TMCBLOG.com – Pole Position pertama setelah puasa 1071 hari di race kedua Comeback buat Marc Marquez ditambah dengan Finish Posisi empat tentu membuat Orang kembali ngeh bahwa Sang baby Alien telah hadir kembali Ke Grid MotoGP walaupun Muscle Powernya belum 100%. Ia Start dari Posisi pertama setelah berganti Ban belakang dari Hard Ke Soft membuat orang bertanya tanya, strategi apa sebenarnya yang akan dilancarkan marc Marquez di Motegi? apakah Ia akan mencoba Ngacir semenjak awal? faktanya Ternyata Marc Malah dibuly empat pembalap di awal race Miller, Martin, Bider, dan Oliveira . . . hadeeh koq malah lambat Pake Soft ?

Ia bertahan salama berlap lap di belakang ke empat pembalap dibelakangnya yang semua menggunakan Ban belakang dengan kompon lebih keras dari dirinya . . Mungkin banyak orang termasuk tmcblog sendiri akan berfikir bahwa ban Marc akan segera habis karena terus terusan bertahan dengan Menyamakan Pace dengan keempat pembalap tersebut . .

Namun ternyata Tidak, Bahkan Secara umum, race pacenya masih sama dengan keempat pembalap di depannya dan Dapat menjaga terus dirinya dari kejaran dari maverick Vinales dan Luca Marini yang haus akan posisi di belakangnya. Koq Bisa gitu ?

Kami menempatkan Ban Soft di roda belakang karena saya ingin menyerang, tetapi saya memiliki sedikit masalah yang menyebabkan beberapa pembalap menyalip saya. Hal baiknya adalah saya menyelesaikan masalah ini dengan mengubah Mapping di tikungan kedua lap pertama.”

Untuk kali ini Marc Marquez agak sedikit tertutup untuk menjelaskan apa strategi yang ia lakukan di sepanjang 24 Lap tersebut Honda melindungi saya dan saya melindungi Honda, saya tidak akan menjelaskannya apa yang terjadi. Perasaan akhir pekan saya sangat bagus, meskipun, di akhir pekan yang normal, dengan semua sesi kering, saya awalnya memperkirakan akan finis sedikit lebih jauh ke belakang, ketujuh atau kedelapan”

“Saya sangat senang, terutama karena itu adalah balapan yang solid, dan saya tidak merasakan sakit sama sekali. Itu sebabnya saya bisa menyerang Oliveira di akhir balapan, sesuatu yang tidak bisa saya lakukan untuk waktu yang lama. Saya tidak lagi memikirkan lengan, kami tidak membicarakannya di tim, hanya dengan Alberto Puig ” Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

52 COMMENTS

    • Strategi MM93 dikondisi balap yg kering cerah ini kemungkinan adalah sebisa mungkin melakukan towing yg efisien pada pembalap cepat di depannya.
      Karena kalah performa motor, maka ban belakang soft dgn pemakaian efisien di pilih sebagai senjata.

      Towing saat race tentu saja tidak akan bisa di tolak pembalap cepat di depannya, berbeda saat free practice atau kualifikasi.

      Kan tidak mungkin saat race pembalap yg tidak mau di towing, lalu mundur melambat mempersilakan si pembalap towing untuk maju duluan tho…??

  1. syukur kalau begitu, tapi kemarin kondisinya dibantu sama minimnya sesi dan hujan. masih butuh satu pembuktian lagi apa benar sudah tidak sakit

  2. sebenarnya yg gak kompetitif itu sang motor celeng, kekurangan motor celeng ditutupi oleh skill seorang Marc93, mending pindah Ducati Marc93 karena motor Ducati bener2 wow amazing sesuai dengan keinginan Marc93, ayo Marc93 pindah Ducati aja ngikuti sang adik 🤣🤣🤣🤣

    • Kenapa sih msh byk gagal paham kata2 Marq Honda melindungi saya jadi saya juga ingin melindungi Honda…mau seceleng apapun rcv tetap itu yg telah membersamai Marc dlm mencapai 6 jurdunnya di MotoGP…kadang 2 motor( setelan) spesial memang hanya cocok untuk orang spesial jg…

  3. Mungkinkah swingarm karbon emang terlalu ringan?
    Lendutannya aja mesti dikasih embel-embel sendok/sekop untuk bantu tambah dowrforce.

