TMCBLOG.com – Dari Bulan Januari Sampai Bulan Mei 2022 yang lalu Jumlah Sepeda motor yang sudah terdistribusikan secara wholesales ke Seluruh Indonesia dari 5 Produsen sepeda motor Anggota AISI adalah sebanyak 1.950.293. Angka ini turun sekitar 3,5 % dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 yang lalu dimana terdistribusi penjualan sebanyak 2.021.532 Unit Motor baru di pasar Domestik Indonesia . . .

Ini cukup Menarik untuk dianalisa penyebabnya secara Sebenarnya kegiatan perekonomian sepertinya sudah beranjak menuju ke arah yang lebih positif dengan diangkatnya banyak pebatasan aktifitas dibandingkan tahun 2021 yang lalu. Namun sepertinya, keleluasaan ini tidak Inline dengan Penjualan Sepeda motor, padahal secara umum cukup banyak Produk produk baru digelontorkan ke Konsumen semenjak awal tahun.

Salah satu yang mugkin menjadi Penyebabnya adalah Isue tersendatnya Pasokan dari Chipset semikonduktor yang menimpa hampir semua lini produksi Kndaraan Otomotif sehingga berimbas ke tersendatnya produksi dari kendaraan secara umum. Pada Bulan Mei 2022 hanya 248 ribuan Unit Sepeda motor baru yang terdistribusi penjualannya secara wholesales  . . dan ini tuh hampir menyentuh setengah dari Catatan Bulan Sebelumnya yakni April 2022.

Jika dilihat dari Jenis Sepeda motor yang terjual, Jenis Scooter Otomatis masih menjadi Primadona dan bahkan semakin Kuat dengan menguasai Pangsa pasar sebanyak 86,87% atau sekitar sebanyak 1,69 jutaan Unit. Sementara Jenis bebek/ Underbone menguasai ceruk 6,99% disususul Sport dengan 6,14 %

kelangkaan Chipset Semikonduktor sepetinya tidak terlalu banyak mengurangi angka Produksi Produk ekspor yang masih berada di angka 50 ribuan di ke lima bulan pertama 2022. Penurunan Distribusi ekspor pada Bulan Mei 2022 dari Indonesia ke Manca negara hanya terkoreksi tipis di angka belasan persen saja.

Sementara itu Jika dilihat dari jenis Motor yang terekspor dari Indonesia tida setimpang penjualan Domestik. Skuter Meguasai 71,36% disusul Tipe sport sebanyak 16,92% dan Underbone sebanyak 11,72%.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

6 COMMENTS

  1. Chipset kena ancaman Dongfeng koh jinping sangat memukul penjualan sih memang

    Semoga semua konflik segera selesai biar ekonomi bangkit lagi,sekarang apa apa makin mahal

  2. Itu karena segmen ini lagi inn lagi dimana trail penyumbang terbanyak.. vixion aja kalah penjualan sama wr kok awokwokwok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.