TMCBLOG.com – Rumor Repsol Hengkang dari Honda MotoGP makin Kuat! Jika benar, maka diperkirakan Perusahaan energi ini sepertinya sudah merasa cukup ‘menderita’ karena Kurangnya exposure selama hampir 3 tahun terakhir terhiting semenjak Cideranya Marc Marquez di Jerez 2020. Dan ini membuat Honda 2023 mungkin akan berubah besar besaran.

Yap keduali Marc Marquez ada kemungkinan tiga pembalap Honda Lainnya akan dibongkat dan digantikan Wajah wajah baru. Alex Marquez oleh Alex Rins, Pol kemungkinan Oleh Mir dan Bisa jadi Nakagami Oleh Ogura. Namun Bukan hanya itu, kenyataan dimana sampai hari ini belum ada sinyal Positif negosiasi antara Repsol dan HRC yang memiliki durasi kejasama berakhir pada penghujung Msuim 2022 membuat Potensi revolusi terutama pada Tim factory HRC MotoGP di 2023.

Pekan lalu ada acara besar Honda di pabrik Madrid, dengan Marc Marquez sebagai tamu kehormatan untuk merayakan sepuluh tahun kejasama Box Repsol – Honda di MotoGP. Ini bisa menjadi penampilan terakhir Repsol dan HRC jika sponsor asal Semenanjung Iberia ini dikonfirmasi ‘cabut’ setelah hampir tiga puluh tahun bekerja sama. Namun begitu Rumor Penggantinya atau Bisa dibilang rencana B sudah siap.

Dan Plan-B tersebut disinyalir adalah Raksasa Energi Malaysia Petronas yangsempat tiga tahun bersama Razlan Razali sebelum akhirnya hengkang, namun pada Kenyataannya, raksasa minyak itu tidak pernah mengalihkan pandangannya dari Motorsport dan terutama kelas utama Grand Prix Sepeda motor. Petronas menunggu kesempatan dan Momen terbaik untuk kembali ke level tinggi, dan Bersama HRC sepertinya adalah Sebuah Momen yang cukup tepat.

Repsol dan Honda sendiri telah bersama-sama di Kejuaraan Dunia MotoGP sejak 1995, membentuk salah satu tim paling legendaris dalam sejarah sepeda motor. 17 gelar juara dunia dan sederet pebalap legendaris, termasuk Mick Doohan, Alex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Marc Marquez. Untuk saat ini kedua belah pihak tidak banyak memberikan Statement mengenai status Negosiasi kerjasama keduanya pasca 2022 di MotoGP.

Ada satu thesis yang juga cukup menarik mengenai Fenomena yang bisa dihubungkan dengan Potensi hengkangnya Repsol dari HRC ini . . . Alasannya terkait dengan fakta bahwa Repsol sendiri adalah sebuah perusahaan dengan kepentingan Jualan yang skupnya kecil, kalau tidak bisa dikatakan ‘hampir lokal’ ( hanya mencangkup Semenanjung Iberia dan sedikit Amerika Selatan)  . . . Pasar Repsol ini bisa dikatakan tiga kali lebih kecil dari Petronas. Ditambah lagi situasi eropa saat ini secara umum sedang dalam tahap kampanye peralihan dari Kendaraan ICE ke EV yang lumayan besar besaran

Di Eropa Banyak produsen mobil akan segera tidak lagi memproduksi mesin Bakar ber bbm hidrokarbon. Di beberapa negara mereka bahkan tidak akan dijual dalam waktu dekat, dan karena itu Repsol, yang menjual bahan bakar di Eropa dengan 6000 SPBU dan 5 kilang di Spanyol sepertinya juga bersiap untuk melakukan Rekonversi industri dan strategi perusahaan.

