TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui bersama pada musim 2023 hadir dua update keterbaruan untuk kejuaraan balap sepeda motor MotoE. Yang pertama adalah upgrade status dari World Cup ke World Championship dan yang kedua perpindahan penggunaan jenis motor pabrikan dari Energica ke Ducati dengan tipe motor V21L yang saat ini menurut infonya sudah masuk dalam tahap produksi di pabrik Borgo Panigale untuk siap dihadirkan bersamaan pada seri Eropa musim MotoGP 2023.

Menurut siaran pers resmi dari Ducati, lebih dari setahun setelah test run pertama V21L yang dilakukan oleh test rider -Michele Pirro- di Misano World Circuit Marco Simoncelli, V21L untuk musim 2023 akhirnya siap beraksi. Dimulai pada bulan Desember 2022, pelatihan teknis juga telah dimulai untuk para insinyur dari setiap tim yang menggunakan V21L.

Putaran pembuka musim MotoE tahun ini adalah pada GP Prancis pada tanggal 13 Mei 2023 diawali dengan jadwal dua tes pra-musim, di Jerez dan Barcelona (keduanya di Spanyol). Target Ducati adalah pada pertengahan bulan Februari, 18 unit Ducati V21L akan dikirim ke setiap tim peserta MotoE Musim ini, plus 5 unit motor cadangan.

Bagi Ducati, proyek V21L adalah untuk menguji “teknologi” di dunia balap, dan menggunakan apa yang telah R&D capai dalam upaya pengembangan kendaraan komersial yang diproduksi secara massal untuk penggemar sepeda motor di seluruh dunia nantinya.

Claudio Domenicali (CEO Ducati); “Awal produksi mesin Ducati MotoE adalah momen bersejarah bagi kami dan melalui proyek ini kami akan mempelajari secara menyeluruh teknologi masa depan di dunia sepeda motor. Kami siap untuk mengembangkan sepeda motor listrik yang menarik dengan bobot, performa, dan jangkauan yang diharapkan para penggemar dari Ducati, bahkan dengan teknologi baterai.”

“Kami akan memulai petualangan baru ini untuk membentuk karakter sepeda jalan elektrik Ducati masa depan dan untuk mengembangkan bakat dan keterampilan di dalam perusahaan. Ini adalah langkah yang menentukan untuk berkontribusi pada pengurangan emisi CO2 di ICE, dan berjalan seiring dengan penelitian bahan bakar sintetis (e-fuel) yang dapat membawa total emisi CO2 ICE menjadi nol.”

Oleh karena itu, pengembangan V21L merupakan upaya bersama antara insinyur R&D Ducati dan Ducati Corse, yang bertanggung jawab untuk kegiatan balap seperti MotoGP. Dengan kata lain, V21L adalah kendaraan listrik yang dibuat dengan menggabungkan teknologi kontrol elektronik dan teknologi desain sasis yang telah dikumpulkan Ducati Corse melalui pengembangan MotoGP-nya, dan pengalaman departemen R&D Ducati dalam proses desain dan manajemen proyek khusus untuk diproduksi secara massal kendaraan untuk jalan umum.

Kalender Kejuaraan Dunia MotoE 2023 akan terdiri dari delapan balapan Grand Prix, dengan masing masing dua balapan diadakan setiap akhir pekan (keduanya hari Sabtu). Setelah putaran pembukaan Grand Prix Prancis pada Sabtu 13 Mei, semua balapan Eropa kontinental hingga Grand Prix Misano, diikuti oleh Mugello pada 11 Juni, Sachsenring pada akhir pekan berikutnya, dan Assen pada 25 Juni.

Usai libur musim panas, GP Silverstone, Inggris yang akan menjadi balapan MotoE pertama melintasi lautan dari Eropa akan digelar pada 5 Agustus. Dia akan kembali ke Eropa untuk tiga balapan terakhir di Red Bull Ring (20 Agustus), Catalunya (2 September) dan Misano (10 September). – Based on Ducati Info

 

32 COMMENTS

  1. padahal klau pakai sustainable fuel atau bio fuel kyk di dakar kan masih berpeluang besar
    dan luas untuk dikembangkan, lagian EV bukan satu2 nya option klau kendaraan mau free karbon atau apalah itu istilah propaganda dn konspirasi yg mereka namakan

    • Bedah teknologi nya dong wak kalo ada bocoran info. Btw itu kok master rem nya kayak ada 3, di tuas handle setang kiri, setang kanan, dan tuas di footstep kanan, kenapa gitu yak?

  2. Bedah teknologi nya dong wak kalo ada bocoran info. Btw itu kok master rem nya kayak ada 3, di tuas handle setang kiri, setang kanan, dan tuas di footstep kanan, kenapa gitu yak?

  3. Hmmm giliran disuru bikin moto e sebagai supplier tunggal, kok jadinya motor kenceng idaman kita semua ? sleek, bersih dari alat lenong gaje sama elektronik yang bisa bagus ?

  4. Pabrikan batrey yg sudah pemain lama di dunia batrey,aj masih kesusahan bikin batrey dimensi kecil energi tahan lama, kyknya tetep susah bikin batrey dimensi kecil,kecuali pake energi nuklir

    • Iya lah, wong battle industri listrik vs minyak itu udah ada dari sebelum kita lahir. Kebetulan momen nya pas aja dengan wacana netral carbon tapi ga netral yang lain itu wkwkw

      Kalau memang teknologi batre se berkembang itu, pasti industri besar lain sebelom tren dipakai di motor mobil listrik sekarang, udah ada solusinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.