TMCBLOG.com – Hadir kesempatan bagi para sultan untuk memiliki salah satu motor paling bersejarah di kelas intermediate kejuaraan balap dunia Grand Prix sepeda motor. Yes Moriwaki MD600 Toni Elias 2010 Gresini Racing dijual. Sepeda motor ini memiliki silsilah yang keren: tidak lebih dan tidak kurang dari tujuh kemenangan sepanjang musim 2010 di  Jerez, Le Mans, Sachsenring, Brno, Indianapolis, Misano dan Motegi sampai akhirnya sanggup mengunci gelar juara dunia Moto2 saat itu di Sepang dengan finish di posisi 4.

Menggunakan sasis buatan Moriwaki, sasis Moriwaki MD600 Gresini Racing membalut mesin 599cc Honda dengan konfigurasi inline-4 yang berasal dari Honda CBR600RR. Sasis prototipe aluminiumnya berjenis twin-spar yang menawarkan opsi modifikasi sudut maju dan variasi posisi poros swingarm untuk menyesuaikan setup sasis – swingarm yang sesuai kebutuhan setiap pembalap. Saat itu, setingan mekanis ini merupakan salah satu kemajuan tersendiri untuk kelas intermediate.

Detail parts lain, Moriwaki mengandalkan perusahaan asal Jepang Nissin untuk melengkapi sistem pengereman MD600 besutan Toni Elías ini. MD600 ini yang juga memiliki suspensi Ohlins baik fork depan maupun shock belakang, knalpot full system brand Termignoni, dan fairing dari bahan serat karbon murni.

Bobot keringnya hanya 135 kilogram, dan tenaga yang dihasilkan oleh mesin CBR600RR tweak Moto2 saat itu sekitar 135 hp. Dengan menyertakan dokumen asli yang membuktikan bahwa itu adalah sepeda motor juara Toni Elías, motor ini dijual dengan harga 100 ribu Euro atau sekitar 1,5 milyar Rupiah. Belum termasuk ongkir ke Indonesia tentunya ya.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

 

24 COMMENTS

  1. 1,5 Milyar utk motor grandprix dunia yg bersejarah , worth lah ya,
    untungnya ga di lelang, kalo di lelang mungkin bisa lebih,

  2. Kalo aja mesinnya prototype bakal lebih byk peminat=harga lebih tinggi. Jangan kata Moriwaki, Kalex bekas Zarco ama Tito aja kejual dgn harga yg ga jauh beda ama harga motor bekas wsbk, malah ama ownernya sering dipake trackday dipasangin mesin stock.

    • Gw lupa mau komen teknis, malah fokus ke harga. Ini salah satu motor yg masih pake dimensi gp250, selaen Motobi ama Suter. Ampe saking rampingnya fairing harus dibikin coakan buat akomodir lebar cover koplingnya. Baru sejak Bradl jurdun dan byk pemakai Kalex, pembuat sasis mulai ikut2an bikin motor gendut kaya Kalex.

    • FYI Moriwaki saat itu terinspirasi (kalo ga boleh dibilang nyontek) fairing motor motogp dgn aerodinamika terbaik saat itu (Ducati GP3-GP9), makanya ga heran bodi depan motornya semok tapi versi kecilnya krn ngejar dimensi kelas sebelomnya. Di moto3 mereka sempet jg bikin sasis bermesin NSF (bukan CRF kaya yg pernah beredar dimari) dgn bodi motor Itali laen terbaik dikelasnya saat itu aka Aprilia RS125, sama aja sih kaya kebanyakan peserta moto3 laen (Oral, Ioda, Mahindra, Bakker) yg pake fairing tiruan Aprilia. Sayangnya pemakai Moriwaki di moto3 ga ada cuma sempet wildcard aja.

      • Gw lupa kasi tau, utk versi awal masih pake fairing copy CBR yg ram airnya dibikin mirip M1, tapi cuma kepake di awal ampe pertengahan musim doang. Selebihnya pake copy Desmosedici di akhir 2010.

  3. Elisa saat itu pebalap yang terhitung downstep tapi mampu Juara dunia, yaa… Kalo gak berlebihan persis juara AP250 2017 Gerry Salim #31.. Dimana di musim sebelumnya masih balap SS600 gunakan CBR600RR,

    • Kyknya sih jauh lebih mudah adaptasi dari motor tenaga badak Motogp ke 600cc dibanding 250cc 2 tak ke 600cc.
      Dari pengakuan beberapa pembalap, ada lompatan yg gila-gilaan dari kelas gp250 ke gp500, pun gp250 ke kelas motogp 990/800.
      Ya tentu juga didukung skill Elias sendiri yg emg pada dasarnya cukup mumpuni.

    • @muke gile
      yup salut sih liat elias gak gengsi turun kelas, hasilnya malah cetak rekor jurdun pertama era Moto2. biasanya pmblp klo mentok di kelas tertinggi malah turun kelas, lgsng cabut ke WSBK atau ajang lain

  4. Paling kena pajak impor doang yang gak banyak, tapi gak beda jauh sih sama harga faktur karena gak bisa dibikinin BPKB. Motor2 SE aja begitu, sayangnya jadi mahal karena yang masukin IU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.