangi jumlah tempat yang tersedia. Hal ini dapat menyebabkan sulitnya pembalap Moto2 memiliki slot kosong di team MotoGP 2023. Jika berbicara Rookie 2023 ada nama Ai Ogura dan Celestino Vietti yang merupakan dua kandidat terkuat. Namun melihat pergerakan sampai pekan kedua Summer Break 2022, sepertinya keduanya harus menunggu hingga 2024 untuk melakukan debut di kelas utama. Ogura diplot muntuk menggantikan Nakagami dan semuanya bergantung sepenuhnya dan eksklusif pada Honda.

Dalam kasus Celestino Vietti, itu tergantung pada pergerakan tempat kosong di Mooney VR46 Ducati team. Namun seperti yang kita lihat baik Marco Bezzechi dan Luca Marini tampaknya belum ada tanda-tanda akan pindah pabrikan ataupun pindah team.

Sejak Moto2 menggantikan GP250, lebih dari 30 pembalap telah naik ke kelas utama, di mana hanya 50% yang benar-benar bersaing memperebutkan titel juara dunia MotoGP. Di antara mereka ada nama-nama seperti Marc Márquez, Johann Zarco, Pol Espargaró, Maverick Viñales, Alex Rins, Pecco Bagnaia, Joan Mir, Fabio Quartararo atau Enea Bastianini, yang memperlihatkan potensi kuat performa di kelas raja ini.

Mir ada potensi berada di Repsol Honda, Rins ke LCR Honda Castrol, Miguel Oliveira kuat diinformasikan akan pindah ke RNF Aprilia, Raul Fernandez akan bertandem dengan Oliveira sementara Pol Espargaro akan ke tim yang akan diubah identitasnya dari KTM Tech3 menajdi GasGas Tech3.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

21 COMMENTS

  1. Wkwkwk di medsos malah pada komen akun yamama monster tuh gara gara salah 1 media bikin rekap morbi tahun ini yg cuma 1x apa 2x gitu finish 10 besar dan sisanya zonk. Minta pada ganti pembalap wkwk

        • Pembalap AHM udh dibatesin maen IG, itulah knp nick Kucing udh ga pernah dipake. Sumber info Kucing cuma ngepoin status medsos pembalap dr pabrikan idolanya. Begitu sumbernya ilang ya dia mustahil dapet info. Tapi ybs masih sering ikutan komen pake nick laen kok kalo lu jeli.

  2. Lah,sangat disayangkan Ai malah gak segera dipromosikan
    Slot test rider jg penuh sih di HRC,WSBK udah mulai pake jasa Tetsu jg kemarin,harusnya sih Taka gantiin Bradl yg udah makin tumpul

    • Turun ke moto2 kayanya. Tapi menurut gw harusnya dia dikasih kesempatan di motogp minimal 2 musim, kesian klo cuma semusim nasibnya bakal sama aja kaya Michel Fabrizio, Leon Haslam ato Brandon Clarke.

  3. Menurutku ini malah akan bagus untuk iklim kompetisi Moto2 biar engga seperti yg udah2. Sang juara meninggalkan medan laga, pembalap2 di bawahnya tawuran lagi untuk jadi raja baru, abis juara ditinggal lagi. Gitu aja terus sampai si anu bisa dpt momentum jadi juara dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.