TMCBLOG.com – Setelah setahun berkompetisi di Amerika Serikat, Danilo Petrucci akan menjadi Seorang Rookie dan akan membuat debut Resmi pertamanya di Kejuaraan Dunia Superbike MOTUL FIM pada tahun 2023 setelah menandatangani kesepakatan dengan BARNI Spark Racing Team untuk musim 2023. Petrucci dan Barni racing Bukanlah sebuah Kombinasi yang mengagetkan secara ia adalah Pembalap team ini ketika masih bertarung di kelas STK1000 di tahun 2011.

Bermula dari Paddock WSBK

Dan catatan Petrux di Kejuaraan Balap Motor Produksi massal pun sudah dimulai sebelum STK1000 dimana Petrucci membuat penampilan pertamanya di paddock WorldSBK pada tahun 2007 ketika ia melakukan debut STK600 di mesin Yamaha. Ia Bertahan di kelas ini selama tiga musim setelah enam pole dan tiga kemenangan.

Musim 2010, ia pindah ke STK1000 selama dua musim. 2010 dengan Tim Pedercini di mesin Kawasaki dan kemudian 2011 dengan Barni Ducati. Empat kemenangan dan enam posisi pole dalam sepuluh balapan diikuti saat ia menempati posisi kedua di Kejuaraan, sebelum pindah ke MotoGP.

Dia menghabiskan sepuluh musim penuh berkompetisi di MotoGP™ dan merupakan pemenang balapan dua kali ; Grand Prix Italia 2019 di Mugello dan Grand Prix Prancis 2020 di Le Mans. Dia menghabiskan sebagian besar karirnya membalap untuk Ducati antara 2015 dan 2020 dan dengan Ducati dia mendapatkan sebagian besar kesuksesannya.

Dua kemenangan dan 10 podium semuanya diraih dengan mesin Ducati. Danilo Pun memiliki catatan satu musim penuh terakhirnya bersama KTM dan sempat sekali tampil bersama Suzuki pada 2022.

Setelah musim penuh terakhirnya di MotoGP, Petrucci beralih kembali ke mesin berbasis produksi massal dengan pindah ke Gelaran Balap MotoAmerica di Amerika Serikat dengan Ducati Panigale V4 R. Petrucci berjuang untuk gelar dalam satu musim di AS, mengklaim lima kemenangan dan menyelesaikan musim 2022 di tempat kedua Klasemen di belakang Jake Gagne.

Dia juga berkelana ke Reli Dakar dengan KTM pada awal 2022 dan sempat memenangkan satu etape dari balap Reli ini.

Untuk tahun 2023, Petrucci akan tetap bersama Ducati Panigale V4 R bersama Barni Ducati untuk Musim WorldSBK perdananya. Membahas hal ini, dia berkata: “Saya sangat senang bisa kembali bersama Barni. 2011 adalah salah satu musim terbaik saya, tetapi yang lebih penting, saya tidak bisa menolak kesempatan untuk balapan di World Superbike dengan motor yang begitu kompetitif.

Ini adalah Kejuaraan di mana saya belum pernah berkompetisi, dan saya tidak sabar untuk bersaing dengan kompetisi. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh tim Barni karena telah memberi saya kesempatan ini dan semua orang yang telah berkontribusi untuk membuat kesepakatan ini menjadi mungkin.”

Manajer tim Marco Barnabo menambahkan: “Saya sangat senang menyambut Danilo kembali ke tim. Seperti biasa, kami akan melakukan yang terbaik untuk memberikan segala yang dibutuhkan pengendara untuk menjadi kompetitif. Bakatnya tidak diperdebatkan. Kami tahu ada banyak pekerjaan di depan karena kami akan menghadapi pembalap dengan lebih banyak pengalaman di WorldSBK daripada dia, tetapi, dengan motivasi dan kerja keras kami, kami tahu kami bisa melakukannya dengan baik. Terima kasih banyak untuk semua sponsor atau dukungan dalam petualangan baru ini dan untuk Ducati.”

18 COMMENTS

  1. pertama tau dia (petrux) pas di MotoGP CRT Ioda suter warna biru muda plus putih engine BMW, 😅.. badannya gede amat mikir gitu hehehe, si zarco di moto2 nya tim tersebut.

  2. tadinya berharap petruk tetep di motoamerica & bisa juara tahun depan. tapi emang berat sih. yamaha terlalu OP di motoamerica. apalagi kemungkinan rajanya motoamerica bakal balik kampung setelah 2 tahun di moto2. semoga sukses di wsbk petruk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.