TMCBLOG.com – Akhirnya penerus dari generasi motor 650 cc twin Suzuki hadir kembali berbarengan dengan penampakan dua varian produk baru Suzuki di EICMA Milan 2022 di mana salah satunya adalah Suzuki GSX-8S. Suzuki GSX-8S adalah sebuah sepeda motor yang dikatakan Suzuki merupakan produk yang “direkayasa dari bawah ke atas sebagai jalur inovatif untuk sportbikes Suzuki masa depan…” . . Jelas motor ini spesial, di mana  letak spesialnya?

Tidak seperti banyak jajaran Suzuki selama beberapa tahun terakhir, GSX-8S adalah desain ground-up yang serba baru salah satunya terlihat dari sistem pencahayaan LED bertumpuk kompak dan menyatu dengan sisi tepi yang didesain bersudut tajam.

Bicara soal mesin, Suzuki sepertinya tahu bahwa umumnya fans merk huruf S ini sangat hafal dengan karakter mesin V-twin di varian 650 cc mereka. Oleh karena itu Suzuki putar otak berupaya menghadirkan karakter mesin yang biasa ditunggangi oleh para Suzuki lovers ini namun dengan platform mesin yang berbeda yakni dua silinder segaris. Atau dengan kata lain bagaimana mesin 2 silinder segaris bisa memiliki karakter seperti mesin V twin.

Dan solusi yang Suzuki lakukan adalah membuat spesifikasi mesin baru berkubikasi silinder 776cc DOHC parallel-twin namun mesin baru ini menggunakan desain crank-pin 270° pembakaran (seperti mesin Yamaha CP2) untuk menghasilkan suara seperti mesin V-Twin dan berkarakter torsi putaran rendah yang kuat. Jarak urutan penembakan pengapian juga membantu pengiriman tenaga linier yang dapat dirasakan pengendara pada cengkeraman ban yang tepat.

Namun memang platform desain ini punya kelemahan yakni getaran yang lebih hebat dibandingkan mesin twin 180°. Nah di sinilah teknologi cross balancer yang dipatenkan Suzuki – digunakan untuk pertama kalinya pada sepeda motor produksi – menggunakan dua penyeimbang pada 90º ke poros engkol untuk meminimalkan getaran yang terjadi.

Perpindahan gigi menjadi mudah berkat sistem gearbox yang memiliki sistem Quick Shifter dua arah Suzuki. Sistem ini identik dengan yang digunakan pada GSX-S1000GT saat ini, dan merupakan adalah salah satu sistem terbaik di pasar dan akan sangat menambah kenyamanan berkendara GSX-8S.

Mesin baru dipasang dalam rangka baja baru dengan swingarm aluminium. Tugas suspensi ditangani oleh garpu suspensi depan up-side down KYB dan shock preload yang dapat disesuaikan, sementara kaliper radial-mount Nissin dipasangkan dengan rotor 310mm. ABS dan kontrol traksi empat tingkat menjadi standar dan dapat disetel dengan tiga mode pengendaraan yang berbeda (kontrol traksi juga dapat dimatikan). Sayang Suzuki belum merilis jadwal harganya.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

43 COMMENTS

  1. ooh ini pengganti SV650
    garis desainnya kok kayak keluarga Duke

    penamaannya pun mirip KTM dong ahh,8S itu karena Valve nya berjumlah 8 kan?

  2. masukin sini deh, harga 220 – 250jt pasti banyak yg mau beli, dan smoga GSX-S150 juga bisa bertampang mendekati si 800cc ini

    • Gsx s150? Facelift jadi begini? Suzuki budeg nya ampun2an, selama boomer2 hamamatsu masih pegang kendali jgn banyak berharap

    • awkwkwk lagi lagi ngarep ama juki

      gsx series itu mau dibelabela sebagai sport fairing paling murah di Indo kek apa kek, tetep aja gsx r dan s nya versi paling pelit diferensiasi dari yamaha, apalagi dari honda yg sampe tuningan ecu nya aja dibedain.

  3. Lampu bertumpuk jadi mengingatkan sama honda sfa. Yg bikin konsep honda, yg merealisasikan suzuki. Honda dengan sfa conceptnya malah ngilang ke jonggol kali ya, kkkk

  4. Bagus ni motor.
    seperti halnya hyundai yang memakai jasa designer eks bmw dan vw, jangan-jangan shizuka bajak designer eks katemi 😁.

  5. gile rangkanya kayak yang gsx 150 sese nya.
    bener2 bisa bikin frame minimalis suzuki.
    akhir dari era model delta box juga kayaknya. mungkin model itu mahal

  6. Suzuki kyk punya bahasa desain baru sejak rilis gsx-s 1000 gt. semoga aja faceliftnya gsx 150 series nanti ngikutin bahasa desain barunya. sayang bgt mesin cakep tp desainnya pas2an. kira2 kapan ya gsx 150 series di facelift? kompetitor udah ganti model semua.

  7. Saya kira perubahan utk masa depan yg dicanangkan Suzuki sampai mundur dari balap dunia segala akan mengubah arah mencontoh bisnis Kawasaki, minimal dlm jangka waktu pendek ada penghabisan stok, rilis hybrid atau murni EV mungkin. Ternyata rekayasa firing order.

    • Sampe mundur dari motogp mah gegara ulah sendiri. Udah tau vw group kena kasus emisi, sijuki masih bandel, eh kebandelannya sama pulak sama kasus vw.

      Kok ya fans nya mikir gegara gan arah haluan ribet ribet ckck. BAYAR UTANG DENDA !

  8. sepertinya mesin CP2 khas Yamaha and SUzuki bakal mendominasi nih
    Rasa2 V2 tapi tetep inline..posisinya pas ditengah ya..depan bisa blakang bisa
    turunannya bakal banyak nih..yg ngeri2 sedap malah inline 900CP 3 dan 1000CP4 bakal jadi mesin eksotis.

  9. jelas spesial. disaat gsx r150 masih pakai mesin 150 cc satu silinder setitik, gsx 8s sudah pakai mesin 776 cc 2 silinder segaris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.