TMCBLOG.com – Dahulu Kala ada Brand Sepeda motor asal cina yang hadir balapan dan memperoleh homologasi Untuk membalap di kelas GP125, Namanya Loncin dimana Team Loncin racing resmi berkiprah di GP 125 selama 3 Tahun (2008-2009-2010) . . Nah lama Tak terdengar lagi akhirnnya di 2023 Satu Brand cina Yakni KOVE ( ada juga yang berdiri atas nama COLOVE)  kembali akan Mengikuti Balapan, kali ini di kelas WSSP300.

KOVE telah mendaftarkan Homologasi mesin balap berkode NK321RR untuk Kejuaraan Dunia 300cc dan prosesnya sudah dimulai Oleh FIM. Model ini Menggunaan Mesin paralel-kembar 322cc memiliki tenaga 29kW (39 bhp) pada 10.500 rpm dan torsi 28,5Nm (21 pound-feet) pada 9.000 rpm pada keadaan standar dan dilengkapi dengan penyempurnaan teknis seperti lengan ayun satu sisi.

Ketika Kita mencoba menggali lebih dalam, kemiripan dari Spek Mesin ini terlihat mencolok dengan Yamaha R3. Kapasitas mesin 322cc hampir sama dengan 321cc Yamaha, sebagai permulaan, berkat angka bore dan stroke yang hampir identik—68mm x 44,2mm untuk Colove/ Kove & 68mm x 44,1mm untuk Yamaha. Dalam hal tenaga dan torsi Yamaha memiliki sedikit keunggulan dengan 30,9kW (41,4 bhp) dan 28,8Nm (21,2 pound-feet) dalam keadaan Standar ting ting.

Belum diketahui Racing team mana yang akan menjadi sekutu Kove untuk berlaga di kejuaraan WSSP300. Namun, dipastikan KOVE hanya akan menampilkan satu motor dan satu pembalap Tahun depan. Menarik melihat Keseriusan KOVE yang Menghomologasikan Motor sampai berencana serius mengikuti 1 Musim penuh WSSP300 di 2023.

Bukan apa apa, Musim 2023 ditengarai adalah Musim terakhir Kelas WSSP300 sebelum di 2024 dirumorkan akan menjadi tahun peralihan skema balapan Kelas di Payung kejuaraan Balap produksi massal terbawah WSBK ini sebelum rencannnya digantikan Oleh kelas Mesin Twin 600 hingga 700 cc yang segala seuatunya sedang digodok dan disiapkan selama beberapa bulan terakhir.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

32 COMMENTS

    • Buat Kove ini penting buat konten marketing. Walaupun cuma ikut 1 musim, seenggaknya mereka punya portofolio pernah ikut real balapan dunia (eropa).

  1. twin 600cc – 700cc? berarti nanti pertarungan YZF-R7 dan Ninja 650 + motor2 laen sekelas, mgkn CBR700 dan GSX-R700 bakal ada juga

    • Kenapa ga main curang dengan nyelip di kubikasi mepet 400 ya ?

      Dengan engineering non-jepang-eropa dan single swingarm, bakal berat perjuangan ?

      • Maksudnya cuma naik ke 400cc-an? Nggak cukup jauh kayaknya deh leap nya, toh bobot WSSP300 itu terlalu berat dan powernya kekecilan, udah paling bener naik ke twin 600-700cc yang emang lagi booming

    • Bukan, tapi sesuai regulasi Supertwin yang udah lama dipake di eropa. Yaitu sekitar rentang 650-750 dengan maksimal 2 silinder.

  2. cukup berani juga dibanding pabrikan Jepang yg bikin motor di Indonesia segala dibilang titisan rcv dgn gimmick2nya tapi boro2 diikutin wssp300, di homo lo ga si jadi motor A2 di yurop aje ga pernah terwujud. ya meski byk yg skeptis dan cenderung beropini Klove bakal menuhin grid doang, tapi patut kita tunggu kiprahnya. next wssp300 bakal jadi supertwin krn power terlalu hello kitty tapi bobot hampir setara Panigale V4R, diatas kertas sih rs660 bakal paling kompetitit, harusnya disusul SV650 sayangnya Suzuki malah matiin itu produk yg udh punya mesin terbaik dikelasnya. sementara R7 ama ninja twin 650 butuh bantuan regulasi biar power setara rs660 standart.

      • kalo GSX8S mah potensi asli mesinnya sama ato sepantaran ama 4 silinder 600cc kalo ga dikebiri ama Suzuki itu sendiri. kalo Suzuki bikin versi sarung, gw kira bakal diposisiin sbg pengganti 600cc di supersport, overkill bgt kalo diturunin dikelas supertwin yg power full tuningnya masih lebih kecil dari power supersport asli.

      • gimmick, diatas kertas spek dewa tapi orang amrik ama yurop ampe geleng2 knp ga dimasukin kesana, secara bisnis jg aneh kalo emg produk jos knp ga berani dipasarin diluar Asia Tenggara. lagian soal gimmick, toh jg power ga jauh beda ama 2 rivalnya, handling masih enak Yamaha, after sales mulai dari sparepart ampe yg ga kuat pelihara dan mau dijual lg, Kawasaki masih di atasnya. jadi ya, salut sih ama pabrikan Tiongkok yg berani jual produk di yurop dan ikut balapnya.

  3. KOVE MOTO” is a registered brand of Tibet New Summit Motorcycle Co., Ltd., focusing on developing medium & large displacement motorcycle with the best performance in China, we have advanced facilities for motorcycle development, assembling, inspection, manufacturing frame, muffler

    setelah lihat website ternyata banyak kemiripan dengan ZhongShen motor yg juga supply Viar
    dan produknya banyak mirip dengan brand jepang..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.