TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui, KYT di Thailand resmi memperkenakan varian baru helm full face KYT R2R. Helm ini saat TMCBlog coba konfirmasi ke PT. Tarakusuma Indah untuk sementara belum ada info detail, namun secara un-official dari narasumber TMCBlog terkonfirmasi helm helm tersebut sudah ‘hadir di Tomang’. Itu artinya memang ada rencana KYT untuk merilisnya juga di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan.

Nah dari foto-foto pertama terlihat bahwa memang secara umum desainnya sangat atraktif, sharp dan sporty terutama jika kita melihat bagian dari spoiler belakangnya yang panjang dan mendapatkan sedikit extention berbahan arkrilik yang tembus pandang. Nah dari beberapa informasi di foto tersebut, TMCBlog dapat menyimpulkan beberapa kemungkinan spesifikasi dari KYT R2R ini sob:

Bahan dari shell luar pada helm KYT R2R adalah ADT atau Advanced THERMOPLASTIC. Yes dari biji plastik yang dipanaskan lalu dibentuk.

Visor KYT R2R berjenis flat atau visor dengan permukaan muka datar yang sudah diukur via wind tunnel (WTT).

Visor KYT R2R ini juga sudah antifog merk Pinlock ready dengan jenis/model Pinlock 70.

KYT R2R sudah menggunakan sistem easy lock visor yang terletak di bagian tengah helm.

Secara ukuran shell terluar, KYT R2R akan terdiri dari 2 ukuran shell: kecil dan besar. Menarik nih sehingga nggak ada cerita beli helm ukuran S tapi ukuran batok luarnya terlalu besar sehingga menimbulkan kesan ‘bagol’.

Bobot dari helm KYT R2R ini adalah 1500 ±50 gram.

Ukuran helm KYT R2R sendiri akan tersedia 6 ukuran yakni; XS, S, M, L, XL dan XXL. Pembagian ukuran helm berdasarkan ukuran shell masih belum bisa diketahui. Ada kemungkinan dari ukuran XS sampai M akan memakai shell ukuran kecil sementara ukuran L sampai dengan XXL akan memakai ukuran shell yang besar.

KYT R2R ini sudah menggunakan sistem Emergency Quick Release (EQR) untuk mempermudah membuka/melepas helm dengan mudah dari kepala pengendara pada saat keadaan darurat.

KYT R2R juga wearable glasses dengan menghadirkan tunnel khusus untuk gagang kaca mata demi mempermudah para rider pengguna kaca mata yang ketika riding harus menggunakan kaca mata.

Pada foam padding bagian dalam bagian samping kiri kanan KYT R2R sudah disediakan tempat speaker untuk meletakkan speaker intercom sehingga lebih proper untuk pemakaian alat komunikasi tersebut.

KYT R2R sudah wearable headphone. Ini nih yang menarik dan wajib dikepoin karena ada gambar headphone segala lengkap dengan microphone. Apakah akan ada ruang khusus untuk mewadahi pemakaian headphone?

Melihat spesifikasi di atas menurut TMCBlog secara umum posisioning dari KYT R2R ini adalah versi helm harian – touring dari TT Course karena sama-sama menggunakan bahan material ADT Thermoplastic. Speknya akan mirip dengan NFR, namun secara umum bahan shell NFR yang Tricarbonoo akan membuat NFR berada di posisi yang lebih advance dilihat dari segi bahan shell daripada R2R. Namun bicara soal bahan shell ini tidak menutup kemungkinan KYT membuat juga versi shell lain seperti misalnya full carbon fiber.

Melihat hadirnya double visor, walaupun sudah ada Emergency Quick Release, TMCBlog memperkirakan bahwa helm ini belum direkomendasikan untuk kegiatan track atau kegiatan kebut-kebutan di dalam sirkuit. Dari sini lah TMCBlog memperkirakan posisi harga dari KYT R2R saat dirilis di Indonesia nanti akan berada di antara NFR dan TT Course. Oh iya, kehadiran KYT R2R ini merupakan jawaban juga untuk desain misterius dari helm yang pernah didaftarkan oleh Tarakusuma ke Lembaga Paten Eropa pada pertengahan tahun 2021 yang lalu.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Bocoran : KYT Siapkan Helm Double Visor baru . . . NFR 2.0 ?

15 COMMENTS

  1. apakah mungkin jika ada versi full carbon akan jadi helm utk track alias buat balap, hmm menarik sekali utk dinantikan dan dikepoin kedepan

  2. brand ink sudah dimatiin tarakusuma kah? kok kyt mulu ink gak pernah dengar ada produk baru,padahal dulu ink itu helm idaman remaja

  3. kirain bakalan kelas high-end, yang pake tricarboco/carbon.
    kalo nantinya muncul di harga segitu, yakin sih, bakalan ghoib nih helm, jadi rebutan

  4. Sebenernya helm double visor itu aman tidak wak? Soalnya pernah ada kasus visor (dalam) ketika kecelakaan malah melukai wajah, bahkan seperti mengiris wajah pengendara. Helm yang dipakai juga bukan abal abal apalagi kw. Dulu juga beli helm full face yang single visor karena ada kasus begitu.

    • Bagi sebagian besar pabrikan helm, helmm dgn double visor yang sun visor ada di balik cangkang itu masih tergolong aman.
      Nah beda hal kalau ngeliatnya dari sudut pandang pabrikan Arai. Bagi mereka double visor di dalem cangkang tidak aman, makanya gak ada produk Arai yang sun visor di dalem kayak beberapa produk Shoei dan brand2 helm lainnya.

  5. sayangnya pas kita beli di para seller tanah air. pinlock yang seharusnya di dapat gratis dari pembelian justru dijual terpisah dengan harga yang tidak masuk akal. seperti kyt tt course dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.