TMCBLOG.com – Mitigasi pada dasarnya adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencanaterminologi MotoGp salah satunya adalah salah kondisi Crash yang berpotensi terjadi domino effek terhadap Motor yang ada di dekatnya . Bisa dikatakan, mitigasi bencana adalah segala upaya mulai dari pencegahan sebelum suatu bencana terjadi sampai dengan penanganan usai suatu bencana terjadi. . . Berbasiskan kejadian kejadian Crash yang memakan Korban Jiwa di tahun tahun sebelumnya Yang terutama hadir di Kelas Kelas Junior FIM dan Dorna terus berupaya mengupdate regulasi regulai yang mengarah agar Balapan Bisa dilakukan semakin Aman buat Semua anggota komunitas Paddock.

Setelah Regulasi Werpak Airbag, Homologasi FIM untuk helm, Minimal Usia balapan akhirnnya Dorna dalam hal ini serius akan langsung menggulirkan Sistem Deteksi kecelakaan baru MotoGP dan sistem peringatan pengendara yang harus aktif untuk 2023. Menegenai hal teknisnya sudah dijelaskan dalam sebuah Interview Panjang lebar Jurnalis Crash.Net peter McLaren dengan Director of Technology MotoGP Corrado Cecchinelli . Yang lengkapnya bisa sobat baca di siniΒ  . .

Jadi pada dasarnya MotoGP akan lebih memberdayakan part part elektronik Canggih di Motor terutama IMU (Inertial Measurement Unit) yang banyak berisi sensor, Giroskop dan Akselerometer. Data data yang diperoleh dari IMU ini dikombinasikan dengan algoritma Safety yang baru dimana hasilnya menyimpulkan bahwa Sudah jatuh dan Bahkan bisa disetup lebih sensitif lagi sampai ke parameter ‘perkiraan Kuat akan jatuh’. Data ini akan ditransmisikan Oleh ECU Motor yang tahun depan akan memperoleh sistem antarmuka komunikasi dua arah ke sistem timekeeping.

Time keeping akan mengolah data ini dengan cepat dipadukan dengan Data GPS. Sehingga nanti Safety Officer akan bisa mengirimkan signal ke Pembalap Yang berada dekat ( dalam radius tertentu ) dari tempat Crash sehingga lampu belakang ( lampu hujam) akan menyala atau berkedip untuk Bisa memberitahukan kepada pembalap disekitarnya bahwa ada pembalap di deekat mereka yang sedang Carsh dan ini diharapkan akan mengahdirkan Awareness tertentu yang ujungnya bisa menekan Kecelakaan fatal terjadi.

Patut diingat bahwa sistem warning dengan Nyalanya Lampu belakang adalah Solusi awal . . ke depannya Sistem ini terbuka untuk berkembang seperti akan memberikan warning dalam Bentuk Lainnya yang memungkinkan seperti pesan di Dashboard atau bahkan Sistem HUD di helm Pembalap. Makdusnya jika pembalap Lolos dri Indikator yang eprtama , ada kemungkinan mereka akan nyantol di Warning jenis kedua dan seterusnya sehingga Probabilitas keselamatan akan jauh lebih bisa ditekan.

Taufik of BUitenZorg | @tmcblog

19 COMMENTS

  1. Kalo cuma modal bendera memang susah terlihat kadang-kadang,karena pembalap pasti fokus di trek dan bendera pasti cuma diujung penglihatan yg cuma sekelebat

  2. mungkin dengan intervensi algoritma, motor lain di posisi terdekat otomatis kecepatannya berkurang ketika motor didepan ada yg crash..

  3. jika mengadopsi sistem lampu led merah yg dibelakang motor apalagi agak besar dan terang ssekali saat hujan dan berkedip dengan kode kode jika ada yellow flag atau crash . kayak di f1 yg di wing belakang ada strip led sekarang

  4. Makdusnya jika pembalap Lolos dri Indikator yang eprtama , ada kemungkinan mereka akan nyantol di Warning jenis kedua dan seterusnya sehingga Probabilitas keselamatan akan jauh lebih bisa ditekan
    khas ini sih makdusnya.

    *sehingga Probabilitas keselamatan akan jauh lebih bisa ditekan
    bukannya yang diinginkan adalah meningkatkan probabilitas keselamatan dengan menekan faktor faktor kecelakaan yakk

  5. So coba urus winglet yang lebar dan tajam bahkan sirip yg tajam itulah…trus gmana komen pembalap yang susah nyalip dan kadang terdedot dan crash karena aero ini. brani larang aero gak neh dorno. tapi ya gtu klo aero dilarang…Yamaha bakal gacor didepan scr sndri pke i4 yg terkenal luwes dan paling stabil secara dasar.

    • yang jelas bakalan susah menyamai H dan Y kalo perangkat lenong di haramkan.
      kenceng sih kenceng, pengereman stabil, tapi susah belok.

      udahlah, mundur aja dua pabrikan ini. gelar juga sudah banyak.

      • Bisa jadi mundur jika regulasi tak diubah…karena selain pembalap. pabrikan juga protes. Suzuki mgkn salah satunya yang enggan lanjutin motogp krn biaya bengkak dan regulasi menuruti kehendak salah satu pihak. apalgi enggan banget bikin satelit meski bisa jurdun kan. Nah yamaha kelihatan juga enggan bikin satelit 2023. Honda jg mgkn mulai jenuh dgn sgala aturan apalgi MM jg kritik motogp jd ducati cup. Klo dongkol ya Y H bisa ngambek. fokus di wsbk saja.

    • Bacotan aki aki.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚yang sok paling ahli..lu demo Sono ke kantor h dan y bilang ke mereka out aja dari MotoGP..🀭..lu bilang pembalap gak seneng pakai wing…tapi nyata banyak pembalap pengen banget bisa masuk class MotoGP 🀭🀭

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.