TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui bersama Musim 2023 Bisa jadi merupakan Musim ‘bersejarah’ buat Yamaha sepanjang Sejarah MotoGP 4 Tak di mana Mereka hanya membalap di kelas MotoGP hanya dengan 1 team yang terdiri dari Dua Pembalap saja. Lama Berkolaborasi dengan tech3 akhirnnya RNF hadir sebagai team satelit yang berhasil memberikan feed Pembalapa Berbakat Fabio Quartararo, namun RNF malah lebih memilih Tawaran Aprilia Untuk 2023 walaupun hanya dijanjikan Mesin 2022 Oleh Noale . . Kenapa Lebih pilih Aprilia Ketimbang Yamaha ?

Secara umum Ketika Masa Kontrak Kolaborasi dengan Yamaha Mau berakhir Mulai pertengahan Musim 2022, RNF terus menjalani kontak serius dengan Pabrikan asal Iwata tersebut. Pada dasarnya Yamaha masih punya Asa dan Keinginan agar RNF terus bersama mereka, Namun Yamaha Hanya bisa / sanggup memberikan durasi kerjasama 1 tahun degan RNF untuk 2023 saja. Sampai saat ini yang menjadi Misteri adalah apa sebenarnya alasan pasti Yamaha yang Hanya Mau memberikan masa kerjasama 1 tahun ? Budget kah? atau alasan strategis lain ?. . dan sampai artikel ini dirilis, Masih belum ada kejelasan jelas baik disampaikan langsung oleh Petinggi Yamaha Jepang maupun dari Mulut Lin Jarvis sendiri.

Jelas durasi 1 Tahun Bukan Tipe kerjasama yang diinginkan Oleh RNF. Pada Race Weekend Mugello akhirnnya RNF mengumumkan behwa mereka memilih Aprilia, Yamaha dikabarkan agak sedikit Kaget kala itu karena sampai detik akhir Yamaha masih Yakin RNF akan tetap bersama mereka. Kenapa RNF menolak Tawaran kerjasama durasi 1 Tahun Yamaha ?

Kepada Autosport, Razlan Razali yang dirumorkan menerima Tawaran Kerjasama Multi-tahun 2+1 dengan Aprilia secara Blak blakan menjelaskan “MotoGP adalah bisnis besar. Kami berada di puncak kejuaraan dunia roda dua. Jadi, butuh rencana jangka panjang, strategi jangka panjang untuk sponsor, marketing, apapun itu. Saya dapat menerima bahwa 2022 hanya satu tahun, karena berbagai keadaan, tetapi saya percaya bahwa di tengah tahun kami telah menunjukkan bahwa kami telah melakukannya dengan baik. Jadi orang bertanya-tanya mengapa mereka (Yamaha) tidak memberi saya (RNF) perjanjian multi-tahun“.

Satu Lagi Yang membuat RNF lebih menyukai Aprilia, Parikan Noale ini membuka ruang dan atmosfer persaingan yang sehat diantara mereka dan Bahkan Aprilia ingin RNF Jadi ‘Sparing Partner’ terdekat  “Mereka ingin kami (RNF) mengalahkan mereka ( Aprilia Racing ) dan ini enak didengar, ini bukan hubungan antar pelanggan, tapi kemitraan. Dan itulah yang kuinginkan selama ini.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

27 COMMENTS

  1. Yamaha jelas
    Mereka sangat ingin Vale dan Anak didiknya berkolaborasi dengan M1, dan itu jelas menguntungkan secara regenerasi terjaga dan terkonsep koneksi kontinyu jika VR46 Academy punya ruang Eksploitasi di MotoGP dengan Yamaha.

    Vale brand ambassador Yamaha, Master camp terisi motor Yamaha, Moto2 dengan Yamaha VR46 Master Camp Team pebalap Manuel Gonzalez ft Nozane. Bahkan dibubarkan VR46 Team Moto2, setelah tahun sebelumnya Moto3 nya.

    Ini soal Kerjasama Bilateral Konsolidasi Simbiosis mutualisme, VR46 Dengan Ducati Hanya pelarian sementara ketika RNF masih memiliki sisa waktu perjanjian dengan Yamaha. Ducati saza yang kepedean mereka akan langgeng hingga ujung waktu dengan VR46 Team. Padahal aselinya Vale punya rencana terkonsentrasi dengan Yamaha jauh lebih worth it dibandingkan dengan Ducati.

