TMCBLOG.com – Walaupun semenjak 1974 puasa gelar, MV Agusta tetap menjadi pabrikan Eropa paling sering ikut serta dalam balap Grand Prix. MV masih tercatat menjadi salah satu pabrikan terbesar dalam sejarah balap sepeda motor dengan torehan solid total 75 kali juara dunia (38 juara pembalap dan 37 juara pabrikan) antara tahun 1952 dan 1974. Saat ini MV Agusta masih bertahan ikut balapan global dengan tim di Moto2 dan kejuaraan dunia Supersport (WSSP). Kedua tim dengan bangga mengibarkan warna bendera Italia dengan warna merah/putih/hijau merek Reparto Corse (departemen balap). Dan baru-baru ini, MV Agusta merilis secara resmi livery Reparto Corse itu ke tiga produk produksi massal mereka: F3, Dragster, dan Turismo Veloce untuk model tahun 2022/2023.

Ketiga produk ini  menggunakan mesin berpendingin cairan yang sama, DOHC, 798cc inline-triple, namun dengan setup yang berbeda menyesuaikan keadaannya untuk menangani tugas atau utilitas yang juga berbeda. Baik F3 RC dan Dragster RC SCS memiliki rasio kompresi 13,3:1, 140 Hp, dan top speed 243 km/jam. Turismo Veloce RC SCS, di sisi lain, diberikan setup rasio kompresi 12,3:1 dan output tenaga 110 Hp, dengan top speed 230 km/jam.

Selain grafis Reparto Corse baru yang bernuansa ‘balap banget’, F3 RC dan Dragster RC SCS juga dilengkapi fork suspensi depan berlapis TiN (titanium nitrida) yang mengurangi gesekan dan velg tempa [forged] yang ringan. MV bahkan menawarkan kit balap aftermarket untuk supersport dan naked bike bermesin tiga silinder ini berupa sistem knalpot titanium Akrapovic, unit kontrol yang dilengkapi mapping race, parts serat karbon, dan tuas handle rem/kopling CNC.

MV Agusta, Dragster RC juga berbagi Smart Clutch System (SCS) MV Agusta yang sama dengan yang dipakai Turismo Veloce RC di mana dikembangkan bersama Rekluse. Turismo Veloce juga mendapat manfaat dari sistem knalpot baru, suspensi yang bisa disetel, windshield depan yang lebih besar, sensor elektronik perpindahan gear yang direvisi, dan IMU yang ditingkatkan pada tahun 2022.

MV akan memproduksi versi reparto Corse ini dengan sangat terbatas. Tercatat hanya 200 unit F3 RC, 300 Dragster RC SCS dan 300 unit Turismo Veloce RC SCS yang akan diproduksi. Ketiga varian RC akan menampilkan nomor produksi pada klem Triple-T atas dan dilengkapi dengan sertifikat keaslian. – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

15 COMMENTS

      • Apasi yg lu ekspektasikan dari blog ? Yg pengurusnya aja cuma hitungan jari. Income nya juga mungkin dari iklan aja yg rutin, atau endorse produk tapi ga tiap hari ada

        Kalau mw banyak nuntut tuh sono ke media yg beneran gede. Orangnya ada puluhan ngapain aja ? Tapi ya lu ga berhak juga sih, emang lu mw gaji mereka untuk kebutuhan itu ?

    • Lah emang dari dulu kan!
      Wak taufik tinggal buka analysis retensi pembaca, penonton condong kemana

      Lagian kalo mau disikat semua, mana sanggup seorang diri ngolah artikel, YouTube, dan narsum di podcast MotoGP T7, kalo mau artikel oneprix ya harus berangkat kesana juga,tapi jadwal mepet dengan jadwal lain yang jelas ada benefit.

      Gua ngomong gini Karena juga ngolah salah satu dan tau rasanya dan pedihnya perjuangan

    • pembaca newbie disini jangan banyak mintanya, udah baca gratis banyak tingkah, noh sudah di kasih link kalo mau baca one prix,,

      dah sono sono kagak usah balik lagi kesini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.