TMCBLOG.com – Hari ini Yamaha Motor Europe mengumumkan bahwa juara dunia FIM Supersport (WSSP) 2021 dan pemimpin seri WSSP 2022 saat ini Dominque Aegerter akan melangkah ke kejuaraan dunia FIM Superbike (WSBK) bersama Yamaha untuk musim 2023. Aegerter akan membalap dengan Yamaha R1 WorldSBK dan bertandem dengan Remy Gardner yang baru-baru ini diumumkan untuk membalap bersama tim GYTR GRT Yamaha WorldSBK pada tahun 2023.

Meskipun harus beralih antara motor MotoE dan motor supersport Yamaha R6 sepanjang musim, Aegerter menikmati kampanye rookie WorldSSP yang luar biasa tahun lalu, mengklaim 10 kemenangan dan 15 podium dalam perjalanannya menuju gelar juara dunia. Setelah finis kedua di MotoE tahun itu, Aegerter membuat langkah maju lagi pada 2022, mengklaim gelar MotoE dengan tiga kemenangan dan 10 podium. Pembalap berusia 31 tahun itu juga terus tampil kuat sepanjang WorldSSP musim ini dan ini dibuktikannya dengan  memimpin championship berikut 12 kemenangan dari 16 balapan.

Andrea Dosoli, Manajer Road race Yamaha Motor Eropa “Sejak dia masuk paddock, Dominique telah menunjukkan bahwa dia adalah salah satu talenta top, dan sudah jelas sejak awal bahwa dia siap untuk kesempatan WorldSBK-nya. Sayangnya, tidak ada kesempatan untuk memberinya kesempatan itu pada 2022, tetapi ketika kursi tersedia untuk 2023 maka Dominique adalah pilihan yang jelas untuk mengisinya.”

“Dia tidak hanya mengesankan dengan kecepatan, keahlian balapan, dan konsistensinya, tetapi dia juga menunjukkan tekad dan dorongan yang dibutuhkan untuk menjadi kompetitif di level ini. Dia telah menunjukkan sepanjang karirnya bahwa dia mampu beradaptasi dengan sangat cepat dengan mesin baru, dan kami yakin bahwa kemampuan ini akan terbayar ketika dia melangkah untuk membalap Yamaha R1 WorldSBK musim depan. Kami sangat menantikan untuk melihat apa yang bisa dia lakukan. Saya juga ingin berterima kasih kepada Kohta Nozane atas kontribusinya selama dua musim terakhir. Dia menghadapi banyak tantangan di WorldSBK, tetapi dia selalu melakukannya dengan sikap positif. Kami mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan.”

Dominique Aegerter, Juara Dunia Supersport FIM 2021 : “Saya sangat senang bisa bergabung dengan Yamaha di kejuaraan WorldSBK musim depan. Ini adalah kesempatan besar bagi saya, dan hadiah fantastis untuk gelar juara dunia tahun lalu dan untuk memimpin seri WorldSSP tahun ini. Saya tak sabar membalap untuk Tim GYTR GRT Yamaha WorldSBK, dan membalap bersama Remy Gardner yang, sebagai mantan juara dunia Moto2 dan pembalap MotoGP saat ini, akan menjadi rekan setim yang kuat.

Saya tidak sabar menunggu tes pertama di atas Yamaha R1 karena ini jelas merupakan motor yang kompetitif, dengan Toprak membalapnya ke kejuaraan dunia tahun lalu dan dalam perburuan gelar sekali lagi musim ini. Saya senang memiliki kesempatan ini, dan saya ingin berterima kasih kepada Yamaha dan tim GYTR GRT Yamaha yang telah mempercayai saya. Saya akan memberikan semua yang saya miliki musim depan, tetapi untuk saat ini fokus saya adalah mengamankan gelar juara dunia kedua berturut-turut di WorldSSP.”

14 COMMENTS

  1. gua jadi berasa tuir bgt klo baca berita Domi terutama taon lalu ketika dia dianggap terlalu tua utk ukuran rookie wsbk. masih inget jaman dia masih umuran SMP klo anak dimari, ikut IDM dan media Jerman berkali2 menggadang2 dia jadi bintang motogp barengan ama Krummenacher dan Ranseder, tapi takdir berkata laen. kelahiran 1990 udh 33 taon dpn, ternyata waktu jalan cepet bgt. syukur deh klo akhirnya naek kelas jg walaupun telat. buat komentator laen yg masih umur 20an, manfaatin waktu sebaik mgkin krn itu fase penting dlm hidup. bagi yg umurnya udh 40an, mari kita menua bareng2 wkwkwk

  2. tim sepuluh ayam Kate sekarang yg bingung,udah turun kelas pembalap peraup prestasinya jg bakal naik,belum dapat sponsor besar pula

    saran sih mending rekrut can oncu,daripada naik zx6 gitu gitu aja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.