    Sekedar informasi sy sudah pernah berkomentar secara bijak di blog ini soal pertama Kali Petronas Yamaha Sepang Racing Team berkolaborasi akan sia sia karena Akan mudah terhempas ketika VR46 Team siap secara struktural di MotoGP, namun sy di ledek seakan-akan Iri hati dan mata kaki. Padahal sy melihat secara demikian seperti komentar diatas.

    • sejarah Vale dan Ducati memang tidak bagus, jadi memang ke depan, dengan Yamaha jauh lebih menguntungkan secara hubungan jangka panjang

    • Terkadang kenyataan itu sangat menyakitkan,dan kenyataan akan selalu ditutupi dengan penjelasan secara bijak namun bias,seolah2 semua baik2 saja,dan faktanya memang yamama sampai kapanpun akan berharap VR46 kembali bersama mereka

    • Yha padahal kalau yamaha membawa m1 ke level yang lebih niat dan secara produksi gak sok iye, ducati aja boleh 6 motor kenapa yamaha ga berusaha menyanggupi juga 6 motor dengan tim mbah dan rnf ?

      Kalau dengan gaya kemarin ya jelas rnf sakit hati wkwk, udah dimentahin ama tech3 karna toxic, rnf sudi masuk dan dimentahin juga ckckck

    • emangnya siapa yg ngeledek lu mukgil soal VR46 pasti ke Yamaha dan RnF cmn sementara?

      kayanya hampir semua pengamat MotoGP sudah tau klo tim VR46 akan menjadi satelit Yamaha, bahkan jauh sblm Vale pensiun, terutama waktu Tech3 hengkang dr satelit, dan dorna uda wacana kasih slot khusus buat calon tim VR malahan..
      jd gosip-gosip di media soal VR46 merapat ke Yamaha itu mirip kyk bakwan dingin yg di goreng lagi biar anget 😂

    • betul scr Historis Rossi akan ttp jadi BA yamaha krn memang itu yg bawa dia sampai pensiun. Satu 2023 mgkn yamaha lbh baik tanpa satelit krn menunggu vr46 atau malah sudah ogah mikir satelit. jgn sampe kyk suzuki.

    • Pecco bukanya anak didik Vale? mereka ada tim pabrikan? juara dunia pula? ini sudah jelas terlihat bahwa anak didiknya juara dunia dengan ducati dimana dia gagal d banding dengan yamaha yg masih mau coba2 tapi belom jelas hasilnya mengingat Morbideli anak didik Vale juga terseok seok sama Yamaha.

  2. Biaggi udah siap siap untuk mengkudeta,kayak Aspar apa Avintia dulu yg kontraknya dilanjutin tim lain dan krunya sebagian dipekerjakan disana,cmiiw

  3. seandainya Petronas gak cabut dari tim Razali, mungkin ceritanya akan berbeda..

    Dgn kondisi RNF megap2 bahkan skrg uda di jual ke Cryptodata… Yamaha gak mau nambah beban dgn jadiin RNF satelit jangka panjang.

    Lebih baik kembali ke grand plan lama mereka dgn Rossi ( tim VR46) sebagai tim satelit.

    • lah yang bikin petronas cabut kan ulah garpu juga.
      visi misinya jadi tim lompatan dengan duet pembalap muda malah disuruh nampung aki aki.
      udah sewa itu motor mahal mahal, malah nawarin aki aki sewa motor dengan harga murah. oke mungkin disatu 1 sisi mo balas budi tapi etika bisnisnya. inget kata kata ini ini bukan hubungan antar pelanggan, tapi kemitraan.
      tech3 aja yang udah 10 tahun lebih dikecewain ekek

    • morbidelli anak vr46 udah tune in sama yaah gak d pabrikan?

      pecco anak vr46 udah terbukti sukses d pabrikan ducati juara dunia.

      masih mau ke yamaha?
      mementingkan duit BA Yamaha tapi mengorbankan masa depan anak didiknya.

  4. ah sudahlah biar yamaho ngerasain pahitnya gk ada team satelit setelah bertahun2 team satelit yg ada dia kecewain kyk anak bawang, disaat pabrikan laen ksh mesin yg sama dia malah sllu dibawah level… ya akhirnya gt lah setiap org akn suka fianggap partner bkn bawahan krn sistem saling membutuhkan…

    • Yamama masih kolot, masih menganut sistem lama, motor team satelit ya tidak boleh sama dengan motor team pabrikan baik tahun maupun up date part wwkwkwkk

  5. Ya jelas lah aprillia jadi ga perlu ribet2 keluar bajet gede buat rnd, biar satelitnya yang cari jalan buat aprillia, win win solution ngohahahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.