TMCBLOG.com – Pada hari Selasa kemarin beredar satu postingan pada group Bekakas Facebook yang mana dalam postingan tersebut seseorang yang bernama Nanda Oke Mahardhika memperlihatkan beberapa foto seperti orang sedang menguji motor baru. Dan pada postingannya disebutkan bahwa foto-foto tersebut diambil di daerah Baturaden, dengan rombongan test rider sedang riding menuju ke arah barat.

Beberapa spekulasi hadir mengikuti penampakan motor test yang modelnya seperti skutik Eropa dengan gaya klasik modern ini, dilihat dari bentuknya memang serupa dengan Grand Filano Hybrid yang sudah lebih dahulu dijual di Thailand dan Vietnam namun dengan beberapa perbedaan minor pada bagian tameng/tebeng body depannya. Entah akan dijual dengan nama yang sama yakni Grand Filano ataukah akan dijual di Indonesia nantinya dengan nama All New Fino??

Bro Nanda menuliskan informasi pada Bekakas ; “Apa kabar Mbah sekalian …. Pagi ini cucu lihat motor jadi jadian Mbah …. Warna hitam doff dengan model body khas Italia … Dengan 3 riders…. 2 pakai motor jadi-jadian dan 1 pakai Namex. Mungkinkah ini produk garputala Mbah? Lokasi di jalur keluar dari Baturraden arah ke barat …. Oiya maaf fotonya ngeblur … Maklum henpun jadul mbaaah …. Selamat beraktifitas buat Mbah semuanya ….”

Dari penuturan dan bukti foto yang ada bahwa motor test misterius ini dikawal oleh Yamaha NMax memang cukup menguatkan pendapat bahwa ini adalah motor buatan Yamaha Indonesia. Kita tahu kalau YIMM selalu menguji produk baru mereka di jalan raya daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur ataupun di luar pulau Jawa, pokoknya menghindari daerah Jabodetabek karena mungkin kebanyakan “mata-mata” dadakan di jalan ya.

Motor misterius dengan Yamaha Grand Filano Hybrid

Dilihat dari bentuk bagian depannya motor misterius ini bisa dipastikan akan masuk ke segmen motor skutik modern klasik, yang saat ini di pasaran Indonesia masih setia diisi oleh merk Vespa, Kymco dan per tahun 2020 ketambahan Lambretta dan juga merk Royal Alloy serta Benelli dengan Panarea.

Kalau begitu cocokologi dengan Yamaha makin klop karena Yamaha sendiri sejak awal tahun 2022 ini menghadirkan keluarga baru motor matik mereka yakni Classy Yamaha yang sampai artikel ini terbit masih diisi Fazzio sendirian. Classy series tersebut akan diisi oleh line-up motor dengan bentuk klasik ataupun retro modern. Nah, cocok kan kalau memang nantinya motor jepretan bro Nanda di Baturaden ini memang bikinan Yamaha?

Balik bahas desain motornya yang punya batok lampu dengan model membulat atau rounded kemudian headlight berbentuk berlian atau bahasa kerennya diamond shape yang disinyalir kuat sudah pakai LED bila dilihat dari pendaran cahayanya pada foto di atas. Lalu dari bentuk bagian tebeng depan juga khas banget model model motor klasik modern Eropa, yang mana bentuk lampu sein berdimensi kecil berada di samping dan bentuknya memanjang ke bawah.

Spatbor depan juga punya desain yang membulat. Mengintip roda depan juga disinyalir kuat memakai lingkar 12 inci dengan ukuran ban depan [juga ban belakangnya] yang tebal dengan profil yang ngedonat. Sayang sekali bagian belakang dan samping nihil penampakannya, jadi sama sekali gak bisa dibahas deh.

So far cuma ini yang bisa dibahas, informasi soal spesies motor baru pasti ditutup rapet banget bro. Jadi siapa tau temen-temen yang lain ada yang ketemu motor ini juga di jalanan, silakan sharing di kolom komentar atau punya fotonya yang lebih jelas, bisa deh tuh dikirim ke email TMCBlog.

26 COMMENTS

  1. Yamaha ngamookk…

    Tapi ini sih berpotensi bisa bikin orang yg mau beli Fazio mengurungkan niatnya, cakepan ini soalnya xixixi

  2. Kayak nya harga nya bakal di set lebih tinggi dari fazzio. Kalau pakai mesin lexi harga 25 juta ok juga. Paling2 pakai mesin sama kayak fazzio.

  3. Horeeee motor baruu lagi oktober baru perilisan kalau ga mundur jadwal nya soalny VIN 2023

    MAKASIH KAKAK !!!!

  4. Jadi keinget motor konsepnya yamaha wak
    Kalo ngga salah yamaha glorious concept
    Kyaknya bisa jadi mass production dri motor konsep ini

  5. Matic2 yamaha saat ini,yang sering kurang sinkron adalah sisi belakangnya. Mulai dari lexy,freego,soul gt,fazio,sampai gear. Kesemuanya kurang nyambung. Semoga kedepannya tidak terus di ulang.

  6. Mudah2an buntutnya tidak seperti filano hybrid yg sudah diluncurkan, jelek banget soalnya.
    Depan sih udah cakep

    • Jangan jangan filano 155, soalnya di artikel wak haji dulu pernah bahas motor concept yamaha vietnam model retro ber mesin 155 desain mirip sm yg di spyshot

  7. ya bagus juga Ymh lari ke desain beda dengan merk nganu..
    namun untuk desain futuristis yang elastis dan striptis, harus berani seperti mobil Hyundai yang bikin desainnya “ga peduli kata orang”

  8. Secara body yg bongsor, Grand Filano gk pas gendong mesin 125. Lbih pas kalo pake mesin 155 NMax. Biar FBY Retro yg kepincut Vespa GTS jadi ada pelampiasan.

  9. kalo terawangan ane ini masih grand filano hybrid 125, spek plek ketiplek sama yang di thai.
    buat harga sih kayaknya juga gak jauh-jauh dari thailand.
    versi non ABS kira-kira 23 gede sampai 24 juta.
    versi ABS 25 juta gede tapi gak sampe 26+ soalnya menurut ane bakalan bentrok banget harganya sama aerox meskipun beda positioning produk, harga bakalan sensitif buat buyer kalo terlalu dibuat mepet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.