TMCBLOG.com – Sobat Sekalaian, di akhir sesi Peminjaman Unit test Vario 125 dari AHM, tmcblog mencoba mengukur Konsumsi bbm skuter matik ini dengan metoda How far Can You Go with 1/4 L Of petrol . . Yes jadi ini Motor pertama tama dikosongkan dulu bbm ditangki bbm, Lalu diisi dengan 250 ml atau 1/4 liter bbm untuk selanjutnya dibawa Riding sampai Mogok yang menandakan Bensinnya sudah habis dikonsumsi.

Dari Sana hadir nilai Konsumsi bbm. Nah untuk sedkikit memperkayak konten, tmcblog mencoba membandingkan Dua bahan Bakar berbeda yangs ama sama merupakan produksi dari pertamina yakni Pertamax RON 92 ( Harga 13.900 rupiah Per liter ) dan Pertalite RON 90 ( Harga 10 ribu rupiah per liter ) dimana kedua duanya beli sendiri di SPBU tentunya.

Alat Ukur yang digunakan adalah gelas Ukur sebagai alat ukur Volume dan Trip Meter Vario 25 sebagai alat ukur Jarak tempuh. Pertama tama tmcblog coba Pertamax Dan dengan diisi hanya 250 ml Pertamax, Vario 125 bisa digeber maksimum sampai 15,3 km sampai mogok yang mengartikan bahwa konsumsi bbm rata rata mencapai 61,2 km/liter Pertamax

Setelah itu tmcblog coba menggunakan Pertalite Ron 90 ( Harga 10 ribu rupiah per liter ) dan Diperoleh Hasil bahwa dengan 250 ml Pertalite, New Honda vario 125 bisa dipakai sejauh 15,1 km. Ini artinya konsumsi rata rata Vario 125 dengan bbm Jenis Pertalite ada di angka 60,4 km/liter. Secara umum buat tmcblog memang terlihat bahwa Penggunaan Pertamax untuk 250 ml itu 200 meter lebih jauh atau sekitar 3% lebih jauh.  . . Yaaa nggak signifikan sih. Kesimpulannya Vario 125 pakai Pertalite atau Pertamax Sama sama Irit sob !

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

23 COMMENTS

  1. Wah abis ngetes konsumsi BBM new scoopy dapat 71km/l pakai pertalite luar kota. Langsung baca artikel ini, percaya motor skrg uirit2 , Nmax yg gambot aja bisa 50km/l

    • Saya pake pertalite, pertamax, pertamax turbo gak pernah dapat segitu.. Maksimal cuma 53,1 km/ liter itupun cuma liat di spedometer.

      • kalo untuk pengetesan keiritan BBM kan ada prosedurnya, dimana RPM rendah tapi kecepatan stagnan, kalo di metic sudah ada ecomode, patokannya itu aja kalo itu hidup, berarti power to fuel consumption nya bagus, kalo di jakarta memang kadang ga valid, karena macet = banyak diem = mesin panas = lebih boros, supra/ revo dibikin 110km/l juga bisa, cuma ya gitu alon-alon

  2. “jangan percaya sama hasil tes iritnya wak haji coz semua motor yg dites wak haji pasti jadi irit semua”
    liat aja piala pak haji paling banyak ya piala adu irit motor2 baru coz tangan kanan pak haji tu udah disekolahin wkwkwkwkkkkk…………….

  3. Heran… Kok semua motor yg dites wak haji bisa irit semua ya ? Saya pake vario 125 th 2015 gak bisa seirit itu, pake nmax aja cuma bisa 1:33, full dalam kota

  4. maaf wak tangan wak haji terlalu suci buat kita, sulit untuk diterapkan, jiwa barbar dijalan rasanya meronta² liat betapa iritnya motor di tangan wak haji. tangannya wak haji tu seperti tangan para rider tanggal tua yg mentok 60kpj

  5. sejak kenaikan harga, sy jadi orang cerdas,logis, apalagi sy orang lapangan,ngitung pisan da gaji UMR terbukti bbm spbu asing VIVO Juaranya irit, setelah itu SHELL. Cek juga komparasi di YT Moladin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.