Sementara Petronas, Secara umum dengan pangsa pasar 3 kali lipat lebih besar dari Repsol sepertinya Masih memiliki pangsa pasar yang lebih Inline dengan apa Yang terjadi di MotoGP dimana konversi paling dekat masih berfokus pada mesin Bakar Oto walaupun Bensinnnya sudah Mulai beralih ke bensin yang menghasilkan Jejak Karbon jauh Minimal ( bensin sintetik ) .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

84 COMMENTS

    • kalau semua perusahaan minyak turun karena EV, maka sponsor iQos dkk. siap masuk. tinggal tunggu seberapa keras kepala para petinggi-petinggi, toh mission winnow boleh

  1. Ayo dong Repsol jangan 😭 sudah terlalu manis kenangan dan sejarahnya.

    Saya kira dengan movement baliknya oli repsol ke pasar Indo dengan produk yang lebih beragam adalah salah satu upaya repsol buat nambah “pegangan” biar ga cabut -salah satunya- dari honda motogp

    • Balap yg paling mahal f1 bro…, Ada repsol disitu ?? mungkin ada, tapi nyempil nyaris gak kelihatan
      Kalau sponsor Petronas tau kan mobilnya yang mana… 😁

  2. rombak besar2an terutama manajemennya yg sudah terlalu disaster, 10 tahun hanya bergantung sama marquez tanpa backup plan yang jelas

  3. Waduh padahal saat ini Petronas jg lagi geger,disaat bisa naikin harga minyak mereka karena efek konflik Rusia untuk membangkitkan ekonomi negara asetnya malah disita kesultanan Sulu gegara hutang saat masih jadi anak mama Elizabeth,bahkan rumornya pemerintahan Malaysia bisa aja mengerahkan militernya buat rebutin kembali

  4. Salah satu efek dari korban besar mulut, memprioritaskan ktp tertentu, dan tidak bisa introspeksi diri.
    Akhirnya tim yang kena akibatnya.
    Brand yang sudah mendampingi selama puluhan tahun, pergi gitu aja.

    From hero to zero

    • tunggu aja Rumour di IG soal Davide Brivio yang katanya mau gantiin Puig kalo Repsol beneran cabut bener gak nya. hehehe

    • ada rumour di IG Davide Brivio yang katanya mau gantiin Puig kalo Repsol beneran cabut. tinggal tunggu aja kebenarannya. hehe

  5. apakah Repsol cabut Puig juga ikutan cabut?
    tapi rumournya sih beredar di IG Davide Brivio yang maju gantiin Puig. tinggal tunggu bener gak nya. hehe

  6. kalo Repsol hengkang jadi salah satu kehilangan terbesar Dorna sih ini, sponsor ikonik dan satu2nya sponsor besar klasik yg masih nempel sampai era modern saat ini,,
    dan juga Petronas baru2 ini baru kena masalah krn dua subsidiary mereka di luar negeri kena sita gara2 pemerintahan Malaysia kalah banding di mahkamah internasional lawan pewaris Sulu,,
    lumayan juga nilainya loh, 2 miliar dolar amerika,,

  7. Vario 150 saya udah ga pakai repsol jg wak, pakainya Total Energi, apakah ini tidak ada kaitannya,,,? 🤣🤣🤣

  8. Gak papa sih hilang sandal terus dpt sepatu
    Asal jangan hilang sepatu vantopel,malah dapat sepatu jinjit…🤭

  9. Perasaan tadi subuh saya komen sedih repsol mau pergi, dan inget bener komennya udah masuk gapake moderasi deh

    kok ilang 🙁

  10. Efek berantai dr menyingkirkan Rossi dgn cara tdk sportif, menghukum Rossi saat insiden dgn Marquez pdhl bukan salah mutlak dia, dan memihak Lorenzo dan Markesot krn keduanya ktp spenyol.. Masih inget celetukan Lorenzo yg sempat viral, “wajar markesot ngasih dia jln juara krn sama2 spenyol”.. Pergi aja biar Motogp jadi lebih fairness

  11. Terus kontrak marquez dari 2013-2014, 2016,2017,2018,2019, itu namanya menang slot buat Repsol???… 😌

    Kocag

  12. Gua pribadi malah sebenarnya seneng Repsol pisah dari HRC, 😂

    Agar terjadi perubahan di HRC, karena dengan Repsol menjadi mitra HRC.. Mereka punya suara keputusan terhadap langkah strategis HRC entah pemilihan pebalap, crew, dll.. Yang pastinya pengaruh banyak.

    HRC kudu berubah, karena Repsol terlalu mendominasi saat ini, kalo dominan kebaikan masih oke, tapi kalo saat ini kan dominan dan gak oke… Mulai pemilihan pebalap dan lain lainnya.