    Balik ke aluminium secara total aja, udah include downforce tambahan dari bobotnya. Lebih tidak kontroversial pula wkwkwk

  4. Ya gimana dulu nggak sakit, tulangnya kepuntir 30 derajat, ototnya pasti ikutan ketarik.
    Operasi terakhirnya untuk memperbaiki hal itu.

  5. Semoga pas balapan tidak merasakan NYERI lagi biar bisa bersaing dg yang lain dan dapat memberikan TONTONAN yang menarik untuk sebuah ENTERTAINMENT yang dibalut olah raga yang hanya tersisa 4 lagi.

  6. kalo kata jurnalis anak lelaki patter, Honda udah berhasil menemukan part baru yg revolusioner dr RC213V yg sgt mereka butuhkan skrg ini,

  7. syukur deh,pantes aja biaya perawatan kesehatan di AS tinggi bahkan masyarakatnya sendiri berobat apa apa harus bayar sampe ada video orang yg dipanggilin ambulan aja gak mau malah lari 😅,gak kayak negara Eropa yg hampir gratis karena udah dicover pajak

  8. “Honda melindungi saya dan saya melindungi Honda”…

    Mungkin maskudnya jika menggunakan ban hard potensi high side lebih besar dengan temperatur yang rendah, Honda tidak mau mengambil resiko lebih besar.
    HRC hanya ingin melihat MM93 menjalani race sampai selesai untuk mengembalikan muscle memori nya..

  9. Setelah absen beberapa bulan dan comeback race dengan hasil posisi 4 loh
    Kondisi blm 100%

    Dengan persaingan yang jauh lebih ketat semenjak dia tinggalkan berbulan – bulan lalu
    Gimana gak sangar

    Dan jujur dengan comebacknya Marc saya jadi semangat nonton lagi

  10. Alhamdulillah kabar bagus kalo udah ga merasakan sakit lagi waktu balapan, tinggal memulihkan kekuatan dan memory muscle. Selain itu tugas para enginer hrc untuk memberikan motor yg mumpuni lagi.

  11. Berarti FIX motornya yang letoy, MM udah 100% full recovery, bisa finish di posisi 4-5 aja udah bagus. Sesuai dengan prediksinya, bahwa motor ini gak akan bisa bawa dirinya jadi juara dunia, bukan motor dalam kondisi terbaik, bisa finish di 10 besar aja udah bagus..

    Kenapa jadi inget dulu si Pol sesumbar bahwa pembalap Honda bukan hanya Marc aja setelah dia berhasil finish P3 di Qatar ya? udah lama absen tapi tetap MM yang jadi ace ridernya Honda. Bahkan poinnya aja di atas si Pol..

    Abang ade sama2 big mouth ya hehehe

  12. Marq sepertinya main aman dulu supaya tidak sampai jatuh dan fatal untuk tangannya… Mungkin tahun depan baru Marq akan balapan seperti biasanya, kalau tidak cedera lagi tapi ya

  13. Rasanya aneh, Marc kan di depan (pole potision), kenapa mau menyerang? sepertinya ada strategi lain dengan mengganti ban belakang HARD ke SOFT. mungkin saja marc kurang pede dengan ban hard karena minim data atau malah tak ada data penggunaan ban ini di FP1 dan FP2 (hujan). Mungkin di artikel analisa race selanjutnya bisa menjawabnya. Di tunggu artikel analisa race nya wak. Terima kasih :-).

    • Gak aneh, karena dia tau motornya lemot, gak bisa bersaing sama Ducita. Jadi memilih opsi untuk ngacir duluan. Ternyata gatot.

  14. marques orang melayu, untuk urusan “saya” nyebutnya ‘kami”.
    kemaren ada yang salah mapping, pebalapnya bilang “MEREKA”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.