    Repsol mulai mundur teratur keliatan kok dari tahun ini aja FIM CEV gak ada repsol

  13. THIS!

    Bisa dibilang kondisi belakangan ini yg terburuk sejak Repsol masuk Honda. Selama2nya jeda antara jurdun Hayden ke Stoner, itu tim masih jadi title contender. Nah skrg sejak 2020 boro2 title contender, arah pengembangan motor aja rusak dan klasemen tim cuma sedikit lebih baik dari beberapa tim satelit yg mempekerjain rookie ama veteran.

  14. tahun ini Petronas membukukan keuntungan RM 59 milyar atau Rp 198 trilyun,
    sedangkan pertamina mengalami kerugian Rp 191 trilyun,
    harga BBM pertamina jauh lebih mahal daripada petronas.

    makanya kalo naro orang di BUMN itu yg jelas paham dan ngerti kerjaan, jgn cuma dipilih krn asal gede bacot doang tp otak kosong.

  15. Waduh tar kalau ada acara tukeran mobil F1 ribet nih. Kalau milih Mercedes AMG F1 apa Redbull Racing yak. Haha

    • Kerjasama Honda dan Redbull d f1 berakhir akhir 2025 dan Redbull sendiri udah konfirm akan bekerjasama dengan Porche mulai tahun 2026

        • Iya benar, mesin peninggalan Honda dikelola redbull. Porsche cuma sponsor seperti Aston Martin sekarang dah

        • Sebenernya RBPT sudah berjalan mulai tahun ini Bro, lihat aja di F1 gak disebut lagi Redbull Honda, sudah tertulis RBPT
          Dan RBPT ini berjalan untuk mengakomodasi honda agar tidak full cabut dari F1, tapi masih bertahan walopun lebih banyak ke supervisi dari RBPT
          Nanti ketika ada perubahan regulasi mesin yang akan dicanangkan mulai musim 2025 RBPT bakal bubar dan Redbull pastinya bakal menggandeng pabrikan lain, daripada ngeluarin biaya besar buat RnD mesin baru

  16. Serius nih Red Bull ga mau ambil? Tinggal nambah duit dikit lah itu jadi tittle sponsor. Biar makin kompak RB-Honda di semua cabang balap.
    Lagian Red Bull F1 udah ga butuh duitnya Mbah Mateschitz.

  17. Lebih seru jadi Redbull Honda Racing Corp tapi mustahil terjadi. Mungkin kalau dipaksa jadi Alpha Tauri Honda Racing Corp.

  18. 3 tahun ini emg lebih parah daripada era 2004 – 2010, waktu itu pembalap repsol masi bisa terkadang podium dan juara seri, dan 1x doang juara dunia, selebihnya yg lebih banyak disorot adalah pertarungan Marlboro Ducati vs Fiat Yamaha dan Fiat Yamaha vs Fiat Yamaha

  19. Lebih bagus indomie yg mengantiksn repsol. Ayok kang render buatin livery indomie honda team. Pasti ciamik soro

  20. Doohan, Rossi, Hayden, Stoner, Marquez
    Di zamannya image Repsol naik daun soalnya mereka berempat juara dunia di atas Honda. Doohan juara pake NSR500 (V4), Rossi juara pake NSR500 (V4) & RC211V (V5), Hayden juara pake RC211V (V5), Stoner & Marquez juara pake RC213V (V4)

    O iya biarpun ane fby, motor motogp favorit tetep Honda RC211V punya Rossi & Hayden. Motor motogp tercantik sampai saat ini biar umurnya udah 20 tahun lebih, yang desain body, sasis & pro-linknya diwariskan ke CBR 600 2003 & CBR 250 RR dari AHM saat ini.

    Koreksi kalo salah ya.

  21. Redbull…
    Maukah gantian mensponsori ?
    Warna merah dan hitam. Miriplah…
    Jadi sekilas masih repsol liverinya. 🥹

  22. Sebab Langkah Suzuki Out dr Motogp lambat laun mulai terkuat, ya Alih Teknologi adalah sinyal kuat kurangnya minat di motogp dimana kompetitor terus riset motor bakar. Motor/Mobil Listrik segera menjadi kenyataan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.